Upaya Digitalisasi Pemasaran UMKM Melalui Platform E-Peken dan Google Business Profile di Kelurahan Gayungan Surabaya

Authors

  • Hadaana Sabiila Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi pemasaran, e-Peken, Google Business Profile

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 4 (empat) bulan dimulai dari bulan Maret hingga Juni 2023. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM di Kelurahan Gayungan, Surabaya dalam memanfaatkan platform digital e-commerce e- Peken dan Google Business Profile untuk pemasaran produk. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam menggunakan platform digital e-Peken dan Google Business Profile, sehingga diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing UMKM.

References

Akbhari, I., & Prathama, A. (2023). Inovasi Aplikasi E-Peken : Optimalisasi Potensi UMKM Kota Surabaya. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 396–409.

Alysia, V. (2021). Kajian Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui E-Peken dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 10–18. https://doi.org/10.55606/jebaku.v1i2.117

Chaffey, D. (2015). Digital business and e- commerce management: Strategy, implementation and practice. Pearson Education.

Damar Gaza Lazuard, N., Zawawi, Z., & Warmana, G. O. (2024). Pemberdayaan

UMKM Rusun Penjaringan Sari Melalui Pendampingan Pemanfaatan E-PEKEN Guna Bersaing Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 886–891. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2412

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan

Perdagangan Kota Surabaya. (2022). Company Profile Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya.

Hayati, dkk. (2024). Perencanaan dan Pengembangan Bisnis UMKM Menuju Era Digital Melalui Platform E-Peken di Kota Surabaya. Jurnal Istiqomah.

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen

Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Masmira Dwijayanti, I., & Prabowo, B. (2023). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Keputran Kejambon Ii Melalui Web E-Peken Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287–294. https://jurnalfkip.samawa- university.ac.id/karya_jpm/index

MAULA, J. A. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Google Business Pada UMKM Kelurahan Kertajaya. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 442–447. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i1.500

Moz. (2023). The beginner's guide to SEO. Ni Komang Sri Yuliastini, Ni Luh Putu Cahayani, Ni Putu Yuniarika Parwati, & Luh De Liska. (2021). Digital Marketing “Google Bisnisku” Pada Umkm Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2 i1.1593

Patria, R. (2021). Website Gratis Google Bisnisku Untuk Bisnis Baru. Domainesia. https://www.domainesia.com/berita/websi te-gratis-google-bisnisku/.

Prasetyo, D. D., Ulya, F., & Mustaqim. (2020). Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era E-commerce & Media Sosial. Concept, 2(1), 19-27.

SHELEMO, A. A. (2023). Komunikasi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kcil Menengah (Umkm) Pada Aplikasi E-Peken Di Surabaya. Commercium, 13(1), 104–116.

Simamora dkk. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Daya Saing Pelaku UMKM Kripik Singkong di Kecamatan Kebon Bawang, Jakarta Utara. Journal For Business and Entrepreneurship, 4(2).

Solomon, M. R. (2017). Consumer behavior: Buying, having, and being. Pearson Education Limited.

Syahnaz, E. (2023). Optimalisasi Google My Business Sebagai Strategi. 5(1), 25–30.

Trusov, M., Bucklin, R. E., & Pauwels, K. (2009). Effects of word-of-mouth versus traditional marketing: Findings from an internet social networking site. Journal of marketing, 73(5), 90-102.

Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus : UMKM Gresik , Jawa Timur

) Universitas Esa Unggul. Ikraith- Abdimas, 5(1), 146–157. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UE

U-Journal-23413-11_2333.pdf

Zahra, I. P., Khoirunisa, Minarti, A., Silfiani, E., Yustia, H., & Alfarisi, U. (2021). Pendampingan Dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Toko Kuenak Di Ciputat Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Sabiila, H., & Prabowo, B. (2025). Upaya Digitalisasi Pemasaran UMKM Melalui Platform E-Peken dan Google Business Profile di Kelurahan Gayungan Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(2), 610–617. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/190

Issue

Section

Articles