Peranan Fitur Layanan Dan Keamanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking

Authors

  • Mediana Cesyanti Ajeng Rohali Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Transformasi Digital, Fitur Layanan, Keamanan, Mobile Banking

Abstract

Transformasi digital membuat pengaplikasian teknologi informasi memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing suatu negara. Perkembangan teknologi informasi membuat perubahan baik di perkotaan maupun wilayah agraris. Salah satu sektor ekonomi di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi informasi yaitu perbankan dengan menciptakan mobile banking untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peranan fitur layanan dan keamanan terhadap penggunaan mobile banking dengan merujuk pada penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif jenis studi literatur. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa fitur layanan dan keamanan memiliki peranan yang signifikan dalam mendorong penggunaan mobile banking. Temuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa fitur layanan dan keamanan berpengaruh secara signifikan terhdap penggunaan mobile banking

References

Aminah, S., & Saksono, H. (2021). Digital transformation of the government: A case study in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 272–288. https://doi.org/10.17576/ JKMJC-2021-3702-17

Arlina Laras. 2024. Rapor Pengguna Mobile Banking Bank Jumbo Kuartal I/2024: BRI Teratas, Mandiri Melesat. Finansial Bisnis. https://finansial.bisnis.com/read/20240529/90/1769456/rapor-pengguna-mobile-banking-bank-jumbo- kuartal-i2024-bri-teratas-mandiri-melesat. Diakses, 4 Oktober 2024.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesi(APJII). 2024. APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna- internet-indonesia-tembus-221jutaorang#:~:text=APJII%20Jumlah%20Pengguna%20Internet%20Indonesia,jiwa%20penduduk%20Indonesia%20tahun%202023. Diakses 5 oktober 2024.

Aulia, S., Hakim, S. A., & Marsiska, S. (2024). 3 1, 2, 3. Pengaruh Keamanan dan Kenyamanan Terhadap Niat Masyarakat Untuk Beralih Dari Penggunaan Bank Konvensional Ke Bank Digital, 5(4), 2812–2824.

Badarudin, & Risma. (2021). Pengaruh Fitur Layanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking ( Studi Pada Masyarakat Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak) The Influence Of Service Feature And Ease Of Use On Interest Of Using Mobile Banking ( Study on the Village Communi. 1(1), 1–13.

Fitria, A., Munawar, A., & Pratama, P. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Banking . Mobile Banking dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI. 1(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.406

Hanif, A., Arisandi, D., & Effendi, B. (n.d.). Pengaruh m- banking terhadap masyarakat di desa wangandowo dalam kesehariannya. 2, 465–471.

Iqbal, J., Heriyani, H., & Urrahmah, I. (2021). Pengaruh Kemudahan dan Ketersediaan Fitur terhadap Penggunaan Mobile Banking. Global Financial Accounting Journal, 5(2), 25. https://doi.org/10.37253/gfa.v5i2.6001

Kamarudin, J., & Novianti, M. (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan , Keamanan , dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking ( Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju ) The Influence Of Convenience , Security And Risk Factors On Customer Satisfaction In Using Mobil. 1(2), 11–18.

Kementerian Keuangan RI. 2023. Transformasi Digital untuk Masa Depan Ekonomi dan Bisnis di Indonesia. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/berita/ nasional/4074-transformasi-digital-untuk-masa- depan-ekonomi-dan-bisnis-di-indonesia.html. diakses 4 Oktober 2024.

Khotijah, S. N., Mawardi, M. C., & Hidayati, I. (2022). Pengaruh Keamanan , Kenyamanan , Kualitas Layanan dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Pengguna Mobile Banking Sitti Nur Khotijah *, M . Cholid Mawardi ** Irma Hidayati *** Email : 21901083014@unisma.ac.id Universitas Islam Malang. 3(2), 541–551.

Marthauli, Mirati, R. E., & Vidyasari, R. (n.d.). Marthauli Program Studi Keuangan dan Perbankan Terapan Politeknik Negeri Jakarta. 8(1), 1463–1471.

Nardin, R. & L. K. (2024). Pengaruh Efisiensi, Keamanan dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking Pada Nasabah BRI Cabang Ruteng. 01(02), 1–12. Otoritas Jasa Keuangan.2017. Bank Umum. https://ojk.go.id/id/kanal/perbankan/pages/Bank-Umum.aspx. Diakses, 4 Oktober 2024.

Putong, Y. A., & Fadhillah, I. (2024). Pengaruh Fitur Layanan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Aplikasi BRImo Di Bank BRI Unit Simpang V Mimika. 7(12).

Shafira, A. S., Aris Sunindyo, & Septian Yudha Kusuma. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Manfaat, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Brimo Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 1(2), 62–74. https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.318

Sugiono. (2020). Metodologi Penelitian. https://repository.unpas.ac.id/56050/6/9.%20BAB%20I II.pdf. diakses, 4 oktober 2024.

Sukamto, Rachman, R., & Irawan, C. B. (2021). Pengaruh iklan dan fitur terhadap keputusan pembelian oppo smartphone di kecamatan sukun. 13(2), 80–87. Suri, M. M., Pakael, R. L., Keluanan, R. A., Im, E., Klau, M.,

Lian, Y. P., Komputer, I., Katolik, U., & Mandira, W. (2024). Peran Aplikasi Mobile Banking dalam Kemudahan Transaksi Harian. 8, 32127–32130.

Widodo, A. R., & Ariandi, F. (2024). Pengaruh Kemudahan , Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Mobile Banking BCA di Jakarta Universitas Bina Sarana Informatika , Indonesia Pengaruh Kemudahan , Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Mobile. 4.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Rohali, M. C. A., & Nurhadi. (2025). Peranan Fitur Layanan Dan Keamanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking . Jurnal Sinabis, 1(6), 1798–1804. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/115

Issue

Section

Articles