Inovasi Dan Digitalisasi Marketing Olahan Kopi Melalui Strategi Kolaborasi Untuk UMKM Wisata Sumberbiru Desa Wonomerto Kabupaten Jombang
Keywords:
Digital marketing, Sosial Media, Sosialisasi dan PelatihanAbstract
Pengusaha pada masa ini sangat memanfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran penjualannya. Pemasaran digital mengadopsi teknologi menjadi penggerak dalam proses bisnis mereka. Pemasaran digital merupakan produk teknologi di bidang informasi yang di dalamnya terdapat kegiatan mempromosikan produk ataupun jasa melalui media sosial. Kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat adalah masih belum mengenalnya cara yang baik dan benar dalam menggunakan media sosial menjadi sarana pemasaran digital. Untuk mencapai pemahaman dalam pemasaran digital, dilakukanlah sosialisasi dan pendampingan melalui materi dan praktik. Dalam jurnal ini metode yang digunakan kualitatif dengan mengumpulkan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi kegiatan. Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih memahami cara pemanfaatan internet untuk membangun kegiatan UMKM dalam peningkatan pemasaran
References
Al-Hadi, M. M. Z., Fitriah, A., Yanti, S. K., Kasta, M. A., & Kharisma, A. I. (2024). Pemanfaatan Potensial Beras Sebagai Lulur Tradisional Dengan Kombinasi Kopi Di Desa Jugo. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–43. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/articl e/view/1009
Apriadi, D., Hidayat, N., & Nizhamuddin, A. B. (2022).Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25-30. https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.2
Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Salsabila, Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, A. P., & Indah, S. R.. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451
Tafrilyanto, C. F., Aini, S. D., Moh. Zayyadi, Nuritasari, F., & Putri, N. F.. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dalam Rangka Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i2.159
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Farras, A., Maulana, D., Junaidi, J., Sari, C. P., Ramadesi, T., Sinaga, M., ... & Saidi, I. (2024). Formulasi dan Uji Efektivitas Lulur Berbahan Kopi dan Ketan Untuk Perawatan Kulit di Promosikan Melalui Media Sosial. JDISTIRA- Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 4(1), 136-144. https://doi.org/10.58794/jdt.v4i1.1019
Fithriyani, A. J., & Hariyana, N. (2024). Pembuatan Masker Kopi Sebagai Inovasi Produk Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 5(1), 74-81. https://doi.org/10.55583/arsy.v5i1.967
Fitrianna, H. ., & Aurinawati, D. . (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409 - 418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
Ibnu, M., & Rosanti, N. (2022). Tren Produksi Dan Perdagangan Negara-Negara Produsen Kopi Terbesar Di Dunia Dan Implikasinya Bagi Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 16(2), 145–166 https://doi.org/10.55981/bilp.2022.5
Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(1), 12 - 16. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i1.52
Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212-219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206
Maula, J. A. (2022). Pedampingan Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Google Business Pada Umkm Kelurahan Kertajaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala,2(1), 442-447. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i1.500
Muharam, F., & Sriwidodo. (2022). Review: Potensi Kopi Arabika (Coffea arabica L.) Dari Berbagai Aktivitas Farmokologi & Bentuk Sediaan Farmasi. Medical Sains: Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 7(3), 395–406. https://doi.org/10.37874/ms.v7i3.349
Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh harga, promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982
Pandin, M. Y. R., Sandari, T. E., & Trihastuti, A. (2022). Menggali Kreatifitas dan Memanfaatkan Hasil Bumi untuk Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Perekonomian Masyarakat. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 177–187. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i1.622
Pattiwel, K., & Mulyandi , R. (2021). Dampak Brand Image dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 539–542. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.114
Prayogo, A. ., Fauzi, A. ., Sapto Bagaskoro, D. ., Aditya Alamsyah, F. ., Tonda, F. ., Kamil Hafidzi, M. ., Wijaya, S. . (2023). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 754–763. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.116
Rahmat, A., Farida, N., Sadikin, Y., Ramadhani,W. S., Yanfika, H., Mutolib, A., & Widyastuti, R. A. D. (2020). Pembuatan masker kopi sebagai produk unggulan kelompok wanita tani Desa Manggarai, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Pengabdian Nasional,
(1), 19–24.
https://doi.org/10.25181/jpn.v1i1.1580
Rulinawaty, R., Andriyansah, A., Adamy, Z., Yunitasari, S. E., Djajasasmita, A. S. N. G. (2023). Proses Pengolahan Kopi Robusta Porot Temanggung Untuk Mengatasi Kendala Cuaca. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4547
Sartika, D., Patappari, A., & Syarif, A. (2021).
Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Herbal Alami (Inovasi Produk Kreatif Millenial For Entrepreneur). Jurnal Abdimas Indonesia, 1(4), 10-18. https://doi.org/10.53769/jai.v1i4.138
Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial
Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Randy Aulia Firdaus, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


