Optimasi Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Penggunaan Sosial Media Pada Batik Mojangi Desa Mojowangi Kab. Jombang

Authors

  • Gian Alfreda Wirawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Acep Samsudin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Optimasi Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Sosial Media

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media sosial, telah mengubah cara individu dan organisasi berinteraksi dan berkomunikasi. Penggunaan media sosial tidak lagi terbatas pada aktivitas sosial, tetapi telah menjadi alat strategis dalam pengembangan bisnis, pendidikan, hingga pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang optimal agar penggunaan media sosial dapat memberikan manfaat maksimal bagi individu maupun organisasi. Dampak pelatihan dan pengembangan kompetensi SDM terhadap kinerja dalam pemanfaatan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan teknis dan pemahaman mendalam tentang perilaku pengguna media sosial dapat meningkatkan efektivitas komunikasi, pemasaran, serta reputasi organisasi di dunia digital. Selain itu, pengembangan SDM yang berkelanjutan melalui pelatihan dan edukasi yang tepat terbukti meningkatkan produktivitas dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan teknologi yang dinamis.

References

Arraniri, I., Firmansyah, H., Wiliana, E., Setyaningsih, D., Susiati, A., Megaster, T.,... & Arif, M. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Insania. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=jYZZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=sumber+daya+manusia&ots=DR39rOJQKO&sig=798xmC_hFIrjwn6Phcv95iXrj5Y

Daya, S. (1996). Manajemen sumber daya manusia. Universitas Gunadarma. https://www.academia.edu/download/103515147/475503372.pdf

Marayasa, I. N., Sugiarti, E., & Septiowati, R. (2017). Pengembangan sumber daya manusia. https://repository.unpam.ac.id/11288/1/Bu ku%20Pengembangan%20SDM.pdf

Bariqi, M. D. (2018), Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69. https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/v iew/6654

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. YUME: Journal of Management, 4(2) https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/y ume/article/view/870

Suryani, S., & Rindaningsih, I. (2023). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363-370 https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.p hp/perisai/article/download/154/509

Winarno, B. (2008). Globalisasi: Peluang atau ancaman bagi Indonesia. Erlangga. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=9V4v_Ooj8dYC&oi=fnd&pg=PR11&dq=globalisasi&ots=w_6Hm1g63T&sig=JXfQ5mFKQJCgexY5yvpTTIIh42Q

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 80-86. https://ojs.itbad.ac.id/index.php/LQ/article/view/134

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.https://ojs.unikom.ac.id/index.php/commo n/article/view/1950

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial Instagram (Studi Deskriptif pada akun @subur_batik). Widya Cipta Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ widyacipta/article/view/4387

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram@ ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23-38.https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMU NIKOLOGI/article/view/7616

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/ article/view/296

Suryani, S., & Rindaningsih, I. (2023). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363-370. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.p hp/perisai/article/download/154/509

Purnomo, N. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376-381. https://mail.online- journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/11307

Huda, N., Baso, B., Aziz, S., Korbaffo, Y. A., & Manane, D. R. (2023). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Arsyta Bakery Melalui Pelatihan Social Media Marketing. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 181-188.http://journal.unjani.ac.id/index.php// article/view/325

Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY, 6(2). https://acesse.dev/RrzQt

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR, N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50. http://jurnal.abdimas.id/index.php//article/view/22

Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56-61. https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/301

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php//article/view/4655

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Wirawan, G. A., & Samsudin, A. (2025). Optimasi Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Penggunaan Sosial Media Pada Batik Mojangi Desa Mojowangi Kab. Jombang. Jurnal Sinabis, 1(3), 873–880. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/229

Issue

Section

Articles