Peningkatan Keterampilan Digital Masyarakat Desa Sidoklumpuk Melalui Pelatihan Pemasaran Digital dan Pembuatan Konten Visual

Authors

  • Cantika Aura Jahzy Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pengabdian masyarakat, keterampilan digital, pemasaran digital, pelatihan, konten visual

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Sidoklumpuk dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan menggunakan metode pelatihan dan praktik langsung, masyarakat dilatih dalam pemasaran digital dan pembuatan konten visual yang menarik melalui aplikasi sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui survei awal, pre-test, dan observasi langsung untuk mengukur pemahaman dan keterampilan masyarakat sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman masyarakat tentang pemasaran digital dan kemampuan mereka dalam membuat konten berkualitas, yang berdampak positif pada peningkatan jangkauan dan penjualan produk lokal. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan dalam penguasaan teknik yang lebih kompleks, kegiatan ini berhasil memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya mencakup pelatihan lanjutan dan pendampingan intensif untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat secara berkelanjutan.

References

Amalia, A., P., Nurhadi. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM, 2(4), 43-49. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i4.736

Danny, Robin. (2021). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Di Modern Furniture Tanjungpinang, 4(1), 83-90. http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4357

Djamaludin, D., Anwar, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan kemampuan usaha kecil dan menengah di Wilayah Bandung Raya dalam pemanfaatan internet sebagai sarana pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1), 125-130.https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Eko, P., Ika, D., Heri, P. (2023). Pelatihan Manajemen Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Penjualan Pada UMKM Kecamatan Sayegan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2341-2344. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.515

Elisa, S., (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor, 1(2), 36-50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Muljanto, S., Pamela, M., Trinandari, P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM, 2(2), 88-100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001

Nurtrian, H., Prin, T., Nur, W. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119-124. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Saudah, S., Dodot, S., Maulid, A., & Fajar, S. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358-371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.566

Siti, A., Firmansyah, Meutia, L. (2023). Edukasi Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Dengan Memanfaatkan Digital Marketing Melalui Sosial Media. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 665-670.https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2572

Slamet, R., Muh, N., L., Andi R., P. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137-142.https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Jahzy, C. A. ., & Kusumasari, I. R. (2025). Peningkatan Keterampilan Digital Masyarakat Desa Sidoklumpuk Melalui Pelatihan Pemasaran Digital dan Pembuatan Konten Visual. Jurnal Sinabis, 1(3), 881–888. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/230

Issue

Section

Articles