Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemasaran Produk Kuningan Desa Beloh Kecamatan Mojokerto

Authors

  • Yunida Anggun Saputri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Penguatan Ekonomi, Pemasaran, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Program penguatan ekonomi masyarakat melalui pemasaran produk kuningan di Desa Beloh, Kecamatan Mojokerto, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi produk tradisional. Dalam pelaksanaan program ini, sebanyak 30 pengrajin dilibatkan dalam serangkaian diskusi yang berfokus pada pentingnya pemasaran dan strategi pemasaran digital. Meskipun tidak ada pelatihan langsung dalam pembuatan produk, peningkatan kesadaran mengenai kualitas produk dan potensi pasar mulai terlihat. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya pengetahuan pemasaran, tidak adanya akun media sosial, dan keterbatasan akses teknologi. Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang diusulkan meliputi pelatihan pemasaran digital, pendampingan teknis, dan promosi melalui acara lokal. Diharapkan luaran dari program ini mencakup peningkatan pengetahuan pemasaran, pembentukan akun media sosial, peningkatan kualitas produk, dan kenaikan volume penjualan. Dengan demikian, program ini berpotensi memberikan dampak positif bagi pengrajin dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Beloh

References

Andika Drajat murdani dan hasna wijayati, 2019. Pembangunan ekonomi perdesaan Di dari https://portal-ilmu.com/pembangunan-ekonomi pedesaan/ (akses 26 November 2019 )

Bps. 2015. Presentase usaha kecil menengah kabuapten mojokerto 2015 di https://mojokertokab.bps.go.id/( akses 15 November 2019)

Jurnal pendidikan sejarah 6:1-11 Kemenperin. 2018. Jumlah unit usaha dan tenaga kerja IKM di targetkan naik setiap tahun di https://kemenperin.go.id/artikel/18855/Jumlah-UnitUsaha danTenaga-Kerja-IKM-Ditargetkan-Naik-Setiap-Tahun (akses 7 November 2019)

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. 2017 panduan penulisan skripsi. Surabaya : UINSA Herdiansyah.

Haris. 2010.” Penelitian kualitatif. Salemba Humanika.

Henry Simamora, Manajemen Pemasaran Huda.2018 kerajinan logam trowulan tahun 1980-2000.

Muhammad. 2010. Kerajinan Logam Kuningan UD. Duta Kharisma Sanjaya Bendono Kabupaten Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang Moleong, 2012. Penelitian kualitatif di https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian.

Narbouko, Cholid dan ahmadi, abu. 2009. “metodologi penelitian” (Jakarta : PT Bumi Aksara)

Permadani. 2018 prilaku adaptif pengrajin cor kuningan. Jurnal penelitian 1-11

Permata, lia. Strategi persaingan di https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksuddengan strategi-persaingan/116004 (akses 12 November 2019)

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran…, hal. 312.

Setyowati. 2007. Keberlangsungan Industri Kerajinan Kuningan Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Skripsi. universitas Muhammadiyah Surakarta

Ulrich, karl. T. dan Eppicger,steven. D, 2001.”Pengembangan Produk”(Jakarta : Salemba Teknika)

Utsman, Husaini, DKK. “Metodologi penelitian sosial” (Jakarta : aksara, 1996) Wikipedia. 2014.

Pembangunan perdesaan di https://id.wikipedia.org/wiki/Pembangunan_pedesaa n(akses 12 November 2019)

Gitosudarmono, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi II, BPFE, Yogyakarta.

Vincentia, Reni Vitasurya (2015), Local Wisdom for Sustainable Development of Rural Tourism, Case on Kalibiru and Lopati Village, Province of Daerah Istimewa Yogyakarta, Procedia - Social and Behavioral Sciences 216 ( 2016 ) 97 – 108), Available online at www.sciencedirect.co .

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Saputri, Y. A., & Kusumasari, I. R. (2025). Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemasaran Produk Kuningan Desa Beloh Kecamatan Mojokerto. Jurnal Sinabis, 1(6), 1761–1767. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/107

Issue

Section

Articles