Peningkatan Keterampilan Digital Masyarakat Melalui Pemberdayaan Aplikasi PLN Mobile di PLN ULP Bojonegoro
Keywords:
PLN Mobile, Digital Skills, Empowerment, PLN ULP BojonegoroAbstract
Dalam era digital, keterampilan digital sangat penting untuk mengakses layanan secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat Bojonegoro melalui aplikasi PLN Mobile dengan metode Experiential Learning. Aplikasi PLN Mobile merupakan inovasi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menyediakan berbagai layanan kelistrikan secara digital, seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan, dan pelaporan gangguan. Metode Experiential Learning memberikan pengalaman belajar langsung dan praktis kepada masyarakat. Pelatihan melibatkan simulasi dan studi kasus nyata, sehingga masyarakat dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuan secara efektif. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan aplikasi PLN Mobile, yang berdampak positif pada efisiensi pelayanan kelistrikan dan mendukung transformasi digital di sektor publik.
References
Hariyanto, Susanti, P. A., Hadjaat, M., Wasil, M., & Susilawati, A. D. . (2023). Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyarakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2),
–21. https://doi.org/10.54783/ap.v4i2.242
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2024). Menkominfo Dorong APT Tingkatkan Transformasi Digital Inklusif. Kemenkominfo. https://tinyurl.com/2mu4cwj22
Nur Awaliah, A., & Nirawati, L. (2024).
Pemanfaatan Aplikasi PLN Mobile Sebagai Sarana Komunikasi Digital dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan Di PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Barat. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 1440–1446. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i6.1743
Feby Yuniasti, M. J. (2024). Analisis Upaya Branding Aplikasi Pln Mobile dalam Meningkatkan Jumlah Transaksi di Mataram. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Universitas Mataram, 5(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.29303/npj4rn16
Tambunan, H. B., & Hapsari, T. W. D. (2021).
Analisis Opini Pengguna Aplikasi New PLN Mobile Menggunakan Text Mining. PETIR,
(1), 121–134. https://doi.org/10.33322/petir.v15i1.1352
Enitasari, Ria & Hertati, Diana. (2019).
Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research. 137-150. https://doi.org/10.33366/rfr.v12i2.3708
Ifaldiansyah M, H. D. (2023). Efektivitas Program Pemasangan Listrik Baru Menggunakan Aplikasi PLN Mobile di Wilayah Kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 12(3). doi:https://doi.org/10.33366/jisip.v12i3.2684
Larasati, D. C. (2020). Inovasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (Sampade) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik,
(1), 9–15.
https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2210
Syafrizal, S. (2023). Analisis sentimen ulasan aplikasi pln mobile menggunakan algoritma naïve bayes classifier dan k-nearest neighbor. Malcom Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science,
(1), 10-19. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.983
Sudirman, F. A., & Fitriah, F. (2024).
Implementasi E-Government Aplikasi PLN Mobile di PT PLN (Persero) ULP Raha : Analisis Tematik Menggunakan NVivo. PAMARENDA : Public Administration and Government Journal, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.5242Quality3/pamarenda.v4i1.5
Yulistiar, FW, & Kriswibowo, A. (2024).
Evaluasi Pelayanan Pelanggan Melalui Aplikasi Mobile PLN dalam Rangka Electronic Government Maturity Model di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sidoarjo. Jurnal La Sociale , 5 (4), 971-987. https://doi.org/10.37899/journal-la- sociale.v5i4.1226
Alfiana, A., Mulatsih, L. S. ., Kakaly, S. ., Rais, R. ., Husnita, L. ., & Asfahani, A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
TEKNOLOGI. Community Development
Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat,
(4), 7113–7120. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18698
Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. (2022).
Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 491-500. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1725
Aditya M. Z. (2022). Analisis Penerimaan Pelanggan Terhadap Aplikasi PLN Mobile dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.490
Gusni F., G. R. (2023). Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK).
(1). https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.302
Dianah, L., Taofik, D. B. I., Luthfi, M. C., Denni, I., & Bhakti, D. D. (2024). Keterampilan Digital Masyarakat Desa Sindangsuka Garut. Badranaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 14–22. https://doi.org/10.31980/badranaya.v2i01.745
Alam, S., Al Putra, F., & La Ode Mustafa, R. (2022). Strategi Pembangunan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Inovasi Daerah Di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho,
(4). 1277-1293. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.80
Al-Azizi, L., Al‐Badi, A., & Al-Zrafi, T. (2018).
Exploring the factors influencing employees’ willingness to use mobile applications in oman: using utaut model. Journal of E- Government Studies and Best Practices. 1-27. https://doi.org/10.5171/2018.553293
Meijer, A., & Bekkers, V. (2015). A metatheory of e-government: Creating some order in a
https://doi.org/10.1016/j.giq.2015.04.00
Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2022). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. Kinerja, 18(4),590–598. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10363
Umar, A. (2024). Study On The Usage Behavior of PLN Mobile Application Using UTAUT 2
Model Among PLN Customers In North Sulawesi, Central Sulawesi, And Gorontalo. International Journal of Social Science and Human Research, 07(03). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i03-41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hana Farras Zhafir Ridha, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


