Transformasi Digital Bisnis Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Teknologi

Authors

  • Sisilia Putri K. D Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Transformasi digital, UMKM, daya saing, teknologi digital, e- commerce, pemasaran digital

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan transformasi digital pada bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan teknologi digital. Melalui serangkaian  pelatihan  dan  pendampingan,  pelaku  UMKM,  diperkenalkan pada konsep e-commerce dan strategi pemasaran digital. Survei awal menunjukkan bahwa 70% UMKM belum memanfaatkan teknologi secara optimal. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM, dengan 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi digital. Selain itu, penerapan strategi pemasaran digital berhasil meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 30% dalam satu bulan setelah implementasi. Meskipun demikian, tantangan dalam pengelolaan media sosial dan e-commerce masih ada, sehingga diperlukan pendampingan berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan transformasi digital. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan UMKM di era digital.

References

Agus, B. (2021). upaya percepatan pertumbuha usaha mikro kecil dan menengah di indonesia. Mimbar Adninistrasi Fisip Untag Semarang,18(1), 1–14.

Ananda, W. (2022). Pendampingan

Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo. SAFARI : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 08–14. https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.132

Barus, E. B., Pardede, K. M., Ananda, J., & Br, P. (2024). Transformasi Digital :

Teknologi Cloud Computing dalam

Efisiensi Akuntansi. Jurnal Sains Dan

Teknologi, 5(3), 904–911.

Desrizal, Iva Mas Uva, Eva Ariati, & Endah Fantini. (2023). Digital Marketing and Marketing Communication Strategy at Ciwaringin Cirebon Batik Umkm as a Challenge in Technological Development. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(6), 1055–1068. https://doi.org/10.55927/modern.v2i6.

Hapriyanto, A. R. (2024). Multidisciplinary Science Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Era Digital. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(1), 108–117.

Herman, G., Utarindasari, D., & Suratiningsih. (2023). transformasi

Digita untuk penikatan daya saing

umkm cileungsi: pengabdian dalam

implementasi solusi inovatif. Jurnal

Pengabdian Masyarakat Bhakti

Yustitia, 1(1).

Jalaludin, Arditta, T., & Umarudin, M. (2023). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Tanaman Hias Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,

(2), 153–166.

Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan

Menengah dalam Pertumbuhan Ekonomi: Analisis Kontribusi Sektor UMKM terhadap Pendapatan Nasional di Indonesia. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 739–

https://teewanjournal.com/index.php

/peng/article/view/931

Kalsum, U., Fadliansyah, R., Amirudin, M. F.,

& Rahma, D. S. (2022). Peningkatan Penjualan UMKM Ceplis dan Dapros Melalui Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Meambo, 1(2),

–121. https://doi.org/10.56742/jpm.v1i2.19

Kurniawati, L. (2021). Strategi Digital Marketing dan Komunikasi Bisnis untuk Enterpreneur Pemula di Indonesia.

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah

Universitas Muhammadiyah Buton,

(3), 371–391. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i

1291

Maria, V., Regi, & Haryanti. (2024). implementasi teknologi komunikasi

dalam meningkatkan daya saing

UMKM. Neptunus: Jurnal Ilmu

Komputer Dan Teknologi Informasi,

(2), 71–76. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i2

.100

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Digital

Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran Umkm Di Kota Jakarta Barat. Indonesian C Ollaboration Journal of Community Services, 3(4),

–390.

Nirlia, & Rosdiana. (2024). Transformasi

Ekonomi Lokal Melalui Optimalisasi E- Commerce : Peningkatan Pendapatan dan Keberlanjutan bagi

Pelaku UMKM di. Journal of Human,

(5), 223–231.

Oktania, A., Lubis, P. K. D., Syahbana, E., & Akbar, M. A. (2024). Unveiling The Path To Prosperity In Papua : An Analysis Of Human Capital Investment Trends In Education (2018-2023). Didaktika : Jurnal Kependidikan, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.30863/didaktika.v18i

6204

Prastika, J., Rahmania Yulianti, D., Nazira

Auryke Skepy, S., Hidayat, R., Ikaningtiyas, M., Administrasi Bisnis, P.,

& Ilmu Sosial dan Politik, F. (2024). Transformasi Organisasi: Strategi Adaptasi dalam Menghadapi

Perubahan Lingkungan Bisnis. Jurnal

Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 35–

https://doi.org/10.62017/wanargi

Riofita, H., Rifky, Mg., Raudatul Salamah, L., Asrita, R., Nurzanah, S., & Islam Negeri

Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2024).

Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3),

–26. https://doi.org/10.62017/jemb

Rofi’, A., Budiman, I. A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2023). Inovasi Produk Olahan Lele (OLELE) Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Umkm Melalui Konten Digital di Desa Dukuh Tengah Kabupaten Tegal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3185–3192. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6786

Sholikha, wanda silviatus, & Pujianto, W. eko. (2024). Pengembangan Strategi Pemasaran pada Sentra UMKM Telur Asin Melalui Digital Marketing di Desa Jenggot Kecamatan Krembung. Cakrawala Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1).

Syamsudin, U., Nurjanah, S., Zamuri, S. A., & Oktaviani, N. (2024). transformasi pemasaran digital pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) konveksi kaos di desa mundusari. Jurmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),

–29.

Wulandari, A., Dompak, T., & Salsabila, L. (2024). Transformasi Digital Umkm Studi Kasus Strategi Adopsi Teknologi. Joppas: Junral of Public Policy and Administration, 6(1), 21–30.

Zikri, H. (2024). Transformasi Ekonomi Digital untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing UMKM di Indonesia 1. Jurnal Ekonomi Syariah, 02(01), 16–25. https://jurnal.stisummulayman.ac.id/gosejes/article/view/206

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

D, S. P. K. (2025). Transformasi Digital Bisnis Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Teknologi. Jurnal Sinabis, 1(1), 332–339. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/150

Issue

Section

Articles