Meningkatkan Keterampilan Digitalisasi Usaha serta Jangkauan Pasar di SWK Urip Sumoharjo Melalui Program Pendampingan UMKM

Authors

  • Andramaya Kusuma Ningtyas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R. Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi Usaha, Jangkauan Pasar, SWK, Pendampingan UMKM

Abstract

Pengabdian melalui program pendampingan UMKM merupakan salah satu upaya strategis untuk meningkatkan keterampilan digitalisasi usaha dan memperluas jangkauan pasar bagi para pelaku usaha di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Urip Sumoharjo, Surabaya. Pengabdian melalui pendampingan UMKM  ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan terkait penggunaan teknologi digital dalam pengelolaan bisnis, pemasaran, dan transaksi keuangan. Melalui pendampingan ini, para pelaku UMKM diperkenalkan pada berbagai platform digital seperti media sosial, marketplace, serta aplikasi pendukung bisnis lainnya. Selain itu, pendampingan ini juga berfokus pada pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik lokal maupun global. Pengumpulan data  pada pengabdian ini menggunakan observasi dan  mewawancara  para pedagang untuk  mengidentifikasi masalah dan  kondisi  usaha  pedagang  di  SWK  Urip  Sumoharjo, serta menggunakan studi literatur agar mendukung data yang diperoleh. Hasil dari pengabdian melalui program pendampingan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan para pedagang dalam menggunakan teknologi digital. Para pedagang berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang lebih tepat sasaran, sehingga meningkatkan volume penjualan dan memperluas basis pelanggan. Program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi model dalam pengembangan UMKM di daerah lain, guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal serta meningkatkan daya saing UMKM di era digital.

References

Amanda,Aisyah. 2023. Peran Pendamping Pada Pentingnya Strategi Pemasaran UMKM Nasabah BTPN Syariah. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI). Vol.2, No.3, Hal: 86-92. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i3.694

Andramaya Kusuma Ningtyas, & Siti Ning Farida. (2024). Peranan Fasilitator Pendamping Untuk Meningkatkan Pendapatan Dan Skill Nasabah Btpn Syariah Kec. Wiyung Dalam Berwirausaha. Jurnal Akuntan Publik, 2(1),148–155. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v2i1.2481

Baihaqi, B. (2023). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Serta Pengaruhnya Terhadap Krisis Ekonomi. HEI EMA : Jurnal Riset Hukum, Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.61393/heiema.v2i2.184

Bambang, S.W., & Diaz, H. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077

Djamaludin, D., Aviasti, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet Sebagai Sarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5, 125. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799

Isabilillah, A. J., & Nirawati, L. (2023). Pemaanfaatan Fasilitator BTPN Untuk Meningkatkan Pendapatan Nasabah Dalam Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(4), 58-68. https://doi.org/https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i4.740

Iwan, M.R., Abdurrahman, F., Isah, A., Susilawati., & Iwan, S. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4974

Latisia, S. (2019). STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA KEDIRI. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 1(2). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i2.202

Maq, M. M. (2022). Program Pendampingan Kewirausahaan Kecil Menengah pada Usaha Makanan Ringan di Desa Leuwimunding. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(6), 493–498. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i6.1295

Mohamad, T.F., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ovitia Rerolia Fitria Pratama, & Nurjanti Takarini. (2023). Pemberdayaan Perempuan Nasabah BTPN Syariah Terhadap Perkembangan UMKM Melalui Pendampingan Usaha. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 72–81. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1343

Prasetyo, D.S., Fahimatul, U., & Mustaqim. (2020). Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era E-commerce & Media Sosial. Jurnal Pengabdian Balerang, 2(February), 0–5. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1625.

Putri, S. (2021). Peran Pembiayaan Syariah Dalam Pengembangan Umkm Di Indonesia The Role Of Sharia Financing In The Development Of Umkm In Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 1-11. https://doi.org/10.59755/alhisab.v1i2.67

Rolly, M.A., Dani, L.S., Tamadara, H., Muchamad, I, K., & Muhammad, W. A. . (2020). Pelatihan Google Bisnisku Dalam Rangka Pemetaan Digital UKM di Desa Wangunharja. 1(2), 47–49. https://doi.org/10.36618/merpati.v1i2.887

Rutman, L.T., Posma, S.J.K., Emma, T., & Suzanna, J. L. T. (2020). Pengenalan Pemasaran Menggunakan Internet Kepada Jamaah Masjid Cawang. Jurnal IKRAITH ABDIMAS, 3(1). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/497

Salsabilla., dkk. (2023). Pendampingan Nasabah BTPN Syariah Melalui Program Sahabat Daya Dengan Memperkenalkan Aplikasi Tepat Daya Pada MMS Tilatang Kamang. Jurnal Universitas Padjajarant, 6(2), 500-507. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.47461

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117 - 127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Susanto Yoki. (2022). Sosialisasi Pembukuan Keuangan Menggunakan Aplikasi Buku Warung bagi Pelaku Usaha Warung Sembako di Desa Cisitu Kabupaten Serang Banten. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat, 3(1), (69-75). https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.4844

Yudho Anggoro, B., & Pertiwi, T. K. . (2023). Peran Pendamping untuk Memperluas Akses Pasar Nasabah BTPN Syariah yang Berprofesi sebagai Pelaku UMKM. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197–201. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/327

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Ningtyas, A. K., & Rusdianto, R. Y. (2025). Meningkatkan Keterampilan Digitalisasi Usaha serta Jangkauan Pasar di SWK Urip Sumoharjo Melalui Program Pendampingan UMKM. Jurnal Sinabis, 1(2), 366–374. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/153

Issue

Section

Articles