Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Kemampuan Digital Melalui Implementasi Digitalisasi Proses Bisnis Pada UMKM Gayungan, Surabaya

Authors

  • Agustin Nur Awaliah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Jojok Dwiridotjahjono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi proses bisnis, Pemasaran Online, UMKM

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 4 (empat bulan) mulai Maret sampai Juni 2024 dengan tahap awal yaitu survei dan pendataan, lalu    perencanaan kegiatan, dan terakhir implementasi sosialisasi dan pelatihan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para pelaku usaha terkait dengan kemampuan digital melalui implementasi digitalisasi proses bisnis pada UMKM, sehingga diharapkan para UMKM dapat mengembangkan bisnisnya melalui digitalisasi yang berkembang saat ini salah satunya yaitu menggunakan aplikasi Gofood, ShopeeFood, GrabFood. Kegiatan ini mendapatkan respon yang cukup baik dari para UMKM karena dapat memberikan wawasan  dan  pemahaman  baru bagi UMKM  terkait  digitalisasi proses bisnis.

References

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan, 3(2), 442-448.

Al Farisi, S. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84.

Aprillia, H. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Abdimas Bela Negara, 2(2), 62-71.

Burhanudin, & Dkk. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm Kripik Pisang Di Desa Compreng Dalam Era Digitalisasi. Socserve: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 75-82.

Cahya, D. (2021). Analisis Layanan Go-Food Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Manajemen, 13(2), 264-272.

Cahya, D. (2024). Penyuluhan Strategi Pemasaran Online Bagi Para Pelaku. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 29-36.

Friadi, J. (2022). Sosialisasi Dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada. Jurnal, 4(1), 71-77.

Kusumawati, D. A. (2022). Eran Digital Skill Dan Workforce Transformastion Terhadap Kinerjaumkm. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 125-135.

Marpaung, A. P., & Dkk. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 294-300. http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1. 8273

Maydiantoro, A., & Dkk. (2021). Pendampingan Umkm Menuju Digitalisasi Marketing Upaya. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(6), 1530-1539.

Mulyaningsih, T., & Dkk. (2021). Pelatihan Digitalisasi Dan Pengelolaan Produk Umkm Makanan Halal Tradisional Di Sukoharjo. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(2), 83-88. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1401

Nizar, M., & Dkk. (2023). Meningkatkan Kemampuan Digital Masyarakat Lokal Melalui Pendampingan Dan Pengembangan Transformasi Bisnis Digital. Abdimas Unwahas, 8(2), 41-48. http://dx.doi.org/10.31942/abd.v8i2.10021

Noer, I., & Dkk. (2022). Pendampingan Digital Marketing Pada Pelaku Umkm. Jurnal Pengabdian Nasional, 3(2), 109-117. https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/J PN/index

Nurjanah, Y., & Dkk. (2022). Pkm Pendampingan Umkm Go Digital Pada Umkm Toko Abon Ikan Tongkol A&N Dan Umkm Japlak Balandongan. Jurnal Abdimas Dedikasikesatuan,3(2), 33-40. https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i2.1987

Prasetyo, E. T., & Dkk. (2024). Sosialisasi Umkm Tentang Pentingnya Digitalisasi Marketing ( Pemasaran ) Pada Platfrom Digital. Ejoin : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 1065-1071. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i7.3098

Sendi, M., & Dkk. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digitalisasi Dalam Pemanfaatan Platform Digital Pada Pelaku Usaha Umkm Di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 3(2), 1068-1077. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.p hp/jpkm/article/view/480/402

Syahputra, R. A., & Dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding Umkm Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 4(1), 521-527.

Vinarta, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Dalam Kesejahteraan. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1-8.

Wusqo, A. U., & Dkk. (2023). Pengembangan Dan Pendampingan Umkm Dompet Kulit Melalui. Pengembangan Dan Pendampingan Umkm Dompet Kulit Melalui, 7(1), 43-49. HTTPS://JURNALNASIONAL.UMP.AC.ID/INDEX.PHP/JPPM/ARTICLE/VIEW/9482

Yuniarti, T., & Dkk. (2022). Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2),121-126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustak amitra.v2i2.202

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Awaliah, A. N., & Dwiridotjahjono, J. (2025). Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Kemampuan Digital Melalui Implementasi Digitalisasi Proses Bisnis Pada UMKM Gayungan, Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(3), 842–847. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/224

Issue

Section

Articles