Penerapan Digitalisasi dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan pada Toko Kelontong FAFA
Keywords:
Digitalisasi, Peningkatan Omset, UMKMAbstract
Digitalisasi telah menjadi salah satu langkah strategis dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, terutama bagi pelaku usaha kecil seperti toko kelontong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan digitalisasi dalam upaya meningkatkan omset penjualan pada Toko Kelontong Fafa. Dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosia dan e-commerce, diharapkan toko ini dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan efisiensi operasional. Metode penelitian ini menggunakan dengan analisis data yang diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara dengan pemilik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi mampu meningkatkan visibilitas Toko Fafa di kalangan konsumen, memperluas pasar, serta meningkatkan omset penjualan secara signifikan. Selain itu, digitalisasi juga membantu dalam pengelolaan stok barang, pemesanan, dan pelayanan yang lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, digitalisasi berperan penting dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis toko kelontong di era digital.
References
Apriani, A., Abdullah, M. A. F., & Febrian, W. D. (2023, August). Digitalisasi Umkm Dengan Mengadopsi E- Commerce: Intention To Buy Online Melalui Sikap (A Proposed Study). In Prosiding Seminar SeNTIK, 7 (1). 121-130. https://ejournal.jakstik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3438
ES, D. P., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) E- ISSN, 2580, 4332. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/vie w/676
Fitriani, I. D., Pratama, A., Quthb, A. N., Fadhlurrahman, F., Iwan, F. S. D., Hisyam, R. A. M., ... & Hunafa, Z. D. (2024).Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 391-398.https://www.jurnal.sttmcileungsi.ac.id/index.php/bemas/ar ticle/view/810.
Kirana, R. P., & Kusuma, Y. B. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Toko Kelontong Kecamatan Pabean Cantian Kota Surabaya. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 6(2), 126-132. https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i2.741
Maulidiyah, W., & Nurhadi, N. (2023). Strategi Pemberdayaan Bisnis Masyarakat Melalui Aktivitas Digitalisasi UMKM Guna Mengoptimalisasi Potensi Penjualan (Studi Kasus Pada UMKM Gudang Sandal). KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 344- 352. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/389
Meiliya, A., & Susanti, E. D. (2024). Implementasi strategi pemasaran untuk meningkatkan omset penjualan toko kelontong di Kecamatan Semampir. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(02), 188-194. https://www.ejournalrmg.org/index.php/EBMJ/article/view/248.
Nursyirwan, V. I. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(2), 238-244. https://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/pengmas/article/view/1963
Pardede, J. F., Nugroho, L., & Hidayah, N. (2022). Analisa Urgensi Digitalisasi dan Laporan Keuangan Bagi UMKM. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1531-1542. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/4340
Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan pengembangan digitalisasi UMKM masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan menghadapi era new normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Meiliya, Yanda Bara Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


