Pengenalan Pemasaran Digital Melalui Media Berbasis Online Guna Meningkatkan Penjualan Produk UMKM
Keywords:
pemasaran digital, media online, UMKM, penjualanAbstract
Kegiatan pengabdian ini membahas mengenai pengenalan digitalisasi pemasaran produk UMKM melalui media berbasis online ecommerce dan media sosial. Tujuan dari kegiatan yaitu memberikan pengenalan dan pemahaman pemasaran digital terhadap pelaku UMKM. Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktik langsung untuk menjelaskan pentingnya digitalisasi pemasaran serta platform e-commerce dan media sosial. Hasil dari kegiatan ini diantaranya pembuatan akun shopee seller dan whatsapp, mengupload produk pada shopee, sehingga dapat meningkatkan pemahaman UMKM dalam memanfaatkan platform e-commerce Shopee dan media sosial Whatsapp untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, pun pelaku UMKM memiliki kesiapan untuk menjual produk secara digital dan lebih luas.
References
Bachrul Ulum, Mohammad Hasib, Andreas Andrie Djatmiko, Dwi Agustina Rahayu, & Pangki Suseno. (2023). Pendampingan UMKM dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran Produk pada Media Sosial dan Platform E- Commerce. JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(4), 623–634. https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i4.205
Budi Setyanta, D. (2023). Pengembangan Usaha Bidang Kuliner Angkringan Untuk Mendukung Ekonomi Kreatif Di Kemantren Tegal Rejo Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat E,1(2), 8–15. https://jurnal.adai.or.id/index.php/comsep/articl e/view/282
Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458
Ghozi, M. N., Purwasih, R., Musyafaah, S., & R, M. S. (2024). Pendampingan UMKM Dalam Meningkankan Penjualan. MELAYANI Jurnal Kepada Masyarakat, 1, 46–50. https://jurnal.sitasi.id/melayani/article/downloa d/62/58
Hariyana, N., & Warmana, G. O. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM di Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 22–27. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/796
Lesmanah, U., Melfazen, O., & Yazirin, C. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. I-Com: Indonesian Community Journal,3(4), 1719–1725. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3338
Lestari Sri, Yulmaini, Kurniawan Rio, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Website dan Marketplace Sebagai Pusat Informasi Profil UMKM. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1–23. https://www.bajangjournal.com/index.php/J- ABDI/article/view/497
Maryati, T., Rimiyati, H., & Jannah, N. F. (2020). Pendampingan Pengabdian Masyarakat Ukm Tempe. WEBINAR ABDIMAS 3 - 2020: Inovasi, 2013, 68–75. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetitio n/article/view/25/26
Mauliza, B. N., & Sulistyawati, E. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19. Opinia de Journal, 1, 108-127. https://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/view/12%0Ahttps://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/downloa d/12/12
Merlina, N., Mazia, I., Zuniarti, I., Fakhira, I. Z., & Hutagalung, J. A.. (2023). Pendampingan Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 30(2), 71–76. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i2.159
Nurfajri, Hamid A., & Chalil, R. D.. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 111–123. https://doi.org/10.32505/jim.v3i2.3479
Panjalu, J. F., Muslikhah, R. S., & Utami, T. L. W. (2024). Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(1), 69–79. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109
Purwati, R., & Latifah, L. (2022). Pendampingan UMKM Melalui Pemanfaatan Digital Marketing di Desa pamijahan. Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian …, 1(2), 79–83. https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/Ini siatif/article/view/94
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Safira, S. N., & Fauziah, S. (2023). Optimalisasi Desa Wisata Melalui Festival Wisata Kuliner Di Desa Kedungpari Jombang. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.837
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7
Sheily Novitasari, S. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Kepada Pelaku Umkm Upaya Untuk Meningkatkan Efisiensi Penjualan UMKM Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Jombang. JPBMI : Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 13(1), 104–116. https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jpb mi/article/view/182
Solikin, A., Pratama, R. H., & Mabrur, A. (2021). Pendampingan Strategi Bisnis, Pemasaran Daring, dan Pelaporan Keuangan Pada Rintisan UMKM. Pengmasku, 1(2), 52–59. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v1i2.93
Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159–164. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282
Wahyuni, N. S., Helmi, T. A., Pinem, M. N., Wasesa, S., Rahayu, S., Hartati, S., Fachryana, F. A., & Pranata, D.. (2022). Opimalisasi Peningkatan Penjualan Melalui Pendampingan Pemasaran Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Binaan Puspa Binjai. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 42–48. https://doi.org/10.47065/jpm.v3i2.694
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mia Dwi Risandi, Yanda Bara Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


