Optimasi Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Penggunaan Sosial Media Pada Batik Mojangi Desa Mojowangi Kab. Jombang
Keywords:
Optimasi Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Sosial MediaAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media sosial, telah mengubah cara individu dan organisasi berinteraksi dan berkomunikasi. Penggunaan media sosial tidak lagi terbatas pada aktivitas sosial, tetapi telah menjadi alat strategis dalam pengembangan bisnis, pendidikan, hingga pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang optimal agar penggunaan media sosial dapat memberikan manfaat maksimal bagi individu maupun organisasi. Dampak pelatihan dan pengembangan kompetensi SDM terhadap kinerja dalam pemanfaatan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan teknis dan pemahaman mendalam tentang perilaku pengguna media sosial dapat meningkatkan efektivitas komunikasi, pemasaran, serta reputasi organisasi di dunia digital. Selain itu, pengembangan SDM yang berkelanjutan melalui pelatihan dan edukasi yang tepat terbukti meningkatkan produktivitas dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan teknologi yang dinamis.
References
Arraniri, I., Firmansyah, H., Wiliana, E., Setyaningsih, D., Susiati, A., Megaster, T.,... & Arif, M. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Insania. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=jYZZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=sumber+daya+manusia&ots=DR39rOJQKO&sig=798xmC_hFIrjwn6Phcv95iXrj5Y
Daya, S. (1996). Manajemen sumber daya manusia. Universitas Gunadarma. https://www.academia.edu/download/103515147/475503372.pdf
Marayasa, I. N., Sugiarti, E., & Septiowati, R. (2017). Pengembangan sumber daya manusia. https://repository.unpam.ac.id/11288/1/Bu ku%20Pengembangan%20SDM.pdf
Bariqi, M. D. (2018), Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69. https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/v iew/6654
Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. YUME: Journal of Management, 4(2) https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/y ume/article/view/870
Suryani, S., & Rindaningsih, I. (2023). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363-370 https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.p hp/perisai/article/download/154/509
Winarno, B. (2008). Globalisasi: Peluang atau ancaman bagi Indonesia. Erlangga. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=9V4v_Ooj8dYC&oi=fnd&pg=PR11&dq=globalisasi&ots=w_6Hm1g63T&sig=JXfQ5mFKQJCgexY5yvpTTIIh42Q
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 80-86. https://ojs.itbad.ac.id/index.php/LQ/article/view/134
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.https://ojs.unikom.ac.id/index.php/commo n/article/view/1950
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial Instagram (Studi Deskriptif pada akun @subur_batik). Widya Cipta Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ widyacipta/article/view/4387
Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram@ ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23-38.https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMU NIKOLOGI/article/view/7616
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/ article/view/296
Suryani, S., & Rindaningsih, I. (2023). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363-370. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.p hp/perisai/article/download/154/509
Purnomo, N. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376-381. https://mail.online- journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/11307
Huda, N., Baso, B., Aziz, S., Korbaffo, Y. A., & Manane, D. R. (2023). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Arsyta Bakery Melalui Pelatihan Social Media Marketing. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 181-188.http://journal.unjani.ac.id/index.php// article/view/325
Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY, 6(2). https://acesse.dev/RrzQt
Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR, N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50. http://jurnal.abdimas.id/index.php//article/view/22
Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56-61. https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/301
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php//article/view/4655
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gian Alfreda Wirawan, Acep Samsudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


