Digitalisasi Proses Bisnis UMKM Melalui Pemanfaatan Blogger Sebagai Website Digital Marketing Di Semolowaru Surabaya
Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Platform BloggerAbstract
Pelaksanaan kegiatan ini berlokasi di Kelurahan Semolowaru, Surabaya, selama 2 minggu pada bulan Juli – Agustus 2024. Adapun tujuan dari kegiatan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan UMKM lokal di bidang pemasaran digital khususnya penggunaan platform Blogger sebagai salah satu sarana bagi UMKM lokal dalam menjangkau pasar di ranah maya. Memberikan pendampingan melalui pelatihan pembuatan website berbantu Blogger, dan pembuatan domain agar tampak profesional di kalangan bisnis maupun konsumen. Kegiatan ini memberikan harapan agar UMKM dapat meraih solusi praktis untuk lebih memanfaatkan teknologi digital dimasa depan, khususnya era digitalisasi semakin meningkat.
References
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96-102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Charina, D., Kusmana, C., Amanah, S., & Fatchiya, A. (2022). Peningkatan kapasitas pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 4(1), 93-101. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/37760
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan bagi klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 117-120. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880
Hendrasari, E., Isnata, F., & Yulfajar, A. (2023). Penerapan digital marketing terhadap penjualan UMKM Filiya Galeri. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 3(2), 188-193. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/208
Kurniawati, E., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh digital marketing dan customer relationship marketing terhadap keputusan pembelian produk batik di Pekalongan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 39-56. https://doi.org/10.24914/jeb.v22i1.2086
Oktaviana, F., Hanidian, O., Aji, B. S., & Baihaqi, I. (2020). Pelayanan administrasi desa berbasis online di Desa Paremono. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 49-56. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3205
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh digital marketing terhadap organizational performance dengan intellectual capital dan perceived quality sebagai variabel intervening pada industri hotel bintang tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101-112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Purwanto, N. A., & Wibowo, A. (2017). Implementasi digital marketing dalam meningkatkan pendapatan pedagang bunga di Desa Sidomulyo Kota Batu. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 5-10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.41
Sari, C. A. (2020). Penggunaan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 15-24. https://doi.org/10.14710/jab.v9i1.26326
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 1-10. https://doi.org/10.30659/ekobis.20.1.1-10
Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Sulistyo, I. (2020). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 6(1), 1-8. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v6.i1.001
Suryani, I. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu produk usaha kecil dan menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i1.2393
Utami, T. L. W. (2024). Pemasaran digital untuk branding dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Fahma: Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen, 22(1), 69-79. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan implikasinya pada keunggulan bersaing UKM di Indonesia. Dalam Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327-337). https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6643
Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan electronic commerce (e-commerce) di Indonesia. Jurnal Restorica, 2(1), 32-38. https://doi.org/10.33084/restorica.v2i1.448
Wibowo, E. A., & Purwokerto, I. (2015). Pemanfaatan teknologi e-commerce dalam proses bisnis. Equilibrium, 2(1), 95-108. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/126
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christnugroho Satrioyudhantyo Eriekson, Rusdi Hidayat N.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


