Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Kemampuan Digital Melalui Implementasi Digitalisasi Proses Bisnis Pada UMKM Gayungan, Surabaya
Keywords:
Digitalisasi proses bisnis, Pemasaran Online, UMKMAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 4 (empat bulan) mulai Maret sampai Juni 2024 dengan tahap awal yaitu survei dan pendataan, lalu perencanaan kegiatan, dan terakhir implementasi sosialisasi dan pelatihan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para pelaku usaha terkait dengan kemampuan digital melalui implementasi digitalisasi proses bisnis pada UMKM, sehingga diharapkan para UMKM dapat mengembangkan bisnisnya melalui digitalisasi yang berkembang saat ini salah satunya yaitu menggunakan aplikasi Gofood, ShopeeFood, GrabFood. Kegiatan ini mendapatkan respon yang cukup baik dari para UMKM karena dapat memberikan wawasan dan pemahaman baru bagi UMKM terkait digitalisasi proses bisnis.
References
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan, 3(2), 442-448.
Al Farisi, S. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84.
Aprillia, H. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Abdimas Bela Negara, 2(2), 62-71.
Burhanudin, & Dkk. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm Kripik Pisang Di Desa Compreng Dalam Era Digitalisasi. Socserve: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 75-82.
Cahya, D. (2021). Analisis Layanan Go-Food Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Manajemen, 13(2), 264-272.
Cahya, D. (2024). Penyuluhan Strategi Pemasaran Online Bagi Para Pelaku. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 29-36.
Friadi, J. (2022). Sosialisasi Dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada. Jurnal, 4(1), 71-77.
Kusumawati, D. A. (2022). Eran Digital Skill Dan Workforce Transformastion Terhadap Kinerjaumkm. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 125-135.
Marpaung, A. P., & Dkk. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 294-300. http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1. 8273
Maydiantoro, A., & Dkk. (2021). Pendampingan Umkm Menuju Digitalisasi Marketing Upaya. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(6), 1530-1539.
Mulyaningsih, T., & Dkk. (2021). Pelatihan Digitalisasi Dan Pengelolaan Produk Umkm Makanan Halal Tradisional Di Sukoharjo. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(2), 83-88. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1401
Nizar, M., & Dkk. (2023). Meningkatkan Kemampuan Digital Masyarakat Lokal Melalui Pendampingan Dan Pengembangan Transformasi Bisnis Digital. Abdimas Unwahas, 8(2), 41-48. http://dx.doi.org/10.31942/abd.v8i2.10021
Noer, I., & Dkk. (2022). Pendampingan Digital Marketing Pada Pelaku Umkm. Jurnal Pengabdian Nasional, 3(2), 109-117. https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/J PN/index
Nurjanah, Y., & Dkk. (2022). Pkm Pendampingan Umkm Go Digital Pada Umkm Toko Abon Ikan Tongkol A&N Dan Umkm Japlak Balandongan. Jurnal Abdimas Dedikasikesatuan,3(2), 33-40. https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i2.1987
Prasetyo, E. T., & Dkk. (2024). Sosialisasi Umkm Tentang Pentingnya Digitalisasi Marketing ( Pemasaran ) Pada Platfrom Digital. Ejoin : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 1065-1071. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i7.3098
Sendi, M., & Dkk. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digitalisasi Dalam Pemanfaatan Platform Digital Pada Pelaku Usaha Umkm Di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 3(2), 1068-1077. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.p hp/jpkm/article/view/480/402
Syahputra, R. A., & Dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding Umkm Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 4(1), 521-527.
Vinarta, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Dalam Kesejahteraan. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1-8.
Wusqo, A. U., & Dkk. (2023). Pengembangan Dan Pendampingan Umkm Dompet Kulit Melalui. Pengembangan Dan Pendampingan Umkm Dompet Kulit Melalui, 7(1), 43-49. HTTPS://JURNALNASIONAL.UMP.AC.ID/INDEX.PHP/JPPM/ARTICLE/VIEW/9482
Yuniarti, T., & Dkk. (2022). Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2),121-126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustak amitra.v2i2.202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agustin Nur Awaliah, Jojok Dwiridotjahjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


