Pemberdayaan UMKM dalam Memperluas Pasar Melalui Digitalisasi Marketing di Kelurahan Bulak

Authors

  • Nurul Hidayati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Pemberdayaan, Digitalisasi Marketing

Abstract

Penulisan ini membahas mengenai Pemberdayaan UMKM dalam memperluas pasar melalui pemanfaatan digitalisasi pada Kelurahan Bulak menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat serta mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran online yang efektif. Melalui program pengabdian masyarakat ini, bertujuan untuk memberdayakan UMKM di Kelurahan Bulak dengan mengimplementasikan strategi digitalisasi marketing. Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima bulan). Kegiatan ini meliputi analisis penggunan media sosial dan e- commerce, pelatihan penulisan pembukuan, serta pendampingan dalam pembuatan konten digital yang efektif. Pelaksanaan dalam kegiatan ini dengan menggunakan metode diskusi, bimbingan secara langsung dan membantu pelaku usaha untuk memahami dan memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan peningkatan pemahaan pelaku usaha terhadap pentingnya digitalisasi dalam memperluas pasar. Keberhasilan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mendukung pemberdayaan UMKM di daerah lain.

References

Agung, A. S., Eko Yudiandri, T., Ernawati, H., & Adianto. (2022). Literasi Digital Pelaku Umkm Dalam Upaya Menciptakan Bisnis Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 87–103. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.197

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92.

Azizah, W. N., Ishom, M., & Widianto, E. (2020). Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan Kampung Wisata Tematik “Kampung Putih” Kota Malang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.31528

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170.

Graciello, M., & Wibawa, A. (2022). Indonesia Dalam Pertumbuhan Digital Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(2), 50–55.

Hakim, A. (2023). Wali Kota Eri berharap pelaku UMKM di Surabaya naik kelas. https://www.antaranews.com/berita/3676299/wali-kota-eri-berharap-pelaku-umkm-disurabaya-naik-kelas.

Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2022). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Digital Marketing Pada Umkm Kota Semarang. Jurnal Manajemen Dayasaing, 23(2), 90–96. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v23i2.16860

Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225

Irawaty, I., Anitasari, R. F., & Setiawan, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pelaku UMK Mengenai Urgensi dan Tata Cara Mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 5(1), 35–49. https://doi.org/10.15294/jphi.v5i1.53495

Irianto, H., Viesta, A. Dela, Nugroho, A. T., Wahyuni, T., Prabowo, W. C., Hamid, I. N., Anufah, T. N., Permatasari, H. I., Salsabila, A., Sofyana, S., & Hardiyanti, F. Y. (2023). Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), 60.https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i2.66865.

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8955.

Limanseto, H. (2022). Dukung UMKM Naik Kelas, Pemerintah Dorong Transformasi Ekonomi Berbasis Digital dan Tingkatkan Dukungan Pembiayaan. Ekon.Go. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3902/dukung-umkm-naik-kelas-pemerintahdorong transformasi-ekonomi-berbasis-digitaldan tingkatkan-dukungan-pembiayaan.

Lintang, N. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Umkm Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi. Jurnal Media Kom, XI(1), 1–11.

Nuraeni, W. (2021). Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Produksi Terhadap Laba. Unikom, 1– 23. http://elibrary.unikom.ac.id/.

Pratama, I., Suria, O., Chandra, A. Y., & Prasetyaningrum, P. T. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mendukung Perkembangan UMKM (Nyong Group). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 269–274. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.991.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi vIndustri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.

Suminto, A., Putra, A. M., Imari, I., Saddam, M., & Tri, A. (2023). Pendampingan Branding Improvement dan Digitalisasi Marketing Produk UMKM Berkah Alami “ Brangkal Ketela ” Desa Prayungan , Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 3, 104–120.

Wartika, I. M. B. L. P., Putra, A. A. P., Mahendra, Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing, Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 285–292. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2022). PROSIDING SINABIS 2022 SEMINAR NASIONAL BISNIS "Strategi Pengembangan dan Inovasi Usaha Melalui Program Pengabdian Masyarakat Pasca Pandemi Covid 19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Hidayati, N., & Nirawati, L. (2025). Pemberdayaan UMKM dalam Memperluas Pasar Melalui Digitalisasi Marketing di Kelurahan Bulak. Jurnal Sinabis, 1(2), 503–509. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/173

Issue

Section

Articles