Implementasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sosialisasi Pemasaran Digital Pada UMKM Di Desa Jambuwok

Authors

  • Dayyan Ramadhan Santoso Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Nomor Induk Berusaha, Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)adalah sebuah bentuk usaha skala kecil pada lingkup masyarakat. UMKM memiliki peranan penting dalam perdagangan untuk mendukung perekonomian negara. Dalam hal ini, tujuan pengabdian adalah untuk membantu para pelaku UMKM di Desa Jambuwok mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) terhadap UMKM pedesaan dan menemukan berbagai hambatan dan peluang yang ada serta memberikan informasi mengenai pemasaran digital. Selama survey pendampingan 29-30 Juli 2024 telah terdapat 21 UMKM yang telah terdaftar Nomor Induk Berusaha (NIB). Program ini memberikan informasi kepada masyarakat Desa Jambuwok akan pentingnya legalitas usaha dan memberikan keterampilan dan pengetahuan baru tentang pemasaran digital kepada peserta, meskipun mereka menghadapi beberapa tantangan seperti kurangnya pemahaman teknologi dan keterbatasan akses internet.

References

Asep Hamzah (2022). Strategi Pengembangan UMKM Desa Cibingbin Menuju Entrepreneurs Village Berbasis Sumber Daya Alam. Jurnal Pengabdian Dinamika Volume 9 Nomor 2.

Dina, L., Keke, T.F., Dhaifina, I.A.N., & Bun, N. (2023). Studi Kelayakan Bisnis (Teknik Menganalisis Rencana Kelayakan Bisnis). Pekalongan: NEM.https://www.google.co.id/books/edition/Studi_Kelayakan_Bisnis/9BbAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=nib+berfungsi+untuk&pg=PA162&printsec=fron tcover.

Rini, N.W. M., Rosyanti, D.M., Evanthi, A., Anam, K., Rafli, M.,& Sari, A.E.N. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Web Online Single Submission (OSS) untuk UMKM di Kelurahan Tlumpu. Literasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2.

Sutendi, N. L. (2018). Analisis Implementasi Perizinan Berbasis Online OSS (Online Single Submission) Bagi Penanaman Modal di Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/337864291_Analisis_Implementasi_Perizinan_Berbasis_Online_OSS_Online_Single_Submission_Bagi_Penanaman_Modal_Di_Indonesia.

Suyadi, Syahdanur, S. S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Infoskop, 1(Upaya pengembangan umkm), 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/ view/12249/6227

Veronica, M., & Indah, R. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pembuatan Izin Usaha serta Penyuluhan Pemasaran Digital UMKM di Kelurahan Ngipik. Jurnal Bisnis Indonesia. http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/4591.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Santoso, D. R., & Hidayat, R. (2025). Implementasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sosialisasi Pemasaran Digital Pada UMKM Di Desa Jambuwok. Jurnal Sinabis, 1(3), 668–674. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/207

Issue

Section

Articles