Implementasi Digital Marketing oleh PLN UP 3 Sidoarjo Melalui Penggunaan Aplikasi PLN Mobile Pada Program Desa Tematik Balongdowo Sidoarjo
Keywords:
Digital marketing, PLN Mobile, Desa TematikAbstract
Di era transformasi digital, strategi pemasaran yang inovatif memainkan peran penting dalam memastikan kesuksesan perusahaan. PT PLN UP3 Sidoarjo memanfaatkan aplikasi PLN Mobile sebagai bagian dari strategi digital marketing dalam Program Desa Tematik di Desa Balongdowo. Implementasi aplikasi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan interaksi dengan pelanggan, tetapi juga mendukung literasi digital di kalangan masyarakat desa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi dampak penggunaan aplikasi PLN Mobile terhadap hubungan PLN dengan masyarakat, serta bagaimana penerapan teknologi ini membantu mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan. Data dikumpulkan melalui survei lapangan, sosialisasi, dan pelatihan kepada masyarakat Desa Balongdowo. Program ini juga melibatkan pemberian bantuan alat pemecah cangkang kupang kepada pelaku UMKM untuk mendukung perkembangan ekonomi lokal.
References
Anjani, R. W. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. Interdisiplin: Journal Of Qualitative And Quantitative Research, 1(1), 29-40. Http://Interdisiplin.My.Id/Index.Php/I/Article/View/4
Ahzahro, R. S. (2023). Strategi Peningkatan Penggunaan Inovasi Digital Pln Mobile Oleh Konsumen Unit Layanan Pelanggan Tulung Kabupaten Klaten Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Tugas Akhir Magang (Doctoral Dissertation, Universitas I Slam Indonesia). Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/46786
Aurawati , S. D. (2022). Sosi Alisasi Apli Kasi Pln Mobile Kepada Masyarakat Provinsi Lampung. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/66506/
Aulia, S. K. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Media Bauran Promosi Pada Pt Pln (Persero) Up3 Tanjung Priok Jakarta Utara (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas). Http://Scholar.Unand.Ac.Id/205532/
Bahtiar, A. W. Y., & Junitasari, A. (2021). Sosialisasi Aplikasi Pln Mobile Pada Masyarakat Desa Sukamantri BekerjasamaDengan Pln Setempat. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(20), 18-24. Http://Proceedings.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Proceedings/Article/VieW/423
Ifaldiansyah, M. R., & Hertati, D. (2023). Efektivitas Program Pemasangan Listrik Baru Menggunakan Aplikasi PLN Mobile Di Wilayah Kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Jisip), 12(3), 347-354. Https://Scholar.Archive.Org/Work/Cp7lk4u7hfedbnhanakdlpa3ge/Access/Wayback/Https://Publikasi.Unitri.Ac.Id/Index.Php/FiSip/Article/Download/2684/Pdf
Geralda, M., & Kasih, J. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada Sosial Media Dan Website Bimbel Media Bandung. Jurnal Strategi-Jurnal Maranatha, 2(1), 2738. Http://Www.Strategi.It.Maranatha.Edu/Index.Php/Strategi/Article/ViEw/146
Haq, A. A. (2022). Penggunaan Aplikasi Pln Mobile Sebagai Sarana Komunikasi Digital Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Comserva: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(7), 1192-1200. Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/D8e1/3bbe404f85033e3bd469e7207451372c50c7.Pdf
Kardinah, N., & Wirakusumah, A. G. (2021). Sosialiasi Aplikasi Pln Mobile Kepada Masyarakat Di Desa Sukamantri Bekerja Sama Dengan Pihak Pln. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(9), 126-132.Http://Proceedings.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Proceedings/Article/DoWnload/100/71
Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding Umkm Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 521-527. Http://Ejournal.Sisfokomtek.Org/Index.Php/Jpkm/Article/View/871
Pranawa, P. D., Dewi, K. I. K., Wijaya, P. W. A., Daniel, Z. J., Miantari, N. M. D. O., Prananda, I. P. Y., ... & Suaryana, P. K. (2023). SosiAlisasi Aplikasi PLN Mobile Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Terhadap Masyarkat Desa Sumita. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 41-48. Https://Www.Jurnalwidyalaksmi.Com/Index.Php/Jwl/Article/View/53
Putri, D. L. E., & Andarini, S. (2024). Optimalisasi Strategi Marketing Dan Pelayanan Pelanggan Pada PLN UP3 Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(02), 84-87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Larasati Esa Putri, Yanda Bara Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


