Pelatihan SDM di Era Digital dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial pada UMKM di Kecamatan Candi
Keywords:
Pelatihan Sumber Daya Manusia, Media Sosial, Strategi Pemasaran, UMKMAbstract
Di era.pemasaran.digital, media.sosial menjadi semakin penting sebagai.platform.pemasaran, khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).Untuk menyukseskan bisnis melalui media sosial, perlu dikembangkan SDM yang mampu memenuhi kebutuhan.era. digital. Penelitian ini membahas tentang pentingnya pengembangan. Sumber. Daya.manusia dalam pengembangan. sektor UMKM melalui pemasaran digital khususnya media.sosial. Fokus.penelitian.ini adalah.untuk mengidentifikasi pengetahuan.dan.keterampilan.yang. dibutuhkan.UMKM untuk menggunakan.media.sosial.sebagai alat.pemasaran.yang.efektif. Dengan.strategi.pengembangan talenta yang.tepat, UMKM.dapat.memperoleh berbagai manfaat.seperti.peningkatan.kreativitas, kemampuan beradaptasi terhadap.perubahan.tren, dan daya saing di.era pemasaran.digital. Pelatihan profesional dan.akses.terhadap informasi.dan.sumber.daya terkini merupakan.strategi pengembangan talenta utama guna memajukan sektor UMKM di era digital.
References
Atmojo, M. E., & Hamdi, R. A. L. (2021). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Pengelolaan Media Sosial pada Sektor UMKM. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam PemberdayaanUsaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurn
, Era, N. (2021). Digital Marketing Calendar untuk Bisnis Kuliner:Pendampingan Sosial Media Instagram@ Ini Dapur Makwaw Untuk Keberlangsungan di Era New Normal. Sejarah, 3(2).
Firmansyah, D., Saepuloh, D., Dede. (2022), Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital. JFBD (Journal of Finance and Business Digital), vol.1 No. 3, 237-250
Gunarso, D., Natanael, F., Limanuel, F., Enrico, I. J., Ginting, M. L., Valentino, T., & Maliki, L. (2021). Digital Marketing Calendar untuk Bisnis Kuliner: Pendampingan Sosial Media Instagram Ini Dapur Makwaw Untuk Keberlangsungan di Era New Normal. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 3(2).
Huda, N., Baso, B., Aziz, S., Korbaffo, Y., & Manane, D. (2023). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Arsyta Bakery Melalui Pelatihan Social Media Marketing. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 181-188. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i2.
Indainanto, Y. I. (2021). Masa Depan Media Massa di Era Digital.Jurnal Ilmiah Muqoddimah:Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 5(1), 24–37.
Junita, A., Hasbulla, I. I. K., & Azhmy, M. F. (2020). Survei Pasar Online: Strategi Riset Pasar Untuk Mengembangkan Usaha Mikro Wanita Di Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,26(4), 205–214
Kotler, Philip dan Amstrong (dalam Priansa). (2017). Manajemen Pemasaran Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Erlangga.
Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter Diera Disrupsi. GuruTua:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,5(2),21–30.
Lutfihyanto, W. A., Sendow, G. M., & Samadi, R. L. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Individu di Organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado.Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 9–21.
Nabilah, L. D., & Andarini, S. (2023). Penyuluhan Tentang Pentingnya Inovasi dan Kemasan dalam Penerapan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 pada UMKM di Desa Ngepo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi,2(3), 67-77.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119– 130.
Ningsih, F. W., & Dyatmika, T. (2021). Pengembangan Potensi Sumber Daya Manusia Melalui Teknologi Komunikasi Media Sosial di Era Milenial Desa Kampil. JPKMI(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 313–320.
Prakosa,A.,Farhan,F.,Nurrohman,A.,Daroini,M.,Kurniasari,R.,Suwarni,E.,&Wardani, T. (2023). Penerapan Sosial Media Marketing di Era Marketing 5.0 sebagai Solusi Pemasaran pada Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Joong-Ki: JurnalPengabdian Masyarakat, 2 (2), 187–193.
Purnama, Y. H., Fathihani, & Purwanto, S. (2023). Peran Pelatihan Dalam Peningkatkan Kualitas Sdm Dan Pengembangan Karir Di Pulau Tidung. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(3), 16–23 https://doi.org/10.58290/jupemas.v2i3.146
Robith, A., Sobari, H., & Setiawan, W. B. (2023). Pelatihan Pemasaran Melalui Digital Marketing Di Desa Manggungjaya Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(2), 12–15. https://jurnalcahayapatriot.org/index.php/jupemas/article/view/111
Subroto, V. K., Kusumajaya, R. A., Yunianto, I., & Endaryati, E. (2021). Peran social media dalam guerilla marketing pada era digital marketing. Seminar Nasional Teknologi DanMultidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1), 21–25.
Usapinae, U., Huda, N., Aziz, S., Korbaffo, Y. A., Naben, F. M. W., & Sindi, G. B. (2023). Pengembangan Kelompok Usaha Usapinae di Desa Sainoni Kecamatan Bikomi Utara Kabupaten TTU. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(3), 44 53–58. https://jurnalcahayapatriot.org/index.php/jupemas/article/view/158
Zam, E. M. (2022). Efektivitas Coaching Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Secara Dalam Jaringan (Daring) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 3(3), 131–140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Davina Ayu Fakhriyyah, Budi Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


