Optimalisasi Live Streaming Tiktok Sebagai Strategi Pemasaran UMKM (Studi Kasus Pada Sop Buah Irine)

Authors

  • Shaffanisa Aulia Dzikri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Strategi Pemasaran, Tiktok Live, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program digitalisasi UMKM melalui pembuatan QRIS dan pendaftaran Google Maps di Desa Kemiri, Kabupaten Sidoarjo. Digitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan daya saing UMKM dengan memanfaatkan pembayaran non-tunai dan visibilitas online. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, survei, wawancara, penyusunan program, implementasi, dan evaluasi. Program ini berhasil membuat QRIS dan mendaftarkan UMKM di Google Maps, namun menghadapi kendala seperti kurangnya pemahaman teknologi oleh pelaku UMKM. Kesimpulannya, digitalisasi UMKM memberikan dampak positif, namun diperlukan edukasi lebih lanjut untuk mengatasi hambatan yang ada, guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Desa Kemiri.

References

Amanda, A., & Ridho, W. F. (2023). Peran Aji, G., Fatimah, S., Minan, F., & ... (2022). Analisis Digital Marketing Tiktok Live sebagai Strategi Memasarkan produk UMKM Anjab Store. … Dan Pemasaran Digital, 2(1): 13–24.

Al Faridzie, M. R. R., & Pradana, M. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada E-Commerce Elevenia Website Quality Analysis Using Webqual Method on Elevenia E-Commerce. E-Proceeding of Management, 8(5): 5627–5634.

Annur, C. . (2022). Plaform Belanja Online Lewat Siaran Langsung Paling Banyak Digunakan. https://databoks.katadata.co.id/teknolog i- telekomunikasi/statistik/1495a09cd46b53b/survei-jakpat-shopee-rajai-penggunaan-live-shopping-di-indonesia. Diakses pada tanggal 05Oktober 2024

Kadarisman, N. A., & Ekawati, R. (2024). Optimalisasi media sosial tiktok live sebagai media komunikasi persuasif pada fashion untuk menghasilkan omzet sesuai target (studi kasus pada Oemah Gamis). Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1):94-111.

Mausul, C. D., & Ma’mun, M. S. (2024). Pengaruh Live Streaming Tiktok Shop (Studi Minat Pembelian Pengguna Live Streaming di Akun Media Sosial TikTok @imazanhijab). Karimah Tauhid, 3(2): 2391–2400.

Nilawardhani, F. D., Suharto, B., Pengembangan, M., Daya, S., Pascasarjana, S., Airlangga, U., & Surabaya, K. (2024). Strategi Pemasaran Langsung Melalui Live Streaming di Platform Shopee. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1): 432–443.

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2): 119–129.

Ramadhan, I. H., Priatama, R., Akalili, A., Kulau, F., & Zhuaida, -Az. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1):49–60.

Sarah, & Sobari, N. (2022). the Effect of Live Streaming on Purchase Intention of E- Commerce Customers. International Conference on Family Business and Entrepreneurship, 9(2): 282–290.

Sari, A. A. P., & Habib, M. A. F. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,9(1): 41–58.

Syana, A. B. (2021). Potensi Live Streaming dalam Ekosistem Ekonomi Digital Indonesia. https://www.marketeers.com/potensi- tren-live-streaming-dalam-ekosistem- ekonomi-digital-indonesia/. Diakses pada tanggal 05 Oktober 2024

Yanti, I., Tasnim, N., & Febrianti Aulia, R. (2023). Analisis Perkembangan E- Business Dalam Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 01(02): 185–189.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Dzikri, S. A. (2025). Optimalisasi Live Streaming Tiktok Sebagai Strategi Pemasaran UMKM (Studi Kasus Pada Sop Buah Irine). Jurnal Sinabis, 1(3), 713–719. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/204

Issue

Section

Articles