Peningkatan Keterampilan Digital Masyarakat Desa Sidoklumpuk Melalui Pelatihan Pemasaran Digital dan Pembuatan Konten Visual
Keywords:
Pengabdian masyarakat, keterampilan digital, pemasaran digital, pelatihan, konten visualAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Sidoklumpuk dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan menggunakan metode pelatihan dan praktik langsung, masyarakat dilatih dalam pemasaran digital dan pembuatan konten visual yang menarik melalui aplikasi sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui survei awal, pre-test, dan observasi langsung untuk mengukur pemahaman dan keterampilan masyarakat sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman masyarakat tentang pemasaran digital dan kemampuan mereka dalam membuat konten berkualitas, yang berdampak positif pada peningkatan jangkauan dan penjualan produk lokal. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan dalam penguasaan teknik yang lebih kompleks, kegiatan ini berhasil memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya mencakup pelatihan lanjutan dan pendampingan intensif untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat secara berkelanjutan.
References
Amalia, A., P., Nurhadi. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM, 2(4), 43-49. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i4.736
Danny, Robin. (2021). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Di Modern Furniture Tanjungpinang, 4(1), 83-90. http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4357
Djamaludin, D., Anwar, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan kemampuan usaha kecil dan menengah di Wilayah Bandung Raya dalam pemanfaatan internet sebagai sarana pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1), 125-130.https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Eko, P., Ika, D., Heri, P. (2023). Pelatihan Manajemen Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Penjualan Pada UMKM Kecamatan Sayegan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2341-2344. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.515
Elisa, S., (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor, 1(2), 36-50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Muljanto, S., Pamela, M., Trinandari, P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM, 2(2), 88-100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001
Nurtrian, H., Prin, T., Nur, W. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119-124. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Saudah, S., Dodot, S., Maulid, A., & Fajar, S. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358-371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.566
Siti, A., Firmansyah, Meutia, L. (2023). Edukasi Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Dengan Memanfaatkan Digital Marketing Melalui Sosial Media. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 665-670.https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2572
Slamet, R., Muh, N., L., Andi R., P. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137-142.https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cantika Aura Jahzy, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


