Transformasi Digital Bisnis Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing Melalui Teknologi
Keywords:
Transformasi digital, UMKM, daya saing, teknologi digital, e- commerce, pemasaran digitalAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan transformasi digital pada bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan teknologi digital. Melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan, pelaku UMKM, diperkenalkan pada konsep e-commerce dan strategi pemasaran digital. Survei awal menunjukkan bahwa 70% UMKM belum memanfaatkan teknologi secara optimal. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM, dengan 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi digital. Selain itu, penerapan strategi pemasaran digital berhasil meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 30% dalam satu bulan setelah implementasi. Meskipun demikian, tantangan dalam pengelolaan media sosial dan e-commerce masih ada, sehingga diperlukan pendampingan berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan transformasi digital. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan UMKM di era digital.
References
Agus, B. (2021). upaya percepatan pertumbuha usaha mikro kecil dan menengah di indonesia. Mimbar Adninistrasi Fisip Untag Semarang,18(1), 1–14.
Ananda, W. (2022). Pendampingan
Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo. SAFARI : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 08–14. https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.132
Barus, E. B., Pardede, K. M., Ananda, J., & Br, P. (2024). Transformasi Digital :
Teknologi Cloud Computing dalam
Efisiensi Akuntansi. Jurnal Sains Dan
Teknologi, 5(3), 904–911.
Desrizal, Iva Mas Uva, Eva Ariati, & Endah Fantini. (2023). Digital Marketing and Marketing Communication Strategy at Ciwaringin Cirebon Batik Umkm as a Challenge in Technological Development. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(6), 1055–1068. https://doi.org/10.55927/modern.v2i6.
Hapriyanto, A. R. (2024). Multidisciplinary Science Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Era Digital. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(1), 108–117.
Herman, G., Utarindasari, D., & Suratiningsih. (2023). transformasi
Digita untuk penikatan daya saing
umkm cileungsi: pengabdian dalam
implementasi solusi inovatif. Jurnal
Pengabdian Masyarakat Bhakti
Yustitia, 1(1).
Jalaludin, Arditta, T., & Umarudin, M. (2023). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Tanaman Hias Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,
(2), 153–166.
Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah dalam Pertumbuhan Ekonomi: Analisis Kontribusi Sektor UMKM terhadap Pendapatan Nasional di Indonesia. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 739–
https://teewanjournal.com/index.php
/peng/article/view/931
Kalsum, U., Fadliansyah, R., Amirudin, M. F.,
& Rahma, D. S. (2022). Peningkatan Penjualan UMKM Ceplis dan Dapros Melalui Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Meambo, 1(2),
–121. https://doi.org/10.56742/jpm.v1i2.19
Kurniawati, L. (2021). Strategi Digital Marketing dan Komunikasi Bisnis untuk Enterpreneur Pemula di Indonesia.
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah
Universitas Muhammadiyah Buton,
(3), 371–391. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i
1291
Maria, V., Regi, & Haryanti. (2024). implementasi teknologi komunikasi
dalam meningkatkan daya saing
UMKM. Neptunus: Jurnal Ilmu
Komputer Dan Teknologi Informasi,
(2), 71–76. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i2
.100
Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Digital
Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran Umkm Di Kota Jakarta Barat. Indonesian C Ollaboration Journal of Community Services, 3(4),
–390.
Nirlia, & Rosdiana. (2024). Transformasi
Ekonomi Lokal Melalui Optimalisasi E- Commerce : Peningkatan Pendapatan dan Keberlanjutan bagi
Pelaku UMKM di. Journal of Human,
(5), 223–231.
Oktania, A., Lubis, P. K. D., Syahbana, E., & Akbar, M. A. (2024). Unveiling The Path To Prosperity In Papua : An Analysis Of Human Capital Investment Trends In Education (2018-2023). Didaktika : Jurnal Kependidikan, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.30863/didaktika.v18i
6204
Prastika, J., Rahmania Yulianti, D., Nazira
Auryke Skepy, S., Hidayat, R., Ikaningtiyas, M., Administrasi Bisnis, P.,
& Ilmu Sosial dan Politik, F. (2024). Transformasi Organisasi: Strategi Adaptasi dalam Menghadapi
Perubahan Lingkungan Bisnis. Jurnal
Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 35–
https://doi.org/10.62017/wanargi
Riofita, H., Rifky, Mg., Raudatul Salamah, L., Asrita, R., Nurzanah, S., & Islam Negeri
Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2024).
Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3),
–26. https://doi.org/10.62017/jemb
Rofi’, A., Budiman, I. A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2023). Inovasi Produk Olahan Lele (OLELE) Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Umkm Melalui Konten Digital di Desa Dukuh Tengah Kabupaten Tegal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3185–3192. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6786
Sholikha, wanda silviatus, & Pujianto, W. eko. (2024). Pengembangan Strategi Pemasaran pada Sentra UMKM Telur Asin Melalui Digital Marketing di Desa Jenggot Kecamatan Krembung. Cakrawala Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1).
Syamsudin, U., Nurjanah, S., Zamuri, S. A., & Oktaviani, N. (2024). transformasi pemasaran digital pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) konveksi kaos di desa mundusari. Jurmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),
–29.
Wulandari, A., Dompak, T., & Salsabila, L. (2024). Transformasi Digital Umkm Studi Kasus Strategi Adopsi Teknologi. Joppas: Junral of Public Policy and Administration, 6(1), 21–30.
Zikri, H. (2024). Transformasi Ekonomi Digital untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing UMKM di Indonesia 1. Jurnal Ekonomi Syariah, 02(01), 16–25. https://jurnal.stisummulayman.ac.id/gosejes/article/view/206
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sisilia Putri K. D

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


