Pendampingan dan Pelatihan UMKM dalam Upaya Transformasi Digital dengan Pemanfaatan Media Sosial dan Dompet Digital
Keywords:
UMKM, Digitalisasi, Media Sosial, Dompet DigitalAbstract
Pendampingan dan pelatihan kepada UMKM mengenai media sosial dan dompet digital sebagai upaya memperluas pangsa pasar dan nilai daya jual dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, Dengan meningkatkan daya UMKM dapat berdampak positif kepada perekonomian Indonesia. Metode pelaksanaannya dengan survei awal ke UMKM Jamu Angger Waras, pembuatan konten dan logo bisnis oleh penulis, pendampingan dan pelatihan mengenai Instagram dan Dana, dan terakhir yakni pencetakan QRIS dari akun Dana pemilik usaha yang dilaksanakan pada tanggal 02-03 Oktober 2024. Pengabdian Masyarakat dengan sasaran UMKM ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada pendapatan, nilai jual dan pangsa pasar UMKM Jamu Angger Waras karena dengan media sosial (Instagram) dan dompet digital (Dana) sebagai bentuk ekspansi usaha dan pembayaran QRIS untuk menyasar konsumen yang memiliki kecenderungan cashless dalam setiap transaksinya sehingga diharapkan kedepannya UMKM lebih baik dan berkembang
References
Alifa, N.R & Salam, A.N. 2022. Merespon Isu Cashless Society Pasca Covid-19 di Provinsi Jawa Barat: Studi Pengukuran Literasi Finansial dan Kompetensi Digital. WJES. 1 (1): 208-222.
Annas dkk. 2023. Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing, Laporan Keuangan, dan Branding Produk dalam Usaha Peningkatan Kualitas dan Produktivitas UMKM di Desa Mojowarno. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. 1 (2): 1-4.
Caroline, R.T.M, Murtiningsih, D. 2024. Digitalisasi UMKM. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat. 7 (3): 1387-1400.
Fatimah, S.P & Fathihani, F. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Locus of Control Terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z pada Cashless Society. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. 4 (6): 868-877.
Jayanti dkk. 2024. Penggunaan QRIS oleh UMKM Sebagai Praktik Usaha Dengan Gaya Hidup Cashless di Era Digitalisasi. Journal of International Multidisciplinary Research. 2 (5): 554-564.
Mu’min, A.A & Nugroho, R.H. 2023. Pengembangan Dan Pendampingan UMKM Melalui Digitalisasi Usaha Untuk UMKM Pawon Enak di Kelurahan Medokan Ayu. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat). 7 (3): 79-82.
Ramadhany dkk. 2023. Digitalisasi UMKM Melalui Penggunaan Media Sosial Dan Google Maps Untuk Meningkatkan Visibilitas Dan Efektifitas Penyebaran Informasi Bisnis. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2 (9): 969-974.
Riyanto, S., Azis, M., Putera, A. 2022. Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketingpada Komunitas UMKM diKabupaten Madiun. JURNAL ABDIMAS BSI. 5 (1): 137-142.
Saputri dkk. 2023. Pendampingan Pemanfaatan Dompet Digital Guna Meningkatkan Daya Jual Bagi UMKM Di Desa Muara Penimbung Ulu, Ogan Ilir. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 7 (1): 73-79.
Sholeh, M. & Pranoto, A. 2023. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Para Pelaku Umkm Di Kecamatan Sedayu Bantul Sebagai Upaya Untuk Mempromosikan Produk. Jurnal Budimas. 5 (1): 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukaina Abir Silvia, Yanda Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


