Gratisnya Sertifikasi Halal sebagai Upaya Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi di Desa Panglungan

Authors

  • Habib Ahmad Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Sertifikasi Halal, Pemberdayaan UMKM, Pertumbuhan Ekonomi Desa

Abstract

Program sertifikasi halal tanpa biaya yang diadakan oleh kelompok KKNT MBKM dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur berkolaborasi bersama Halal Center Universitas Airlangga di Desa Panglungan, Kabupaten Jombang, dirancang untuk mengatasi masalah yang alamai para UMKM dalam mendapatkan sertifikat halal, seperti kurangnya pengetahuan, keterbatasan akses, dan beban biaya yang tinggi. Dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi langkah-langkah yang meliputi penyuluhan, pendataan, seleksi, pembinaan, pendampingan proses, serta pemantauan dan penilaian sertifikasi halal. Hasilnya menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kapasitas dan kesadaran masyarakat, memperluas akses pemasaran, serta mengoptimalkan produk lokal agar bisa bersaing. Program yang di inisiasiasi ini bukan hanya memfasilitasi sertifikasi halal, tetapi juga memanfatkan potensi masyarakat Desa Panglungan melalui peningkatan kualitas produk dan praktik produksi halal yang baik, mendorong inovasi, dan menciptakan lapangan kerja baru. Diharapkan, program ini bisa menjadi panutan untuk desa-desa lain di Indonesia dalam memajukan ekonomi lokal berbasis standar kehalalan.

References

Al Huda, P. T. (2023). Dukungan BPRS pada Implementasijaminan Produk Halal. Islamic Economics and Finance in Focus, 573-587.

Anam, M. K., Alvianti, R., Zainuddin, M., Syakur, A., Khalik, J. A., Anam, C., & Sariati, N. P. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Produk UMKM di Desa Jerukwangi. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 728–732.

Asnuryati. (2023). Strategi pengembangan ekonomi berkelanjutan di desa: mendorong pemberdayaan komunitas dan kemandirian ekonomi lokal. Innovative: Journal Of Social Science Research , 2175–2183.

BPJH. (2023, Januari 3). Data Auditor Halal. Retrieved from https://bpjph.halal.go.id/: https://bpjph.halal.go.id/search/data_auditor

Camelia, I., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M., & Edy, S. (2024). Analisis Peran Sertifikasi Halal pada Bisnis UMKM Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1474-1484.

Chambers, R. (2014). PRA, PLA and Pluralism: Practice and Theory. In The SAGE Handbook of Action Research (IssueJuly). Institute of Development Studies at the University of Sussex Brighton.

Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia: history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68-78.

Indranata, C. J. (2022). Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 59-81.

Mashudi. (2015). Konstruksi Hukum dan Respons Masyarakat Terhadap Sertifikasi Halal: Studi Socio-Legal Terhadap Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, Dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mubarok, J. (2006). Hukum Islam: Konsep, Pembaruan dan Teori Penegakan. Bandung: Pustaka Setia.

Muhamad. (2020). Tantangan dan peluang penerapan kebijakan mandatory sertifikasi halal (Studi implementasi UU No. 33 Th. 2014 dan PP No. 31 Th. 2019). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1-26.

Nurhayati, T., & Hendar, H. (2019). Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention: Role of halal product awareness. Journal of Islamic Marketing, 10(4), 1465-1481.

Pelu, I. E., Kurniawan, R., & Akbar, W. (2020). Pariwisata syariah pengembangan wisata halal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Yogyakarta: K-Media.

Qardhawi, Y. (2003). Halal Haram dalam Islam. Cet. 3. Solo: Intermedia.

Ramli, N. S., Zawawi, M., & Kamaruddin, R. (2021). The impact of halal certification on business performance: A study on halal certified food manufacturers in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 12(8), 1463-1483.

Sayekti, N. W. (2019). Strategi pengembangan pariwisata halal di Indonesia. Kajian, Waras .

Setyaningsih, I. (2019). Perkembangan Topik Halal Dalam Penelitian (sebuah tinjauan literatur). 1st Conference on Industrial Engineering and Halal Industries (CIEHIS), 118–124.

Somadi. (2020). Bauran Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dan Kecil (Umk) Di Kabupaten Sukabumi. COMPETITIVE, 34-48.

Supeno, E. I. (2019). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Dan Penguatan Daya Saing Industri Halal Dalam Upaya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 76-94.

Umbara, B. D., & Supandi, A. F. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jember dalam Menghadapi Persaingan Pasar Nasional (Studi pada Peluang dan Tantangan). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI), 86-103.

Warto, & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking, 98-112.

Yulia, L. (2015). Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bimas Islam, 121–162.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Ahmad, H., & Nirawati, L. (2025). Gratisnya Sertifikasi Halal sebagai Upaya Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi di Desa Panglungan. Jurnal Sinabis, 1(2), 541–548. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/180

Issue

Section

Articles