Pengenalan Pemasaran Digital Melalui Media Berbasis Online Guna Meningkatkan Penjualan Produk UMKM

Authors

  • Mia Dwi Risandi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yanda Bara Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

pemasaran digital, media online, UMKM, penjualan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini membahas mengenai pengenalan digitalisasi pemasaran produk UMKM melalui media berbasis online ecommerce dan media sosial. Tujuan dari kegiatan yaitu memberikan pengenalan dan pemahaman pemasaran digital terhadap pelaku UMKM.  Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktik langsung untuk menjelaskan pentingnya digitalisasi pemasaran serta platform e-commerce dan media sosial. Hasil dari  kegiatan ini diantaranya pembuatan akun shopee seller dan whatsapp, mengupload produk pada shopee, sehingga dapat meningkatkan pemahaman UMKM dalam memanfaatkan platform e-commerce Shopee dan media sosial Whatsapp untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, pun pelaku UMKM memiliki kesiapan untuk menjual produk secara digital dan lebih luas.

References

Bachrul Ulum, Mohammad Hasib, Andreas Andrie Djatmiko, Dwi Agustina Rahayu, & Pangki Suseno. (2023). Pendampingan UMKM dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran Produk pada Media Sosial dan Platform E- Commerce. JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(4), 623–634. https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i4.205

Budi Setyanta, D. (2023). Pengembangan Usaha Bidang Kuliner Angkringan Untuk Mendukung Ekonomi Kreatif Di Kemantren Tegal Rejo Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat E,1(2), 8–15. https://jurnal.adai.or.id/index.php/comsep/articl e/view/282

Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458

Ghozi, M. N., Purwasih, R., Musyafaah, S., & R, M. S. (2024). Pendampingan UMKM Dalam Meningkankan Penjualan. MELAYANI Jurnal Kepada Masyarakat, 1, 46–50. https://jurnal.sitasi.id/melayani/article/downloa d/62/58

Hariyana, N., & Warmana, G. O. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM di Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 22–27. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/796

Lesmanah, U., Melfazen, O., & Yazirin, C. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. I-Com: Indonesian Community Journal,3(4), 1719–1725. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3338

Lestari Sri, Yulmaini, Kurniawan Rio, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Website dan Marketplace Sebagai Pusat Informasi Profil UMKM. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1–23. https://www.bajangjournal.com/index.php/J- ABDI/article/view/497

Maryati, T., Rimiyati, H., & Jannah, N. F. (2020). Pendampingan Pengabdian Masyarakat Ukm Tempe. WEBINAR ABDIMAS 3 - 2020: Inovasi, 2013, 68–75. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetitio n/article/view/25/26

Mauliza, B. N., & Sulistyawati, E. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19. Opinia de Journal, 1, 108-127. https://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/view/12%0Ahttps://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/downloa d/12/12

Merlina, N., Mazia, I., Zuniarti, I., Fakhira, I. Z., & Hutagalung, J. A.. (2023). Pendampingan Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 30(2), 71–76. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i2.159

Nurfajri, Hamid A., & Chalil, R. D.. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 111–123. https://doi.org/10.32505/jim.v3i2.3479

Panjalu, J. F., Muslikhah, R. S., & Utami, T. L. W. (2024). Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(1), 69–79. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109

Purwati, R., & Latifah, L. (2022). Pendampingan UMKM Melalui Pemanfaatan Digital Marketing di Desa pamijahan. Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian …, 1(2), 79–83. https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/Ini siatif/article/view/94

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Safira, S. N., & Fauziah, S. (2023). Optimalisasi Desa Wisata Melalui Festival Wisata Kuliner Di Desa Kedungpari Jombang. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.837

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7

Sheily Novitasari, S. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Kepada Pelaku Umkm Upaya Untuk Meningkatkan Efisiensi Penjualan UMKM Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Jombang. JPBMI : Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 13(1), 104–116. https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jpb mi/article/view/182

Solikin, A., Pratama, R. H., & Mabrur, A. (2021). Pendampingan Strategi Bisnis, Pemasaran Daring, dan Pelaporan Keuangan Pada Rintisan UMKM. Pengmasku, 1(2), 52–59. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v1i2.93

Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159–164. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282

Wahyuni, N. S., Helmi, T. A., Pinem, M. N., Wasesa, S., Rahayu, S., Hartati, S., Fachryana, F. A., & Pranata, D.. (2022). Opimalisasi Peningkatan Penjualan Melalui Pendampingan Pemasaran Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Binaan Puspa Binjai. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 42–48. https://doi.org/10.47065/jpm.v3i2.694

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Risandi, M. D., & Kusuma, Y. B. (2025). Pengenalan Pemasaran Digital Melalui Media Berbasis Online Guna Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Sinabis, 1(3), 690–696. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/201

Issue

Section

Articles