Implementasi Branding dan Digitalisasi pada UMKM “Jamu Mbak Nophie” di Kelurahan Nginden Jangkungan Kota Surabaya

Authors

  • Zefania Mikha Manurung Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R. Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Branding, Digitalisasi, Bisnis, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung proses bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) “Jamu Mbak Nophie” melalui implementasi branding dan digitalisasi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai hasil dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Nginden Jangkungan, Kota Surabaya, dengan menggunakan metode Rapid Rural Appraisal (RRA) yang melibatkan observasi, wawancara, dan tutorial. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan UMKM “Jamu Mbak Nophie” menghadapi masalah kurangnya branding yang efektif dan keterbatasan pengetahuan tentang digitalisasi usaha. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, beberapa solusi telah diterapkan, antara lain pembuatan banner sebagai tanda pengenal usaha, pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB), pendaftaran usaha ke platform pesan-antar online yaitu GoFood, serta pendaftaran lokasi usaha pada layanan Google Maps. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM “Jamu Mbak Nophie” di tengah kemajuan teknologi digital. Dengan memanfaatkan teknologi dan branding yang tepat, UMKM diharapkan dapat berkembang lebih pesat dan berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian nasional, mengingat UMKM merupakan roda penggerak ekonomi bangsa

References

Anwar, Y., Setyasih, I., & Oktoberdinata, D. (2022). Adaptation strategy community from exposure floods lake in the face of floods in Semayang Village, East Kalimantan, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 986, No. 1, p. 012053). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/986/1/012053/meta

APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internetindonesia-tembus-221-juta-orang

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192-205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311

Bahfiarti, T. (Ed.). (2021). Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Airlangga University Press. https://www.google.co.id/books/edition/KOMUNIKASI_PEMASARAN_Konsep_dan_Aplikasi/5oM8EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

DJPPI. (2024). Langkah Untuk Mendapatkan NIB Bagi Pelaku Usaha. https://djppi.kominfo.go.id/news/langkah-untuk-mendapatkan-nib-bagi-pelaku-usaha

Fahly, A. P., Fauzi, A., Juanda, B., & Rustiadi, E. (2024). Sustainability evaluation of regency development in peatland areas of Riau Province, Indonesia. Chall. Sustain, 12(2), 102-121. https://doi.org/10.56578/cis120202

iNews. (2022). 52 Persen Perusahaan Besar Bangkrut karena Tak Adaptasi Digitalisasi. https://www.inews.id/finance/bisnis/52-persen-perusahaan-besar-bangkrut-karena-tak-adaptasi-digitalisasi

Iskandar, J., Prasetya, A., & Fitriyasari, M. (2022). Penguatan Strategi Marketing Industri Kreatif Masyarakat (UMKM) melalui Branding Design. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1509-1514. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i3.1992

Kusmulyono, M. S., et al. (2017). Mahasiswa Pandu Wirausaha. Prasetiya Mulya Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Mahasiswa_Pandu_Wirausaha/TdrBEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Kusumawati, D. A. (2022). Peran Digital Skill Dan Workforce Transformastion Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 125-135. https://doi.org/10.30659/ekobis.23.2.125-135

Madolan, A. (2023). Rapid Rural Appraisal (RRA): Pengertian dan Penerapan Bidang Kesehatan. https://www.mitrakesmas.com/2023/03/rapid-rural-appraisal-rra-pengertian.html#google_vignette

Maylinda, W. D., & Rusdianto, R. Y. (2023). Optimalisasi Pengembangan UMKM “Kiara Snack” Melalui Pendampingan Digital Marketing Dan Branding Di Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(3), 45-53. https://doi.org/10.59581/jphm-widyakarya.v1i3.994

Pramiarsih, E. E. (2024). Perilaku Konsumen di Era Digital. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Perilaku_Konsumen_di_Era_Digital/1tgUEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Branding/whoIEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Ramadian, A., & Safuan. (2024). Digitalisasi di Dalam Manajemen Strategi. MEGA PRESS NUSANTARA. https://www.google.co.id/books/edition/Digitalisasi_di_Dalam_Manajemen_Strategi/fE4CEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Rizal, M., Basalamah, M. R., & Mustapita, A. F. (2021). Pengembangan UMKM melalui pendampingan akses pembiayaan pada perbankan syariah. Community Empowerement, 6(10), 1806-15. https://doi.org/10.31603/ce.5223

Sawitri, D. (2023). Internet Of Things Memasuki Era Society 5.0. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 8(1). https://doi.org/10.24815/kitektro.v8i1.28578

Seputri, W., & Yafiz, M. (2022). QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Generasi Z: Analisis Faktor: Ekonomi Keuangan. Adzkiya: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 10(02), 139-148. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i02.5259

Sriekaningsih, A. (2020). QRIS dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0. Penerbit Andi. https://www.google.co.id/books/edition/QRIS_dan_Era_Baru_Transaksi_Pembayaran_4/NnEQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Susilowati. (2023). Media Komunikasi Grafis. Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Komunikasi_Grafis/WQLOEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Uly Mabruroh Halida, M. E. (2023). PERAN DIGITALISASI DALAM MEMPERLUAS AKSES PASAR UMKM. IAIN Madura Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=erYlEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=PERAN+DIGITALISASI+DALAM+MEMPERLUAS+AKSES+PASAR+UMKM+Oleh+Uly+Mabruroh+Halida,+&ots=CF-z3cT-CX&sig=oWn5qcS4WXJ8SFye_FIL68v-u-s&redir_esc=y#v=onepage&q=PERAN%20DIGITALISASI%20DALAM%20MEMPERLUAS%20AKSES%20PASAR%20UMKM%20Oleh%20Uly%20Mabruroh%20Halida%2C&f=false

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kepustakaan/zG9sDAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Manurung, Z. M., & Rusdianto, R. Y. (2025). Implementasi Branding dan Digitalisasi pada UMKM “Jamu Mbak Nophie” di Kelurahan Nginden Jangkungan Kota Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(6), 1838–1851. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/117

Issue

Section

Articles