Sosialisasi Urgensi Pemasaran Digital Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Ngipik Kabupaten Gresik
Keywords:
Sosialisasi, Pemasaran Digital, Usaha Mikro Kecil dan MenengahAbstract
Desa Ngipik mempunyai prospek khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum optimal dalam pengelolaannya. Situasi ini diakibatkan dan tercermin dari taraf edukasi penduduk yang mayoritas lulusan di bawah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sebagian besar warga desa Ngipik berprofesi sebagai pekerja kasar serta beberapa memiliki usaha kecil seperti keripik kentang, bandeng presto, takoyaki dan sebagainya. Dalam upaya mengembangkan bisnisnya, masyarakat Desa Ngipik masih minim pemahaman tentang pemasaran berbasis internet. Maka dari itu, sasaran pengabdian masyarakat ini ialah mengadakan sosialisasi tentang Pemasaran Digital untuk UMKM di desa Ngipik Kabupaten Gresik. Teknik yang diterapkan dalam acara pelatihan ini adalah metode presentasi dan dialog. Metode presentasi dimanfaatkan oleh pembicara untuk memaparkan informasi yang berkaitan dengan topik pemasaran digital. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk memperdalam pembahasan materi baik secara individual maupun perwakilan peserta. Dampak pengabdian memperlihatkan semangat yang luar biasa dari partisipan yang merupakan para pengusaha UMKM di desa Ngipik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta mengenai langkah-langkah pembuatan akun di berbagai platform e-commerce dan pemateri berupaya untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut serta memberikan penjelasan yang komprehensif mengenai topik yang dibahas.
References
Aji, R., Djunaedi, A., & Suryanto, S. (2020). Strategi Pengembangan Digital Marketing UMKM di Era Industri 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 239-256.
Aniuranti, A. Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. JurnalPengabdian kepada Masyarakat, 23(2), 117-120.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, I. & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 1-9.
Kusumastuti, A. D. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam Mempertahankan Business Continuity Management (BCM). eJournal Administrasi Bisnis, 8(3), 224-232.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327-337).. Riau Journal of Empowerment, 3(2), 79–86.
Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 14-20.
Adriyanto, R., & Haryanto, A. T. (2020). Efektivitas Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan UMKM di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(1), 45-60.
Budi, S., & Fathoni, A. (2021). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era New Normal. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2),123-135.
Fauziah, N., & Wulandari, R. (2021). Analisis Penerapan Digital Marketing pada UMKM di Kota Gresik. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), 85-97.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(2), 18-33.
Maulana, Y. S., Susilo, D., & Riyadi, S. (2019). Implementasi E- Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1-9.
Rahmawati, N. A., & Mulyono, H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 55-62.
Sari, C. A. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi UMKM. Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 147-157.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 5-10.
Suryani, I. (2020). Penerapan Digital Marke-ting Sebagai Strategi Komunikasi Pema-saran Terpadu Produk UMKM Pahlawan Ekonomi Surabaya. Jurnal Komuni-kasi Profesional, 4(1), 1-11.
Syahputra, A. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata, 6(2), 100-111.
Trinanda, O., & Evanita, S. (2020). Digital Marketing: Konsep dan Fenomena Kontemporer. Penerbit Lakeisha.
Widyaningrum, P. W. (2019). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230-257.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jalalludin Rumy, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


