Strategi Promosi melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk UMKM Bawang Merah Rinings

Authors

  • Pramesti Intan Destari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Ning Farida Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Promotion Strategy, Social Media, Rinings Fried Shallots

Abstract

Strategi promosi adalah langkah awal dalam mengenalkan produk kepada konsumen secara luas. Hal ini dinilai penting karena berhubungan dengan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh owner bisnis. Pemasaran produk bawang goreng rinings ini dilakukan secara online dan offline. Secara online bu Rining memasarkan produknya melalui media sosial whatsapp, tiktok dan instagram. Sedangkan pemasaran onlinenya yaitu melalui bantuan dinas-dinas yang ada di nganjuk, dan di jual ketika ada kegiatan pameran di Kabupaten Nganjuk. Metode Penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Peneliti melakukan observasi secara langsung pada owner bawang merah rinings yang berlokasi di JL. MT. Haryono No.19, Ploso, Nganjuk. Hasil dari penelitian ini yaitu bu Rining sudah memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat secara luas, sehingga penjualan produk dari tahun 2023 – 2024 mengalami kenaikan kurang lebih 25%.

References

Sutandar, Erman, Dkk. 2022.Strategi Promosi untuk meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT. BANK Tabungan Negara. Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis. 11 (01), 61- 69.

Kustiawan, Winda, Dkk. 2022. Media Sosial dan Jejaring Sosial. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 2 (1), 26-30

Nur Uyun, Niken Dima, Dwiridotjahjono, Jojok. 2022. Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram” Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Pemasaran. 5 (3), 356-365.

Wikipedia.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabu paten_Nganjuk

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Destari, P. I., & Farida, S. N. (2025). Strategi Promosi melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk UMKM Bawang Merah Rinings. Jurnal Sinabis, 1(1), 349–353. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/152

Issue

Section

Articles