Implementasi Program Pendampingan Digitalisasi Melalui Aplikasi E-Peken Usaha Toko Kelontong di Kecamatan Kenjeran

Authors

  • Nindi Irmaya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Jojok Dwiridotjahjono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, e- peken, Toko Kelontong

Abstract

Digitalisasi melalui aplikasi E-Peken di Kota Surabaya telah menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan daya saing dan keberlangsungan usaha toko kelontong dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya khususnya di Kecamatan Kenjeran. Aplikasi ini tidak hanya menghubungkan pelaku usaha dengan konsumen, tetapi juga memberikan kemudahan dalam transaksi dan pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak implementasi E- Peken terhadap kinerja ekonomi toko kelontong di Surabaya serta tantangan yang dihadapi dalam penggunaannya.

References

Akbhari, I., & Prathama, A. (2023). Inovasi Aplikasi E-Peken: Optimalisasi Potensi UMKMKota Surabaya. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 396-

Alysia, V. (2021). Kajian Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui E- Peken dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Kota Surabaya: Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Berbasis Digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 10-18.

Azizah, N. (2023). Strategi Manajemen Pemasaran. Jurnal Pusdansi, 2(2).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dwijayanti, I. M., & Prabowo, B. (2023). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Keputran Kejambon II Melalui Web E-PEKEN Surabaya. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287-294.

Edward, dkk. (2018). Kinerja Bisnis Toko

Kelontong.SalimMedia Indonesia.Jambi

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM dalam menghadapi digitalisasi. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33-42.

Fauzan Muttaqien, & Riza Bahtiar Sulistyan. (2022). Product Branding Training Model for MSMEs in Probolinggo Regency. Innovation Business Manage-ment and Accounting Journal,1(1),26–31.

Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023).

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di era digital abad 21. Tali Jagad Journal, 1(1), 14-18.

Gunawan, J., Salsabila, A. T., Nisa, K., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Tegalsari. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 146-150.

INDONESIA, P. R. (2008). Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemic covid'19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23-31.

Madaharsa, A. S., & Andayani, S. (2024). Pemanfaatan E-Commerce Peken Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Toko Kelontong Wilayah Pakal Surabaya Barat. Karya: Jurnal Pengab-dian Kepada Masyarakat, 4(2), 294-299.

Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3),

-680.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Ningrum, D. P., Widiyanto, M. K., & Yuliyanti, T. (2018). Peran dinas koperasi dan UMKM dalam pemberdayaan UMKM di kota Surabaya. Sumber, 29, 26-800.

Prasetyo, A., Andayani, E., & Sofyan, M. (2020).

Pembinaan pelatihan pembukuan laporan keuangan terhadap wajib pajak UMKM di Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(1), 34-39.

Pratiwi, I. A. M., & Dyas, I. A. G. (2022). Mendorong Penerapan Digitalisasi Pada Usaha Mikro Dan Kecil Di Indonesia. E- Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 11(10), 3797-3809.

Purnomo, A. S. (2023). Surabaya E-Peken Application In The Tam Approachment Method. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 2230-2242.

Wakhidah, R. N., & Pramono, S. (2024). Analisis Kebijakan Penggunaan E-Peken sebagai Optimalisasi Pemberdayaan UMKM di Kelurahan Kedungdoro Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik, 2(1), 165-178

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Irmaya, N., & Dwiridotjahjono, J. (2025). Implementasi Program Pendampingan Digitalisasi Melalui Aplikasi E-Peken Usaha Toko Kelontong di Kecamatan Kenjeran. Jurnal Sinabis, 1(2), 394–398. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/157

Issue

Section

Articles