Strategi Pemasaran Berbasis Platform Sosial Media : Memanfaatkan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis UMKM Desa Gempol, Nganjuk

Authors

  • Rima Fauziyyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Media sosial, Pemasaran, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama empat bulan, mulai dari Maret 2024 hingga Juni 2024. Pengabdian  masyarakat ini  bertujuan  untuk  menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat serta menemukan solusi guna meningkatkan  kesejahteraan  mereka.  Percepatan  dan efektivitas program pembangunan dapat dinilai melalui peningkatan kualitas hidup masyarakat yang terlibat.  Selain itu, tujuan dari pengabdian masyarakat adalah untuk menghasilkan individu yang tangguh, mulia, unggul, dan memiliki jiwa wirausaha yang berkualitas tinggi. SDGs Desa bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Melalui pengabdian ini, UMKM di Desa Gempol diharapkan dapat lebih  memanfaatkan  teknologi,  termasuk penggunaan platform media sosial sebagai strategi pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

References

A nna, Ev a Itma. 2023. “Strategi Dalam Pemasaran Online Guna Meningkatkan Hasil Penjualan ( Studi Kasus Sambal Seruit Bu Lin Di Bandar Lampung ).

A lfina, S., & Habib, M. A lhada Fuadilah. (2023). Peran Pemasaran Media Sosial dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Ohpolaroid.Id Tulungagung. Innovative : Journal of Social Science Research, 3, 955–970.

A rumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92.

Dristyan, F., Mardalius, M., & Meri, M. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Toko Online untuk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 189-194.

Dew i, H. S. C. P., Prabayanti, H. R., Pembayun, N. S. R., & Erta, E. (2023). Pelatihan Social Media Marketing pada Pelaku UMKM di Desa Semanding. Lumbung Inov asi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 343-350..

Eri Werdani, R., Imani Kurniaw ati, N., Bhimo Sukoco, J., Windriya, A ., Iskandar, D., Pemasaran, M., Perkantoran, A., Perusahaan, A ., Publik, K., & Univ ersitas Diponegoro Jl ProfSoedharto, S. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media Training of Marketing Homemade Product Through Social Media 1). 4(1).

Fadhilah, D. A ., & Pratiw i, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Gina Shafira Nurimani. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 54–58. https://doi.org/10.29313/jrmk.v 2i1.1007

Haryanto, Totok dan A zizah, Siti Nur. 2021. Pengantar Praktis : Pemasaran Digital. purw okerto: UMP press.

Katrin, K., & Vanel, Z. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Digital Marketing Platform (Cashback) Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi A ntar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Mansyur, M. I. A l. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Industri UMKM Teh Maw ar di Desa Cluntang, Musuk, Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(7), 110–114. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/v iew /538/397

Mav ilinda, H. F., Nazaruddin, A ., Nofiaw aty, N., & Siregar, L. D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sri Commerce: Journal of Sriw ijaya Community Serv ices, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v 2i1.29

Melaw ati. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Media Sosial sebagai Bisnis Online. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Bisnis Online. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, Vol. 1, No, 57–62. Nainggolan, N. P., Utnasari

Nasihin, I., & A rimurti, T. (2022). Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa Sugih A nugrah. 6(1), 523–532. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Nasihin, I., & Dew i, S. K. (2021). Pengaruh Rasio Keuangan dan Good Corporate Gov ernance terhadap Basic Earning Pow er dengan Variabel Moderasi Pertumbuhan Ekonomi. E- Jurnal A kuntansi, 31(8), 2100. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v 31.i08.p17

Sasongko, D., Putri, I. R., A lfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & A llafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pengabdi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/panga bdhi.v 6i2.7809

Thahery, R., A ndariyani, I. M., & A ndry, A . (2023). Pemanfaatan Sosial Media Untuk Peningkatan Penjualan UMKM Pancake Durian di Jl. Kharuddin Nasution Gg. Ikhlas II Pekanbaru. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).

Utami, R. R., De Yusa, V., & Dew anda, S. (2023). Pendampingan Peningkatan Pemasaran UMKM BerbaSis Teknologi di Desa Banding Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(3), 92-99.

Wati, A . P., Martha, J. A ., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: jurnal pengabdian masyarakat, 4(2), 137-148

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Fauziyyah, R., & Hidayat, R. (2025). Strategi Pemasaran Berbasis Platform Sosial Media : Memanfaatkan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis UMKM Desa Gempol, Nganjuk. Jurnal Sinabis, 1(2), 528–533. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/178

Issue

Section

Articles