Pengaruh Digitalisasi Proses Bisnis dalam Memasarkan Produk UMKM Kecamatan Genteng Kota Surabaya
Keywords:
UMKM, Digitalisasi, PemasaranAbstract
UMKM merupakan suatu jenis usaha yang dijalankan organisasi atau perorangan. Digitalisasi mengantarkan era baru dalam masyarakat teruatama di sektor bisnis, UMKM mulai memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memasarkan produknya. Metode yang digunakan adalah melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM Kecamatan Genteng Kota Surabaya mengenai manfaat digitalisasi. Mendapatkan hasil dari 20 UMKM terdapat 6 UMKM yang telah terdaftar di platform ojek online setelah dilakukannya sosialisasi.
References
Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan kemampuan branding UMKM melalui proses digitalisasi bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 521-527. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/j pkm/article/view/871/672
Damis, S., & Harun, H. (2024). Peningkatan Pendapatan Usaha Umkm Asoka Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang Melalui Digitalisasi Bisnis. Economics and Digital Business Review, 5(1). https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/ article/view/941
Maulidiyah, W., & Nurhadi, N. (2023). Strategi Pemberdayaan Bisnis Masyarakat Melalui Aktivitas Digitalisasi UMKM Guna Mengoptimalisasi Potensi Penjua-lan (Studi Kasus Pada UMKM Gudang Sandal). KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 344-352. https://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/K ARYA_JPM/article/view/389
Wahyuningsih, Endang. "Digitalisasi Bisnis Sebagai Alternatif Scale Up Strategy UMKM Dan Koperasi Menyongsong Era The Next Normal (Pasca Pandemi Covid-19)." (2021): 15-24.
Khulwani, A., & Hakim, A. R. (2023). Sosialisasi Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM Di Desa Sabajaya. ABDIMA Jurnal Pengabdian Mahasiswa 2(1), 452-456. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ AJPM/article/view/3614
Santoso, Agustinus Budi, and Maya Utami Dewi. "Digitalisasi UMKM untuk Optimalisasi Sistem Informasi dan Integrasi Layanan Aplikasi Website Transaksi Online di Masa Pandemi." Jurnal Abdidas 3.1 (2022): 198-205. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.560
Sutanto, Y. P., Mardliyaturrahma, A., & Wasiqoh, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM dengan Pemanfaatan Whatsapp Business di Desa Karanggayam Srengat Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(2), 175-181. https://doi.org/10.28926/jppnu.v4i2.116
Husna, S., & Susyanti, J. (2024). Analisis Systematic Literature Review Tentang Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Melalui Digitalisasi Proses Bisnis. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 207-216. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merde ka/article/view/1950
Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra. v2i2.202
Arifqi, Moh Musfiq, and Dedi Junaedi. "Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19." Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 3.2 (2021): 192-205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311
Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 43-50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225
Hisnul, H., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49-58. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.693
Buulolo, M., & Buulolo, A. (2023). Analisis tingkat pendidikan UMKM, persepsi, dan pemanfaatan digitalisasi terhadap pelaku UMKM Kota Batam. MBIC-Journal Confrence, 1(3), 319-332. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/ar ticle/view/67655
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldikl us/article/view/37122
Anjarwati, S., Zaena, R. R., Fitrianingsih, D., & Sulistiana, I. (2023). Pengaruh Digitalisasi Akuntansi terhadap Efisiensi dan Pengurangan Biaya pada Perusahaan Wirausaha UMKM di Kota Bandung. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 57-72. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i1.181
Rosalina, V. (2022). Sharing Knowledge Pentingnya Digitalisasi Customer Relationship Management Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Vokasi (Japesi), 1(1), 17-21. https://doi.org/10.30656/japesi.v1i1.4654
Angeline, A., Allister, D., & Gunawan, L. L. (2022). Pengembangan UMKM Digital Sebagai Upaya Ketahanan Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Serina, 2(1), 85-92. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.18514
Frifantio, Akmal Nabilan, et al. "Kesiapan Digitalisasi Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pengolahan Kerupuk Sangrai Di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis." (2022). http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1056
Margolang, A. I., Silalahi, K. A., & Nst, M. R. S. (2024). Rencana Bisnis dalam Meningkatkan Usaha UMKM di Era Digitalisasi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/indx
Munandar, Galih Mahardika. "Perubahan Sistem Konvensional Menjadi Sistem Digitalisasi Bagi UMKM Kebumen di Bidang Konveksi (Studi Kasus Tonight Sablon)." JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri) 3.4 (2023): 451-458. http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i4.5745
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Unsiah Zulfa Ulinnuha, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


