Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi dalam Pemanfaatan Platform Digital pada Pelaku Usaha UMKM di kelurahan Kalijudan
Keywords:
Digitalisasi, UMKM, Platform DigitalAbstract
UMKM di Indonesia memiliki potensi dan pengaruh yang besar bagi pendapatan di Indonesia maka dari itu UMKM harus dimanfaatkan dengan baik. Penggunaan dan pemanfaatan platform digital menjadi salah satu upaya kelurahan Kalijudan kecamatan Mulyorejo untuk meningkatkan jumlah konsumen dan juga dapat meningkatkan pendapatan desa dengan begitu dapat mensejahterakan masyarakat Kelurahan Kalijudan. Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi Dalam PemanfaatanPlatform Digital Pada Pelaku Usaha UMKM di Kelurahan Kalijudan saya dari kelompok KKN Universitas Pembangunan Nasional administrasi Bisnis sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa pada masyarakat bertujuan untuk memaksimalkan potensi UMKM agar dapat beradaptasi dan bersaing di pasar berbasis digital. Metode yang digunakan yaitu dengan metode pendekatan langsung terjun ke masyarakat, Implementasi, Pelatihan dan Pendampingan diharapkan dengan metode seperti itu pelaku usaha UMKM bias memahami dan mempraktekkan.Tahapan Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi dalam pemanfaatanplatform digitaldilakukansecara4tahap,tahap pertama pemberian materi digitalisasi, tahapan kedua pembuatan logo UMKM melalui canva, tahap ketiga pelatihan penggunaan aplikasi Canva, dan tahap terakhir pelatihan pengambilan ambil video dan penggunaan aplikasi Capcut untuk mengedit video produk. Dengan adanya pelaksanaan dan pendampingan digitalisasi dalam pemanfaatan platform digital diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dikelurahan Kalijudan.
References
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Aras Prabowo, M., Robin, M., Rohman, F., Permana, G., Tamam Qomaruddin, M., & Rahma, D. (n.d.). Peran Pengabdian Masyarakat dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). In Jakarta, Indonesia (Vol. 4).
Budiwitjaksono, G. S., Putri, R. A., Anindiyadewi, N. C., Pamuji, A. S. A., & Anggrainy, N. P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 615–624. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.367
Ramadhany, E. D., Arief, M. H., Nugroho, D. M., & Laily, N. F. (2023a). Digitalisasi Umkm Melalui Penggunaan Media Sosial Dan Google Maps Untuk Meningkatkan Visibilitas dan Efektifitas Penyebaran Informasi Bisnis. SWARNA: Jurnal PengabdianKepada Masyarakat, 2(9), 969–974. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.875
Ramadhany, E. D., Arief, M. H., Nugroho, D. M., & Laily, N. F. (2023b). Digitalisasi Umkm Melalui Penggunaan Media Sosial dan Google Maps Untuk Meningkatkan Visibilitas dan Efektifitas Penyebaran Informasi Bisnis. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 969–974. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.875
Riyanto, S., Nur, M., Azis, L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, Issue1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdi mas
Sendi, M., Carolin, I. G., Ramadani, R., Fahri, M., & Wardana, E. D. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi dalam Pemanfaatan Platform Digital pada Pelaku Usaha UMKM di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara , 3(2.1 Desember), 878-882.
Budiwitjaksono, G. S., Putri, R. A., Anindiyadewi, N. C., & Anggrainy, N. P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi:Jurna lPengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 615-624.
Rahmawati, R. R. S. (2023). Digitalisasi pembukuan keuangan pada UMKM di Bantul Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4055-4060.
Zai, S. N. P., Sutipa, E., Eko, Z. A., & Sukmajati, A. (2021). Pelatihan platform digital bisnis dan aplikasi keuangan pada UMKM jaringan muda Wonosari–Delanggu di masa pandemi COVID-19. Budimas:Jurnal PengabdianMasyarakat , 3(2), 303-308.
Mulyono, I. U. W., Susanto, A., Widyatmoko, K., & Ningrum, N. K. (2023). Digitalisasi Pelayanan Publik dan Digital Marketing Produk UMKM Desa Karangpakel, Kec. Trucuk, Kab. Klaten. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer (JNPMIK), 2(1), 25-33.
Utomo, S. B., Suprihhadi, H., & Dewi, M. A. (2022). Pelatihan Pengembangan Paguyuban UMKM Bertransformasi Menjadi Digitalisasi Koperasi Produsen di Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat(ABDIRA), 2(1), 298-304.
Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. Jurnal Signal, 11(1), 104-119.
Amiroh, I., Rahayu, D. R., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Serta Pendampingan Manajemen Usaha Pada Umkm Angkringan Kms Di Tumpang Kabupaten Malang. JurnalPemantik, 1(2),154-168.
Tarigan, M. I. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dalam rangka Digitalisasi UMKM, Sumatera Utara. Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(3), 156-160.
Abed, M. Y., Maulidah, F., Madina, N. I., Fitriyah, R. H., Fikri, A., Syafitri, N. A., ... & Budiwitjaksono, G. S. (2022). Pelatihan Kewirausahan Berbasis Digital Marketing Pada Umkm Di Kecamatan Lakarsantri: Praktik Kuliah Kerja Nyata. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Patikala , 1(4), 325-331.
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Daud, I. (2021). Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pengembangan “Digital Entrepreneurship” Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kerinjing Ogan Ilir Sumatera Selatan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 5(1), 627-635.
Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126.
Widyawati, N., Marzuki, S., Kristiawati, I., Arisanti, D., Cahyani, K. G., & Nisa, K. (2022). Pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Pelatihan Digitalisasi Marketing Sebagai Peningkatan Omset UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara , 3(2), 701-705.
Jatmiko, I. W., Irwansyah, F., Raytasyah, Z. I., Husein, M. A., & Wikartika, I. (2022). Pendampingan Penerapan Digital Marke-ting dalam Upaya Mengembangkan Umkm Wong Hayyu Craft Di Kelurahan Kauman BLITAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azarine Tahniah Setiawan, Acep Samsudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


