Optimalisasi Layanan Online food delivery Sebagai Pendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Simokerto
Keywords:
Optimalisasi, Online Food Delivery, UMKMAbstract
Penelitian ini membahas optimalisasi layanan online food delivery sebagai alat pendukung bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kecamatan Simokerto. Dengan perkembangan teknologi digital dan meningkatnya minat konsumen terhadap layanan pemesanan makanan secara online Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah ini memiliki kesempatan untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Namun, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menghadapi tantangan dalam memanfaatkan layanan ini, termasuk keterbatasan pengetahuan tentang teknologi dan pemasaran digital. Melalui program magang yang dilakukan, penelitian ini mengidentifikasi strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tentang layanan online food delivery. Program ini mencakup pelatihan penggunaan platform digital, pengembangan strategi pemasaran yang efektif, serta cara meningkatkan kualitas layanan dan produk. Dengan pendekatan yang sistematis, diharapkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Simokerto dapat memanfaatkan layanan online food delivery secara optimal, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menggunakan teknologi, serta peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan layanan mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi layanan online food delivery dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Simokerto, serta memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal secara keseluruhan.
References
Adithia, S., Nobuoka, S., & Dewanti, V. R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Produksi Serta Pemasaran Digital UMKM Ayam Goyang Lidah Andalan. Journal of Servite, 5(1), 22. https://doi.org/10.37535/1020054120233
Amiroh, I., Rahayu, D. R., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Serta Pendampingan Manajemen Usaha Pada Umkm Angkringan Kms Di Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pemantik, 1(2), 154–168. https://doi.org/10.56587/pemantik.v1i2.50
Basir, B., Murua, M., Mugniyah, A. A., Aldini, A. T. Y., Muttaqin, A. H. Al, Rafiah, R., Hadi, A., Katli, K. U. A., & Hasim, S. N. (2023). Evaluasi Pembuatan Papan Wicara Larangan Merokok di Desa Sawakong. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.295
Irmawati, L., Putri, N., Pertiwi Hari Sandi, S., & Epty Hidayaty, D. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Dengan Tren Digitalisasi di Desa Kutopohaci Kabupaten Karawang. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(7), 632–639. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i7.226
Iswara, U. S., Palupi, D., & ... (2023). Implementasi Pemasaran Digital pada UMKM SWK Taman Bungkul: Implementation of Digital Marketing In Msmes SWK Taman Bungkul. JAMAS: Jurnal Abdi. https://jurnal.forindpress.com/index.php/jamas/article/view/61%0Ahttps://jurnal.forindpress.com/index.php/ja mas/article/download/61/66
Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8955
Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku Industri Rumahan di Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054–1063. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.429
May Riswati, B., Sukarno, G., Warmana, O., & Zawawi, Z. (2024). Pelatihan Penerapan Digital Marketing Melalui Media Sosial Instagram dan E-Commerce Pada UMKM Penjaringan Sari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 880–885. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2411
Meitasari, D. F., & Sinduwiatmo, K. (2024). Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan Online GoFood. CONVERSE: Journal Communication Science, 1, 89– 99. https://shorturl.at/1Qone
Mustika Yanti, E., Wirastri, D., Hamzar Lombok Timur, Stik., TGH Zainuddin Aryad Mamben Daya Wanasaba, J., & Timur, L. (2023). Indonesian Journal of Community Dedication. 5(October), 69–78.
Nofrizal, N., Lubis, N., & Hardi, H. (2022). Meningkatkan Kepuasan Konsumen Produk Makanan Di Aplikasi Gofood & Grabfood Melalui Kepercayaan Dantampilan Produk. Jurnal Daya Saing, 8(2), 277– 283. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i2.797
Nurjanah, Y. (2023). PKM Pendampingan UMKM Go Digital Pada UMKM Toko Abon Ikan Tongkol A&N dan UMKM Japlak Balandongan. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.1987
Of, A., Food, O., Implementation, D., Culinary, C., Income, B., Tampan, I. N., Penerapan, A., Food, O., Terhadap, D., Usaha, P., Masyarakat, K., & Kecamatan, D. I. (2024). Community Culinary Business Income in Tampan District. 6(1), 321–335.
Analisis Penerapan Online Food Delivery dan Pendapatan Usaha Kuliner Masyarakat di Kecamatan Tampan, Journal of Social and Economics Research (idm.or.id)
Piddiani, J., Aprilia, I., & Karlina, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Online Food Delivery Untuk Meningkatkan Penjualan. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(4), 71–80. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i4.143
Pratomo, A. H., Permadi, V. A., Agusdin, R. P., Tahalea, S. P., & Danu Prasetya, J. (2021). Pendampingan “Go Digital” Sebagai Pendukung Less Contact Economy Untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Umkm Desa Karangtengah, Imogiri, Kab. Bantul. 55–72.
Pendampingan “ Go Digital” Sebagai Pendukung Less Contact Economy untuk Peningkatan Produktivitas Usaha UMKM Desa Karangtengah, Imogiri, Kab. Bantul | Pratomo | Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (upnyk.ac.id)
Shinta Rifianing Prasetya, Rafi Athallah Rivai, Muhammad Bagus Yoga Hutama, Dimas Aditya Rama, & Dyan Fransiska Agata. (2023). Pemanfaatan Online Food Delivery (Shopee Food Dan Gofood) Dalam Pemasaran Dan Penjualan Produk UMKM Di Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(3), 24–33. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i3.180
Ulum, A. S. U., Moch. Bisyri Effendi, B., Larasati Ayu Sekarsari, L., Gaguk Suprianto, G., & Mellyza Silvy, M. (2023). Optimalisasi Bisnis Digital Guna Meningkatkan Produktifitas Dan Daya Saing Pada Umkm Dapur Mak Indra. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(01), 107–121.https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i01.a6681
Collison, J. (2020). The Impact of Online Food Delivery Services on Restaurant Sales. Department of Economics, Standford University, 1–41. https://web.stanford.edu/~leinav/teaching/Collison.pdf
Meylia, L. R., Faransyah, K. M., Nugrain, U. N., Widodo, A. T., & ... (2022). Penerapan Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM di Desa Setro. Kanigara, II(1), 209–215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadia Ayu Ningtyas, Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


