Peran Pelatihan Digital Marketing dan Legalitas Usaha dalam Meningkatkan Citra Merek UMKM Desa Gondek, Jombang

Authors

  • Hanesya Putri Anjani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Citra Merek, Digital Marketing, UMKM, Legalitas Usaha

Abstract

Di era persaingan bisnis yang begitu ketat, UMKM (Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah) menghadapi berbagai tantangan dan persoalan bisnis yang krusial. Digitalisasi merupakan salah satu tantangan sekaligus peluang bagi UMKM untuk dapat bertahan di zaman modern yang ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi. Digitalisasi mengubah hampir seluruh proses bisnis sehingga menciptakan dinamika baru dalam persaingan pasar yang mendorong suatu usaha agar beradaptasi dengan cepat dan tanggap. Pemasaran digital atau digital marketing menjadi strategi efektif yang harus diperhitungkan oleh pelaku bisnis khususnya UMKM dalam menghadapi perubahan proses bisnis. Melalui digital marketing, suatu bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan efektif dengan memanfaatkan media sosial atau platform online lainnya sehingga bisnis tersebut dapat membangun dan mengelola citra merek dan reputasi yang baik di pandangan calon pelanggan. Untuk membangun citra merek yang kuat, pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) merupakan hal yang krusial bagi UMKM. Pembuatan NIB bertujuan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dengan memberikan legalitas usaha yang sah dan dapat dipercaya. Kombinasi antara pembuatan NIB dan digital marketing menjadi strategi yang efektif bagi UMKM guna memperkuat brand identity mereka dengan cara yang terstruktur dan prefosional. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peran sosilaisasi digital marketing dan pembuatan NIB untuk meningkatkan brand identity UMKM Desa Gondek, Jombang, Jawa Timur yang merupakan salah satu bentuk pengabdian dari kelompok empat KKN-T Bela Negara (Gelombang Dua) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, penyuluhan, serta pendampingan kepada UMKM Desa Gondek, Jombang. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat UMKM di Desa Gondek yang bersedia dibuatkan NIB dan mulai untuk menerapkan digital marketing dengan pembuatan logo, design, dan akun media sosial.

References

Anggreani, R. (2022). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 77-83. https://doi.org/10.37729/eksaminasi.v1i2.1243

Anshari, M. I. (2024). Pengaruh Digitalisasi Terhadap Efisiensi dan Efektivitas Proses Akuntansi Pada Koperasi Pesantren. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 51-58. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v5i1.1997

Ariq, M. A. (2023). Dampak DIigitalisasi Terhadap Bisnis Dan Perdagangan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1810-1816. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.401

Bachri, M.S. (2022). Optimalisasi Dan Efektivitas Digital Marketing Melalui Beriklan Di Instagram Yang Dipengaruhi Oleh Citra Merek, Kesadaran Merek Terhadap Niat Beli. Journal of Applied in Business Management and Accounting, 43-54. https://intropublicia.org/index.php/jabma/article/view/34

Budiarto, F.N. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 116-124. https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/vi ew/78

Daulani, A. Y. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan Bumdes Tunas Mandiri Dalam Era Society 5.0. INSANTA: Jurnal Pengabdian, 136 -146. https://doi.org/10.61924/insanta.v2i3.35

Fauzi, U.I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal, 42-47.https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/dow nload/74/90

Firdaus, H. A. (2024). Peran Pengabdian Masyarakat dalam Mendukung UMKM dan Pembuatan NIB di Desa Gondek. Media Pengabdian Kepada Masyarakat ( MPKM), 300-305.https://www.ejournal- rmg.org/index.php/AMPKM/article/view/338

Herlambang, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Efektivitas Pelayanan Kenaikan Pangkat Di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Jempper: Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata, dan Perhotelan, 14-23. https://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/jempper/article/download/1340/1142

Munawan, L. S. (2023). Pelatihan Brand Identity untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 490-499. https://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/view/1247

Oktaviani, N. N. (2022). Urgensi Legalitas Usaha Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Jurnal Pendidikan Kewargane-garaan Undiksha, 504-511. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i2.50664

Pasek, G. S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Marketing Koperasi Arjana Subikasa. ABDIRA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 56-62. https://doi.org/10.31004/abdira.v3i4.399

Putra, Y. S. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 11-21.https://mail.journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberp r/article/viewFile/1415/836

Rachmawati, S. D. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada

Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan). E- Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Universitas Jember, 25-29. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849

Rahmatika, A. (2024). Pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk UMKM. AKMEN Jurnal Ilmiah, 92-103. https://doi.org/10.37476/akmen.v21i1.4221

Rahmayati, N. (2023). Peningkatan Daya Saing Berbasis Teknologi Mekanis Dan Digitalisasi Marketing Pada Usaha Kerupuk Tengiri Di Kota Mojokerto. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 19-25. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/504

Santoso, A. B. (2022). Digitalisasi UMKM untuk Optimalisasi Sistem Informasi dan Integrasi Layanan Aplikasi Website Transaksi Online di Masa Pandemi. Jurnal Abdidas, 198-205. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.560

Sudayo, T. (2019). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 841-850. https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1504

Widiyasih, A. S. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Kopi Pada Era Revolusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2847-2854. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.613

Yani, Z. K. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus Konsumen Wardah Kolaka). Jurnal Mahasiswa Kreatif, 195-208. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i6.1518

Yeni, M. Y. (2021). Kegiatan Pendampingan, Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission (OSS) Bagi Anggota Koperasi Permaisuri Mandiri Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 175-187. https://bajangjournal.com/index.php/J- ABDI/article/view/107/62

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Anjani, H. P., & Andarini, S. (2025). Peran Pelatihan Digital Marketing dan Legalitas Usaha dalam Meningkatkan Citra Merek UMKM Desa Gondek, Jombang. Jurnal Sinabis, 1(3), 740–749. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/210

Issue

Section

Articles