Peran Fasilitator Pendamping dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digital Marketing pada Nasabah BTPN Syariah Kec. Sawahan Surabaya

Authors

  • Intan Mitayani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Fasilitator, Pendampingan, Digital Marketing

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat signifikan pada dunia bisnis sekarang, seperti perubahan dalam  memasarkan,  memperkenalkan  serta memperjualbelikan barang atau jasa. PT. BTPN Syariah yang memiliki  nasabah  pelaku  UMKM  berinisiasi  untuk memberikan pendampingan melalui fasilitator pendamping guna meningkatkan keterampilan, pengetahuan serta skill nasabah dalam mengikuti tren yaitu dengan memanfaatkan digital marketing untuk memajukan usaha mereka. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 4 (empat bulan) dimulai dari bulan Agustus hingga Desember 2023. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk mengetahui peran fasilitator dalam memberdayakan para nasabah dalam menguasai digital marketing. Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan dan praktek langsung disertai dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitator memiliki peran penting untuk nasabah BTPN Syariah untuk memanfaatkan teknologi digital dengan melakukan digital marketing, hal tersebut disebabkan usaha nasabah dapat dikenal secara luas oleh masyarakat.

References

Amanda, A., & Ridho, W. F. (2023). Peran Pendamping Pada Pentingnya Strategi Pemasaran UMKM Nasabah BTPN Syariah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(3), 86-92.

Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).

Bangun, C. S., & Purnama, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98.

Berlilana, B., Utami, R., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi industri 4.0 terhadap perkembangan UMKM sektor industri pengolahan. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(3), 87-93.

Destrina, I., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Nasabah BTPN Syariah Surabaya. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 6(1), 451-457.

Erwin., dkk. (2023). Digital marketing: Penerapan Digital marketing pada Era Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Gaffar, N. R., & Rusdianto, R. Y. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Dalam Pemberdayaan Umkm Untuk Meningkatkan Kemampuan Branding Usaha Nasabah BTPN Syariah Area Site Plampang, Kabupaten Sumbawa. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(02), 111-115.

Hanim, L., & Noorman, MS. (2018). UMKM & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unisula Press

Kartika, A., Farinsyah, H. A., & Rahman, F. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Usaha Nasabah BTPN Syariah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6082-6088.

Khoiriyah, N., & Oktafia, R. (2023). Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Peran Fasilitator Pendamping di BTPN Syariah Sukapura. Selapa-rang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4),2899-2906.

Lexy J. Moloeng. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mitayani, I., & Nirawati, L. (2023). Peran Fasilitator Pendamping di Remote Site (Pedesaan) Jawa dalam Mengembangkan Usaha Nasabah di BTPN Syariah Kec. Sawahan Surabaya. Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6(5), 2391-2399.

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan digital marketing untuk mencapai optimalisasi strategi pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839.

Rahman, S. R., & Fauziah, S. (2023). Pendampingan Rutin Untuk Meningkat-kan Pendapatan UMKM Nasabah BTPN Syariah Kecamatan Sawahan Surabaya. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2),192-196.

Sari, L. I., & Fitriana, N. H. I. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasabah BTPN Syariah Di Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi Jawa Timur. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76-82.

Setianingsih, E. (2019). Peran Pendampingan dan Pembinaan Badan Usaha Milik Desa Sebagai Penggerak Ekonomi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Sambitan Kecamatan Pakel. Skripsi, 20-39.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.

Suwarjana, D. A., Bachtiar, A., & Asmara, K. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Untuk Meningkatkan Pendapatan Dan Mengembangkan UMKM Sektor Non Formal Pada Nasabah BTPN Syariah Kec. Sawahan Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(16), 192-197.

Ulva, A. M., & Kusumasari, I. R. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Dalam Pemberdayaan UMKM Nasabah Bank BTPN Syariah Di

Kecamatan Mejayan Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(02), 180-184.

Wulandari, R. I., Prasasti, Y., Putri, N. A., & Dharmawan, J. A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Pengembangan Pengenalan Produk Umkm Di Kelurahan Rungkut Menanggal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(03), 146-153

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Mitayani, I., & Prabowo, B. (2025). Peran Fasilitator Pendamping dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digital Marketing pada Nasabah BTPN Syariah Kec. Sawahan Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(3), 778–784. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/215

Issue

Section

Articles