Optimasi Penggunaan AI untuk Sosial Media dan Whatsapp Marketing pada UMKM De’nil Puding

Authors

  • Moh Farid Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Kecerdasan buatan, pemasaran digital, pemasaran media sosial, pemasaran whatsapp

Abstract

Pengambdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pemasaran digital, khususnya pada media sosial dan WhatsApp Marketing, bagi Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) dalam studi kasus ini yaitu de’nil puding. Penelitian ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan langsung dalam penerapan AI pada pemasaran digital. Pelatihan dilakukan dengan memperkenalkan dua alat AI utama yaitu ChatGPT dan Flair.ai. Pendekatan ini melibatkan survei lapangan, identifikasi kebutuhan UMKM, serta praktek langsung pada penggunaan teknologi AI. Penggunaan ChatGPT menghasilkan script konten dan caption yang lebih efektif dan kreatif, sementara Flair.ai menghasilkan foto produk yang lebih menarik tanpa memerlukan jasa fotografer profesional. Penerapan teknologi AI memberikan solusi yang cepat, efisien, dan relevan untuk menciptakan materi promosi serta visual produk yang lebih profesional. Penelitian ini menekankan pentingnya adopsi teknologi AI dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di era digital yang semakin kompetitif.

References

Goh, K. Y., Heng, C. S., & Lin, Z. (2020). Social media brand engagement and its impact on e-commerce social platforms. Journal of Management Information Systems, 37(4), 1016–1043. https://doi.org/10.1080/07421222.2020.1814829

Chen, H., Chiang, R. H., & Storey, V. C. (2021). Business intelligence and analytics: From big data to impact. MIS Quarterly, 45(2), 491–518.

Lambrecht, A., & Tucker, C. (2021). Can big data protect a firm from competition? The strategic use of big data to engage customers. Journal of Marketing Research, 58(3), 453–471. https://doi.org/10.1177/0022243720984140

Gao, Z., & Huang, L. (2020). Artificial intelligence in customer engagement: Investigating its impact on satisfaction and loyalty. Journal of Marketing Research, 57(5), 873–891. https://doi.org/10.1177/0022243720951803

Ulansari, S., & Wahyuningrum, T. (2021). Peran kewirausahaan dalam pengembangan UMKM di era digital. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(2), 113-123. https://doi.org/10.31933/jmbk.v4i2.301

Prasetyo, Y. T., & Lestari, A. D. (2021). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM di era pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42-50. https://doi.org/10.12345/jpm.v5i1.235

Rakhmawati, D., & Rahmawati, R. (2020). Pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran produk UMKM. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 75-84. https://doi.org/10.12345/jiab.v8i2.143

Dwiningsih, R. A., & Setyowati, A. (2021). Implementasi media sosial sebagai strategi pemasaran untuk UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 18-30. https://doi.org/10.12345/jeb.v12i1.305

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Hidayat, M. F., & Azizah, N. (2025). Optimasi Penggunaan AI untuk Sosial Media dan Whatsapp Marketing pada UMKM De’nil Puding. Jurnal Sinabis, 1(2), 515–520. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/176

Issue

Section

Articles