Peningkatan Keterampilan Digital Masyarakat Melalui Pemberdayaan Aplikasi PLN Mobile di PLN ULP Bojonegoro

Authors

  • Hana Farras Zhafir Ridha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

PLN Mobile, Digital Skills, Empowerment, PLN ULP Bojonegoro

Abstract

Dalam era digital, keterampilan digital sangat penting untuk mengakses layanan secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat Bojonegoro melalui aplikasi PLN Mobile dengan metode Experiential Learning. Aplikasi PLN Mobile merupakan inovasi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menyediakan berbagai layanan kelistrikan secara digital, seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan, dan pelaporan gangguan. Metode Experiential Learning memberikan pengalaman  belajar langsung dan praktis kepada masyarakat. Pelatihan melibatkan simulasi dan studi kasus nyata, sehingga masyarakat dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuan secara efektif. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan aplikasi PLN Mobile, yang berdampak positif pada efisiensi pelayanan kelistrikan dan mendukung transformasi digital di sektor publik.

References

Hariyanto, Susanti, P. A., Hadjaat, M., Wasil, M., & Susilawati, A. D. . (2023). Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyarakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2),

–21. https://doi.org/10.54783/ap.v4i2.242

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2024). Menkominfo Dorong APT Tingkatkan Transformasi Digital Inklusif. Kemenkominfo. https://tinyurl.com/2mu4cwj22

Nur Awaliah, A., & Nirawati, L. (2024).

Pemanfaatan Aplikasi PLN Mobile Sebagai Sarana Komunikasi Digital dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan Di PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Barat. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 1440–1446. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i6.1743

Feby Yuniasti, M. J. (2024). Analisis Upaya Branding Aplikasi Pln Mobile dalam Meningkatkan Jumlah Transaksi di Mataram. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Universitas Mataram, 5(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.29303/npj4rn16

Tambunan, H. B., & Hapsari, T. W. D. (2021).

Analisis Opini Pengguna Aplikasi New PLN Mobile Menggunakan Text Mining. PETIR,

(1), 121–134. https://doi.org/10.33322/petir.v15i1.1352

Enitasari, Ria & Hertati, Diana. (2019).

Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research. 137-150. https://doi.org/10.33366/rfr.v12i2.3708

Ifaldiansyah M, H. D. (2023). Efektivitas Program Pemasangan Listrik Baru Menggunakan Aplikasi PLN Mobile di Wilayah Kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 12(3). doi:https://doi.org/10.33366/jisip.v12i3.2684

Larasati, D. C. (2020). Inovasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (Sampade) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik,

(1), 9–15.

https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2210

Syafrizal, S. (2023). Analisis sentimen ulasan aplikasi pln mobile menggunakan algoritma naïve bayes classifier dan k-nearest neighbor. Malcom Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science,

(1), 10-19. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.983

Sudirman, F. A., & Fitriah, F. (2024).

Implementasi E-Government Aplikasi PLN Mobile di PT PLN (Persero) ULP Raha : Analisis Tematik Menggunakan NVivo. PAMARENDA : Public Administration and Government Journal, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.5242Quality3/pamarenda.v4i1.5

Yulistiar, FW, & Kriswibowo, A. (2024).

Evaluasi Pelayanan Pelanggan Melalui Aplikasi Mobile PLN dalam Rangka Electronic Government Maturity Model di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sidoarjo. Jurnal La Sociale , 5 (4), 971-987. https://doi.org/10.37899/journal-la- sociale.v5i4.1226

Alfiana, A., Mulatsih, L. S. ., Kakaly, S. ., Rais, R. ., Husnita, L. ., & Asfahani, A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

TEKNOLOGI. Community Development

Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat,

(4), 7113–7120. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18698

Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. (2022).

Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 491-500. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1725

Aditya M. Z. (2022). Analisis Penerimaan Pelanggan Terhadap Aplikasi PLN Mobile dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.490

Gusni F., G. R. (2023). Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK).

(1). https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.302

Dianah, L., Taofik, D. B. I., Luthfi, M. C., Denni, I., & Bhakti, D. D. (2024). Keterampilan Digital Masyarakat Desa Sindangsuka Garut. Badranaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 14–22. https://doi.org/10.31980/badranaya.v2i01.745

Alam, S., Al Putra, F., & La Ode Mustafa, R. (2022). Strategi Pembangunan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Inovasi Daerah Di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho,

(4). 1277-1293. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.80

Al-Azizi, L., Al‐Badi, A., & Al-Zrafi, T. (2018).

Exploring the factors influencing employees’ willingness to use mobile applications in oman: using utaut model. Journal of E- Government Studies and Best Practices. 1-27. https://doi.org/10.5171/2018.553293

Meijer, A., & Bekkers, V. (2015). A metatheory of e-government: Creating some order in a

https://doi.org/10.1016/j.giq.2015.04.00

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2022). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. Kinerja, 18(4),590–598. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10363

Umar, A. (2024). Study On The Usage Behavior of PLN Mobile Application Using UTAUT 2

Model Among PLN Customers In North Sulawesi, Central Sulawesi, And Gorontalo. International Journal of Social Science and Human Research, 07(03). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i03-41

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Ridha, H. F. Z., & Kusumasari, I. R. (2025). Peningkatan Keterampilan Digital Masyarakat Melalui Pemberdayaan Aplikasi PLN Mobile di PLN ULP Bojonegoro. Jurnal Sinabis, 1(1), 340–348. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/151

Issue

Section

Articles