Peningkatan Kompetensi Pemasaran Digital UMKM melalui Pelatihan AI dan Desain Canva
Keywords:
Copywriting, Foto Produk, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital bagi para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat. Dalam era digital yang berkembang pesat, UMKM menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan daya saingnya. Oleh karena itu, program kerja ini difokuskan pada sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi AI dan aplikasi Canva sebagai sarana pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tiga tahapan: pengajuan proposal dan perizinan, sosialisasi dan penyuluhan, serta praktik materi. Pada tahap sosialisasi, peserta diperkenalkan dengan teknologi AI dan aplikasi Canva, serta manfaat dan teknik penggunaannya dalam pemasaran digital. Selanjutnya, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan dengan pendampingan dari tim pelaksana. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta pelatihan mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi AI untuk foto produk serta membuat desain konten yang menarik. Pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga memotivasi para pemilik UMKM untuk terus mengembangkan usaha mereka melalui pemasaran digital yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pemasaran produk UMKM di Kelurahan Dukuh Sutorejo.
References
A. D. Handayani, “Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital,” J. Signal, vol. 11, no. 1, p. 104, 2023, doi: 10.33603/signal.v11i1.8213.
J. Jasri, N. Arfan, H. Hasanuddin, and H. A. Hasan, "Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah," ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, vol. 6, no. 2, pp. 212–224, 2022. doi:10.30631/iltizam.v6i2.1452.
M. Wahyu, A. Reza, and N. N. Anggalih, “Perancangan Fotografi Sebagai Media Promosi Digital Brand Lokal CUTOFF,” J. Barik, vol. 4, no. 3, pp. 259–267, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
A. Harahap, T. S. Wibowo, J. W. Sitopu, M. Solehuddin, and N. Napsin, “Penggunaan dan Manfaat Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah,” J. Pembelajaran Dan Mat. Sigma, vol. 8, no. 2, pp. 539–544, 2022, doi:10.36987/jpms.v8i2.3782.
I. M. Sakti and D. C. Pratiwi, “Pelatihan Implementasi Pemasaran Digital: Foto Produk, Desain Konten, dan Copywriting,” Duta Abdimas, vol. 2, no. 2, pp. 7–15, 2023, doi:10.47701/abdimas.v2i2.2768.
H. Dunan et al., “Pelatihan Foto Produk Untuk Meningkatkan Brand Image dan Minat Konsumen UMKM Rumah BUMN Bandar Lampung Product Photo Training to Improve Brand Image and Consumer Interest in Rumah BUMN Bandar Lampung,” J. Abdimas Gorontalo, vol. 5, no.1, pp. 17–23, 2022.
M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi10.31764/jpmb.v4i1.2983.
E. T. Alawiah, D. Setyorini, and Hasanudin, “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 279–285, 2023, doi:10.31004/jerkin.v2i1.163.
C. Astina, “Peningkatan UMKM Bidang
Pemasaran dan Perekonomian
Melalui Pemanfataan Aplikasi Canva,” SOROT J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2022, doi:10.32699/sorot.v1i2.2626.
Y. Fahdillah, M. G. Pangestu, and H. Laras, “Pelatihan Desain Dengan Canva Untuk Meningkatkan Promosi Pada Umkm Tuku Sambal ( Focus Group Discussion ),” vol. 3, no. 1, pp. 33–39,2024.
K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi:10.31764/jpmb.v5i1.6434.
M. R. Katili, A. Dwinanto, L. Yahya, and B. S. Rijal, “Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kapasitas Pelaku UMKM dan BUMDes,” vol. 3, no. 1, pp. 14–19, 2024.
Linda Wijayanti, R. Sukwadi, W. Prasetya, and W. A. Azels, “Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Umkm Binaan Asppuk,” J. Bakti Masy.Indones., vol. 5, no. 1, pp. 117–125, 2022, doi: 10.24912/jbmi.v5i2.18245.
Mira Veranita, Gunardi, Ramayani Yusuf, and Yunyun Ratna H, “Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 3, pp. 388–401, 2023, doi:10.37339/jurpikat.v4i3.1461.
W. P. Sari and L. Irena, “Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 4, no. 3, pp. 633–642, 2022, doi:10.24912/jbmi.v4i3.13271.
K. Tajinan and K. Malang, “Pelatihan Pemahaman Digital Marketing dan Peningkatan Kualitas Desain dalam Meningkatkan Nilai Jual pada UMKM Desa Tambakasri,” ...Juli 2024 | Vol. 3 | No. 1 | Pelatihan Ai Dan Canva Untuk Pemasaran Produk UMKM Di Dukuh Sutorejo Surabaya Pengabdi. Kpd. ..., vol. 4, no. 4, pp. 3544–3553, 2023, [Online]. Available:http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1859%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpm/article/download/1859/1307.
R. Yanuar et al., “Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang, Kabupaten Cilacap,” J. Pus. Inov. Masy., vol. 4, no.1, pp. 70–84, 2022, doi: 10.29244/pim.4.1.70-84.
S. B. Z. Zettira, N. A. Febrianti, Z. A. Anggraini, M. A. W. Prasetyo, and E. Tripustikasari,“Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” J. Abdimas Prakasa Dakara, vol. 2, no. 2, pp. 99–105, 2022, doi: 10.37640/japd.v2i2.1524.
Sutandi, S., Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2020). Strategi peningkatan kinerja umkm melalui “umkm naik kelas” pada umkm di kecamatan cempaka putih jakarta pusa. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2),159-163.
Tambunan, T. S. (2023). Analisis peran pemerintah daerah mendukung UMKM naik kelas. Journal Business and Management,1(2), 77-88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Permatasari Fitri Agustine, Acep Syamsudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


