Digitalisasi Komunikasi UMKM Dengan Customer Melalui Whatsapp Business: Studi Kasus pada UMKM Dalan Dagangan
Keywords:
UMKM, Digiitalisasi Marketing, PelangganAbstract
Permasalahan komunikasi yang kurang efektif antara UMKM dan pelanggan dapat menghambat pertumbuhan dan daya saing usaha. Salah satu cara untuk memperbaiki komunikasi dan pelayanan adalah dengan memanfaatkan platform digital, khususnya WhatsApp Business. Pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman menyeluruh tentang penggunaan WhatsApp Business kepada pelaku UMKM di wilayah Kampung Dagangan untuk memperkuat interaksi dengan pelanggan. Kegiatan edukasi dan pelatihan dilaksanakan untuk mengajarkan fitur utama WhatsApp Business, seperti balasan otomatis, katalog produk, dan analisis statistik interaksi. Beberapa pelaku UMKM berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dengan penerapan WhatsApp Business, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan efisiensi komunikasi, mempercepat respon kepada pelanggan, dan meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Digitalisasi komunikasi ini tidak hanya memperkuat hubungan antara UMKM dan pelanggan, tetapi juga membantu UMKM bersaing lebih baik di pasar yang semakin kompetitif.
References
Adiputra, A. K., Puspaningtyas, D. E., Sari, P. M., & Styaningrum, S. D. (2024). Pelatihan Whatsapp Business Bagi Pengrajin Growol di Desa Nomporejo Kecamatan Galur Kulon Progo: Whatsapp Business Training for Growol Craftsman In Nomporejo Village Galur District Kulon Progo. JAMAS: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 473-478.
Agus Hindarto Wibowo, Widuri Asih, E., Sulistyaningsih, E., Mawadati, A., & Ustyannie, W. (2023). Maximizing the benefits of Instagram social media as an effective marketing tool. DHARMA BAKTI, 6(1), 115–123. https://doi.org/10.34151/dharma.v6i1.4271
Amalia, R. I. (2023). Implementasi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada Fashion Umkm Melalui Platfrom Market Place. Journal of Economics, Business, Management, Accounting and Social Sciences, 1(5), 149-155.
Azizah,. Z. M. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan WhatsApp Bisnis Pada Lathifa Shop. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 11-25.
Ferdian, M.,, Laila, R., & Muzdalifah, L. . (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Menggunakan WhatsApp Business Dan Go-Food Bagi Umkm. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6),. 1870–1875. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.411
Fitriana, N., & Clarita, D. (2023). Pemanfaatan Whatsapp Business dan Instagram Business sebagai media promosi UKM di kelurahan Sialang Sakti. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 20-27.
Handijono, A., Gunarto, R. I., & Sutrisna, E. (2024). Memanfaatkan Whatsapps Business untuk Promosi dan Penjualan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(1), 48-55.
Hartono, R., & Yudianto, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Business Sebagai Media Promosi Usaha Mama Nauraa Shop Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 77-81..
Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM . Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225
Karmela a Fitriani, L., Harjadi, D., Djuniardi, D., & Nursyafaah, A. (2023). Optimalisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM Di Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2),1434–1439.
Maulidan, M., Komara, M. A., & Kurniawan, I. Analisis Kesuksesan Aplikasi Whatsapp Business Terhadap Umkm Menggunakan Human Organization Technology Fit Model.
Mustikawati, A. I., & Budiantara, M. (2024). Peningkatan Pengetahuan Strategi Marketing Pada UMKM:(Studi Empiris Pada Angkringan Pak Yuli dan Soto Ayam Kampung Pak Pono). EBISMAN: eBisnis Manajemen, 2(1), 01-07. https://doi.org/10.59603/ebisman.v2i1.328
Pabulo, A. M. (2023). Pendampingan Pengurusan Legalitas Serta Optimalisasi WhatsApp Bisnis Dalam Rangka pengembangan UMKM:.“UMKM Naik Kelas!”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3784-3789.
Rahman, M. A., Sadariawati, R., Pameli, A., & Kesuma, F. P.(2023). Pelatihan WhatsApp Business : Meningkatkan Efisiensi dan Kinerja Bank Sampah Sakura Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 6-12.
Saragih, L. S., Putriku, A. E., Sari, S. D., Laia, Y. N., & Syahputra, Y. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kontribusi Ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi,1(3),63-72. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i3.174
Simarmata, R. S. (2023). Upaya Pemanfaatan Whatsapp Bisnis dalam Pengembangan UMKM Keripik Pisang Teh Nur Di Desa Karangjaya. ABDIMA Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 6962-6969.
Sutanto,. Y. P.,. Mardliyaturrahma, A., & Wasiqoh, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM dengan Pemanfaatan WhatsApp Business di Desa Karanggayamm Srengat Kabupaten Blitar., Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(2), 175-181.
Utami, C., & Pranata, R. M. (2024). Sosialisasi Digital Marketing dan Edukasi Whatsapp Business Sebagai Media Promosi Umkm di Desa Raharja. ABDIMA Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3(1), 882-888.
Winda Tri Hapsari, & Azfa Mutiara Ahmad Pabulo. (2023). Optimasi WhatsApp Business Sebagai Media Pemasaran Produk Pada UMKM Di Condongcatur, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(3). Retrieved from https://jurnalpengabdianindonesia.com/index.php/1/article/view/5 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adela Aurelia Kinaya Dewi, Yanda Bara Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


