Inovasi Dan Digitalisasi Marketing Olahan Kopi Melalui Strategi Kolaborasi Untuk UMKM Wisata Sumberbiru Desa Wonomerto Kabupaten Jombang

Authors

  • Randy Aulia Firdaus Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Maharani Ikaningtyas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digital marketing, Sosial Media, Sosialisasi dan Pelatihan

Abstract

Pengusaha pada masa ini sangat memanfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran penjualannya. Pemasaran digital mengadopsi teknologi menjadi penggerak dalam proses bisnis mereka. Pemasaran digital merupakan produk teknologi di bidang informasi yang di dalamnya terdapat kegiatan mempromosikan produk ataupun jasa melalui media sosial. Kendala-kendala  yang  dihadapi  oleh  masyarakat  adalah masih belum mengenalnya cara yang baik dan benar dalam menggunakan media sosial menjadi sarana pemasaran digital. Untuk mencapai pemahaman dalam pemasaran digital, dilakukanlah  sosialisasi  dan  pendampingan  melalui  materi dan praktik. Dalam jurnal ini metode yang digunakan kualitatif dengan mengumpulkan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi kegiatan. Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih memahami cara pemanfaatan internet untuk membangun kegiatan UMKM dalam peningkatan pemasaran

References

Al-Hadi, M. M. Z., Fitriah, A., Yanti, S. K., Kasta, M. A., & Kharisma, A. I. (2024). Pemanfaatan Potensial Beras Sebagai Lulur Tradisional Dengan Kombinasi Kopi Di Desa Jugo. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–43. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/articl e/view/1009

Apriadi, D., Hidayat, N., & Nizhamuddin, A. B. (2022).Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25-30. https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.2

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Salsabila, Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, A. P., & Indah, S. R.. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451

Tafrilyanto, C. F., Aini, S. D., Moh. Zayyadi, Nuritasari, F., & Putri, N. F.. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dalam Rangka Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i2.159

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Farras, A., Maulana, D., Junaidi, J., Sari, C. P., Ramadesi, T., Sinaga, M., ... & Saidi, I. (2024). Formulasi dan Uji Efektivitas Lulur Berbahan Kopi dan Ketan Untuk Perawatan Kulit di Promosikan Melalui Media Sosial. JDISTIRA- Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 4(1), 136-144. https://doi.org/10.58794/jdt.v4i1.1019

Fithriyani, A. J., & Hariyana, N. (2024). Pembuatan Masker Kopi Sebagai Inovasi Produk Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 5(1), 74-81. https://doi.org/10.55583/arsy.v5i1.967

Fitrianna, H. ., & Aurinawati, D. . (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409 - 418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147

Ibnu, M., & Rosanti, N. (2022). Tren Produksi Dan Perdagangan Negara-Negara Produsen Kopi Terbesar Di Dunia Dan Implikasinya Bagi Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 16(2), 145–166 https://doi.org/10.55981/bilp.2022.5

Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(1), 12 - 16. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i1.52

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212-219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Maula, J. A. (2022). Pedampingan Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Google Business Pada Umkm Kelurahan Kertajaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala,2(1), 442-447. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i1.500

Muharam, F., & Sriwidodo. (2022). Review: Potensi Kopi Arabika (Coffea arabica L.) Dari Berbagai Aktivitas Farmokologi & Bentuk Sediaan Farmasi. Medical Sains: Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 7(3), 395–406. https://doi.org/10.37874/ms.v7i3.349

Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh harga, promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Pandin, M. Y. R., Sandari, T. E., & Trihastuti, A. (2022). Menggali Kreatifitas dan Memanfaatkan Hasil Bumi untuk Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Perekonomian Masyarakat. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 177–187. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i1.622

Pattiwel, K., & Mulyandi , R. (2021). Dampak Brand Image dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 539–542. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.114

Prayogo, A. ., Fauzi, A. ., Sapto Bagaskoro, D. ., Aditya Alamsyah, F. ., Tonda, F. ., Kamil Hafidzi, M. ., Wijaya, S. . (2023). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 754–763. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.116

Rahmat, A., Farida, N., Sadikin, Y., Ramadhani,W. S., Yanfika, H., Mutolib, A., & Widyastuti, R. A. D. (2020). Pembuatan masker kopi sebagai produk unggulan kelompok wanita tani Desa Manggarai, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Pengabdian Nasional,

(1), 19–24.

https://doi.org/10.25181/jpn.v1i1.1580

Rulinawaty, R., Andriyansah, A., Adamy, Z., Yunitasari, S. E., Djajasasmita, A. S. N. G. (2023). Proses Pengolahan Kopi Robusta Porot Temanggung Untuk Mengatasi Kendala Cuaca. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4547

Sartika, D., Patappari, A., & Syarif, A. (2021).

Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Herbal Alami (Inovasi Produk Kreatif Millenial For Entrepreneur). Jurnal Abdimas Indonesia, 1(4), 10-18. https://doi.org/10.53769/jai.v1i4.138

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial

Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Firdaus, R. A., & Ikaningtyas, M. (2025). Inovasi Dan Digitalisasi Marketing Olahan Kopi Melalui Strategi Kolaborasi Untuk UMKM Wisata Sumberbiru Desa Wonomerto Kabupaten Jombang . Jurnal Sinabis, 1(6), 1790–1797. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/116

Issue

Section

Articles