Pengembangan Digitalisasi pada UMKM Kedai Bocil di Kelurahan Nginden Jangkungan

Authors

  • Shinta Kezia Apriliani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, digitalisasi, pemasaran digital, SWOT

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk membantu digitalisasi UMKM Kedai Bocil di Kelurahan Nginden Jangkungan  melalui  strategi  pemasaran  digital,  khususnya pembuatan banner promosi. Survei dan analisis kebutuhan menunjukkan minimnya penggunaan teknologi digital dalam pemasaran produk. Solusi yang diterapkan berupa pembuatan dan pemasangan banner sebagai identitas brand dan media promosi fisik terintegrasi dengan strategi digital. Hasilnya, visibilitas usaha meningkat signifikan, UMKM memperluas jangkauan pasar dan penjualan melalui sistem pemesanan online.  Pelaku usaha juga memperoleh  pengetahuan  baru terkait pemasaran digital. Keterbatasan kegiatan terletak pada durasi yang singkat dan akses teknologi yang terbatas. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya adalah pelatihan lebih lanjut tentang e-commerce dan pengelolaan iklan berbayar untuk memperkuat dampak digitalisasi.

References

Kadeni, Ninik Srijani. 2020. “Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarak-at.” EQUILIBRIUM 8(2):191–99. doi: 10.52970/grdis.v4i1.516.

Kusuma, Diana Fitri, and Mohamad Syahriar Sugandi. 2018. “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts.” Jurnal Manajemen Komunikasi 3(1):18– 33. doi: 10.24198/jmk.v3i1.12963.

Lukas, Deni Sahmaulana; Samuel. 2024. “Pengaruh Kompetensi Guru Dan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 5(9):826–40.

Vinatra, Satriaji, Administrasi Bisnis, Upn Veteran, and Jawa Timur. 2023. “Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara Dan Masyarakat.” Jurnal Akuntan Publik 1(3):1–8. doi: 10.59581/jap- widyakarya.v1i1.832.

Wilantara, Rio. F., and Ruly Indrawan. 2016. Strategi Dan Kebijakan Pengembangan UMKM. Rio F. Wil. edited by R. Indrawsn. Bandung.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Apriliani, S. K., & Andarini, S. (2025). Pengembangan Digitalisasi pada UMKM Kedai Bocil di Kelurahan Nginden Jangkungan. Jurnal Sinabis, 1(2), 496–502. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/172

Issue

Section

Articles