Pengenalan Kualitas Informasi melalui Produk Ecoprint SMAN 20 Surabaya di Platform Online Shopee dan Instagram
Keywords:
Kualitas Informasi, Pemasaran Digital, Ecoprint, Shopee, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep kualitas informasi dalam pemasaran produk Ecoprint SMAN 20 Surabaya melalui platform Shopee dan Instagram. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program asistensi mengajar KKN yang melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Produk Ecoprint, yang dihasilkan menggunakan teknik ramah lingkungan, dipasarkan melalui strategi digital yang meliputi pembuatan akun Shopee dan Instagram. Dalam kegiatan ini, siswa dan guru diperkenalan dalam pembuatan deskripsi produk yang menarik, mengunggah gambar berkualitas, serta menyediakan informasi produk yang jelas. Pembuatan akun Instagram dam shopee memiliki potensi penjualan yang lebih luas. Penelitian ini menekankan pentingnya kualitas informasi dalam menarik minat konsumen pada produk yang dipasarkan secara online.
References
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. H., & Dja’wa, A. (2021). “Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Ditengah Pandemic Covid-19”. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1455
Richard Y. Wang dan Diane M. Strong. “Beyond Accuracy: What Data Quality Means to Data Consumers” Journal of Management Information Systems, 12(4) 1996 pp. 5-33
Demonika, Shelvia Devi, Ali Mustadi, & Inang Irma Rezkillah. (2020). “Implementasi Tematik Integratif Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” 2015:817–21. Implementasi Tematik Integratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar | Semantic Scholar blm fix
Website SMAN 20 Surabaya, (2008). “SMA NEGERI 20 SURABAYA MANDIRI BERPRESTASI (sman20surabaya.com)”
Zafirahana, Mutia Rahmi. (2021). “Kajian Musikalisasi “Sang Guru” Karya Panji Sakti (Diambil Dari Puisi Karya Nurlaelan Puji Jagad Dan Diaransemen Oleh Dorry Windhu Sanjaya)” Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu. Microsoft Word - Repo - Chapter 3.docx (upi.edu)
Daniera, dyra. (2023). “Mengenal Teknik Ecoprint, Alternatif Produksi Tekstil yang Ramah Lingkungan” Mengenal Teknik Ecoprint, Alternatif Produksi Tekstil yang Ramah Lingkungan Lifestyle Liputan6.com Direktorat Jenderal Pendi-dikan Tinggi. (2020). “Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka”. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. Buku-Panduan- Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020 (kemdikbud.go.id)
Melintas.id, wahyuni. (2024). “Apa Itu P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam Kurikulum Merdeka, Inilah Gambaran Ringkasnya!” Apa Itu P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam Kurikulum Merdeka, Inilah Gambaran Ringkasnya! - Melintas
Subiyanto, Lissa Anggun. Velantin V. (2022). “Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Media Promosi Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19” Ikon Jurnal Ilmu Komunikasi 2022 (Universitas Persada Indonesia Y.A.I) hal 292 2621-Article Text-4201-1-10-20230102.pdf
Gudiato, Candra. Eko S, Irwan S. (2022). “Analisis Sistem E-Commerce pada Shopee untuk meningkatkan daya saing menggunakan metode S.W.O.T.” Magister Sistem informasi, Universitas Kristen Satya Wacana 6 Jifotech (Journal Of Information Technology), 2(1), (PDF) Analisis Sistem E-Commerce pada Shopee untuk meningkatkan daya saing menggunakan metode S.W.O.T. (researchgate.net)
Hryanti, Sri. Mursito, B. Sudarwati, (2019). “Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta” Prodi Manajemen Fe Uniba Surakarta, hal 145 443-1445-1-PB.pdf
Pambudi, Bayu, dkk. (2018). “Indonesian Journal of Primary Education Pengembangan Alat Peraga IPA Dari Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” 2(2):2–6. 15097-31821-2-PB.pdf
Saptutyningsih and D. T. K. Wardani. (2019).”Pemanfaatan Bahan Alami untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo”. War. LPM, 22(1), 2019
Saptutyningsih, Warta LPM (Ums.Ac.Id) Erfiana, Windi. Purnamasari, Devi. (2023). “Strategi Content Marketing Influencer Melalui Shopee Affiliate Program Pada Instagram” Ilmu Komunikasi/Fakultas Ilmu Komputer/ Universitas Dian Nuswantoro, Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 11(2), Agustus 2023, pp.30-47. 28261-74087-3-PB.pdf
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). “Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0.” Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625.
Costa, R.O. & Roomilda. (2022). “Pembuatan Konten pada Media Sosial Instagram sebagai Strategi Kreatif dalam Pengembangan UMKM” Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana, Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(2). Pembuatan_Konten_pada_Media_Sosial_Instagram_sebag.pdf
Kartika, Nining. & Siska Y. (2021). “Pengaruh Kualitas Informasi dalam Media Instagram @nusatalent Terhadap Citra Nusa Talent” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. 10610-27903- 1-SM.pdf
Damayanti, H. A. P. Dkk. (2023). “Analisis Sistem Penjualan Dan Customer Relationship Management (Crm) Pada Aplikasi Shopee” Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pradita. Idealis: Indonesia Journal Information System, 6(2), 75-82
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mihta Destiana, Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


