Pelatihan Pengelolaan SDM di Era Digital pada UMKM Kelurahan Kalisari
Keywords:
UMKM, Strategi Bisnis, SDMAbstract
Pelatihan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di era digital untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam mendorong ekonomi global, berkontribusi terhadap produk domestik bruto, dan menciptakan lapangan kerja. Di Indonesia, UMKM menunjukkan pertumbuhan yang signifikan serta ketahanan dalam menghadapi krisis ekonomi. Namun, kemajuan teknologi informasi dan digital membawa tantangan adaptasi bagi UMKM, terutama dalam konteks Industry 4.0 dan Society 5.0. Di sisi lain, perubahan ini juga membuka peluang bagi UMKM untuk merombak strategi bisnis dan memanfaatkan teknologi demi mencapai keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang inovasi dan transformasi digital sangat penting untuk memastikan keberlanjutan usaha di pasar global.
References
Diansyah, R., Syahril, Aryanto, Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan UMKM Melalui Pelatihan Blog. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. (2017). Perubahan Rencana Strategis Tahun 2016-2021. Jember: Pemerintah Kabupaten Jember.
Lin, C. Y.-Y. (1998). Success Factors of Small- and Medium- Sized Enterprises in Taiwan An Analysis of Cases. Jour nal of Small Business Management, XXXVI, 43-56.
Lubis, T. A., & Junaidi. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 163-174.
Nurfriani, V., Paramu, H., & Utami, E. S. (2014). Analisis Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dengan dan Tanpa Pinjaman Di Kabupaten Jember. Jember, Jawa Timur, Indonesia.
Gustiawati, R., Irawan, A. S. Y., & Fahrudin, F. (2021). Workshop dan Pendampingan Evaluasi Belajar Berbasis Digital Kahoot Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Olahraga Singaperbangsa, 1(02), 43-49.
Syarizka, D. (2018, February 28). bisnis.com. Diambil kembali dari ekonomi.bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20180228/12/744047/ pemerintah-targetkan-6 jutaumkm-go-digital-tahun-ini
Mogi, A., Lativa, Eliyani, C., Rahayu, K. P., & Sulistiyani, S. (2022). Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Business dengan E- commerce Kepada ibu-ibu PKK Pelaku UMKM RT 001 RW 021 Kelurahan Parigi Lama. Jurnal Abdi Masyarakat humanis, 3(3).
Mulia, F dan Sulungbudi, B. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Pada UMKM (Studi Penggunaan Internet Pada Ppkm Kabupaten Bandung. Journal of Accounting and Business Studies. Vol. 4, No. 2, September 2019.
Rahayu, K. P., Mogi, A., & Eliyani, C. (2023). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Bagi Ibu-Ibu PKK Kelurahan Pondok Pucung Untuk Menjadi Keluarga Mandiri Dan Sejahtera. Rural Development for Economic Resilience (RUDENCE), 2(3), 35-40.
Shobaruddin, M. 2020. Strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang melalui literasi informasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 8, No. 2 (Desember 2020) 151-170 ISSN 2303-2677 (Print) ISSN 2540-9239 (Online).
Shobaruddin, M. 2020. Strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang melalui literasi informasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 8, No. 2 (Desember 2020) 151-170 ISSN 2303-2677 (Print) ISSN 2540-9239 (Online).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar- Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Isabella, A. A., & Sanjaya, P. N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan ‘Pengelolaan Keuangan Bisnis Online Shop Era Digital.’. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15-21. https://doi.org/10.57084/andasih.v2i1.606
Longenecker, Justin G, et al. 2000. Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Dyatmika, T., Bakhri, S., & Kamal, M. R. (2021). Hoax dan Literasi Media Internet di Era Covid-19. Sangkep, 4(1), 64–93. https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i2.p-ISSN
Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis https://doi.org/10.5281/ZENODO.4575272
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46
Mikke Setiawati, & Makkuraga Putra, A. (2021). Pola Komunikasi Komunitas di Media Sosial Dalam Menciptakan Minat Entepreneur. Communications, 3(1), 43–57.https://doi.org/10.21009/communications.4.1.3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarah Putri Nadin, Jojok Dwiridoatjahjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


