Digitalisasi Proses Bisnis UMKM Melalui Pemanfaatan Blogger Sebagai Website Digital Marketing Di Semolowaru Surabaya

Authors

  • Christnugroho Satrioyudhantyo Eriekson Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat N. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Platform Blogger

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini berlokasi di Kelurahan Semolowaru, Surabaya, selama 2 minggu pada bulan Juli – Agustus 2024. Adapun tujuan dari kegiatan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan UMKM lokal di bidang pemasaran digital khususnya penggunaan platform Blogger sebagai salah satu sarana bagi UMKM lokal dalam menjangkau pasar di ranah maya. Memberikan pendampingan melalui pelatihan pembuatan website berbantu Blogger, dan pembuatan domain agar tampak profesional di kalangan bisnis maupun konsumen. Kegiatan ini memberikan harapan agar UMKM dapat meraih solusi praktis untuk lebih memanfaatkan teknologi digital dimasa depan, khususnya era digitalisasi semakin meningkat.

References

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96-102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Charina, D., Kusmana, C., Amanah, S., & Fatchiya, A. (2022). Peningkatan kapasitas pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 4(1), 93-101. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/37760

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan bagi klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 117-120. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880

Hendrasari, E., Isnata, F., & Yulfajar, A. (2023). Penerapan digital marketing terhadap penjualan UMKM Filiya Galeri. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 3(2), 188-193. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/208

Kurniawati, E., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh digital marketing dan customer relationship marketing terhadap keputusan pembelian produk batik di Pekalongan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 39-56. https://doi.org/10.24914/jeb.v22i1.2086

Oktaviana, F., Hanidian, O., Aji, B. S., & Baihaqi, I. (2020). Pelayanan administrasi desa berbasis online di Desa Paremono. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 49-56. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3205

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh digital marketing terhadap organizational performance dengan intellectual capital dan perceived quality sebagai variabel intervening pada industri hotel bintang tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101-112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Purwanto, N. A., & Wibowo, A. (2017). Implementasi digital marketing dalam meningkatkan pendapatan pedagang bunga di Desa Sidomulyo Kota Batu. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 5-10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.41

Sari, C. A. (2020). Penggunaan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 15-24. https://doi.org/10.14710/jab.v9i1.26326

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 1-10. https://doi.org/10.30659/ekobis.20.1.1-10

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Sulistyo, I. (2020). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 6(1), 1-8. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v6.i1.001

Suryani, I. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu produk usaha kecil dan menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i1.2393

Utami, T. L. W. (2024). Pemasaran digital untuk branding dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Fahma: Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen, 22(1), 69-79. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan implikasinya pada keunggulan bersaing UKM di Indonesia. Dalam Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327-337). https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6643

Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan electronic commerce (e-commerce) di Indonesia. Jurnal Restorica, 2(1), 32-38. https://doi.org/10.33084/restorica.v2i1.448

Wibowo, E. A., & Purwokerto, I. (2015). Pemanfaatan teknologi e-commerce dalam proses bisnis. Equilibrium, 2(1), 95-108. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/126

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Eriekson, C. S., & N., R. H. (2025). Digitalisasi Proses Bisnis UMKM Melalui Pemanfaatan Blogger Sebagai Website Digital Marketing Di Semolowaru Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(6), 1775–1782. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/125

Issue

Section

Articles