Revolusi Digital UMKM Melalui Optimalisasi Digital Menu di SWK Semolowaru

Authors

  • Anggun Fatmawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sumainah Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, Optimalisasi, Digital menu

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, namun sering menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan digital menu sebagai alat pemberdayaan UMKM di sektor kuliner. Digital menu diidentifikasi sebagai inovasi yang meningkatkan pengelolaan bisnis dan pengalaman pelanggan melalui akses informasi yang cepat dan akurat. Hasil menunjukkan bahwa penerapan digital menu meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya cetak, dan memperluas jangkauan pasar melalui integrasi dengan platform digital. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi, sehingga diperlukan dukungan pelatihan yang komprehensif dari pemerintah dan pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi digital pelaku UMKM.

References

Amiroh, I., Rahayu, D. R., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Serta Pendampingan Manajemen Usaha Pada Umkm Angkringan Kms Di Tumpang Kabupaten Malang (Vol. 1). Jurnal Pemantik.https://doi.org/10.56587/ pemantik.v1i 2.50

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018).

Strategi media sosial untuk pengembangan UMKM. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170. http://dx.doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125

Anindhita, W., Putri, K. Y. S., Kusuma, D. L., & Muttaqin, K. (2024). Pemanfaatan Media Digital sebagai Pendidikan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Kreativitas Promosi Produk UMKM. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(2), 523-530. https://doi.org/10.31539/jomb.v6i2.7322

Arrofi, R. A., Ajie, R., & Sutabri, T. (2024). Penggunaan Transformasi Digital Bisnis Untuk Para Pelaku UMKM Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (JRIME), 2(1), 180-189. https://doi.org/10.54066/jrime- itb.v2i1.1130

Az’har, A. A., & Nawawi, Z. M. (2022).

Digitalisasi UMKM Bidang Kuliner terhadap Pertumbuhan Ekonomi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 2389-2397. https://ummaspul.ejournal.id/JKM/article/download/3838/1392

Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M.A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54-66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P.E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM dalam menghadapi digitalisasi. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33-42. https://doi.org/10.37479/jkeb.v16i1.20799

Feriyanto, N. (2021). Digitalisasi UMKM untuk meningkatkan ekonomi dan pencapaian SDGs. Pidato Pengukuhan Guru Besar, November, 1-44. http://dx.doi.org/10.34145/agriekst ensia

Hasan, H., Haliah, & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM (Vol. 3). Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.35912/yumary.v3 i1.1225

Krisma, A. Y. A., Eron, F. A. A., Kardika, I. M. W. S., Emanuella, R. G., Atmaja, Y. C., & Palangan, C. Y. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mening-katkan Minat Konsumen Pada Usaha Pecel Lele Pak Marno. GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, 2(1), 57-68. https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7198

Kurnia, V. E., Aurelia, E. M., Desniari, N.G. P. S., Cen, S. C., & Nastiti, P. (2024). Optimalisasi Teknologi Informasi untuk Peningkatan Penjualan dan Daya Saing pada UMKM Alkabes. GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, 3(1), 50-62. https://doi.org/10.24002/giat.v3i1.915

Mulyani, Praya, Z., & Tanjung, A. A. (2024). Usaha Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi. (Vol. 2). Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i4.292

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022).Pendampingan pengembangan digitalisasi UMKM masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan menghadapi era new normal (Vol.3). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM). https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652

Putri, D. Y. (2022). Optimalisasi Penjualan dan Pemasaran UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Serta Pelatihan Kewirausahaan Guna Membangkitkan Ekonomi Masyarakat. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(01), 435-442. https://conference.untagsby.ac.id/in dex.php/spm/article/download/149/123

Ricardo, T., & Laulita, N. B. (2022). Perancangan dan Penerapan Strategi Promosi atau Membangun Brand Image melalui Media Digital dan Pelatihan pada UMKM Caukong (Vol. 3). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). https://ejournal.sisfokomtek.org/in dex. php/jpkm/article/view/590

Rofiqoh, I., Zulhawati, Z., Buchdadi, A. D., & Gurendrawati, E. (2023). UMKM Naik Kelas (Pemberdayaan Ekonomi Skala Mikro). https://eprints.uty.ac.id/13440/1/Buku_UMKM_Final.pdf

Rosydha, S. N., & Kusuma, Y. B. (2024). Pendampingan UMKM Dalam Rangka UMKM Naik Kelas di Sentra Wisata Kuliner Embong Sawo (Vol. 2). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri ( JPMM).https://mandycmm.org/ind ex.php/jpmm/article/view/777

Saputri, R. S., & Antoni, D. (2023). Pengembangan Konsep Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Melalui Sosial Media. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer, 15(1a), 205-216. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/download/5261/2600

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57. https://repository.unja.ac.id/48024/1/DIGITALISASI_UMKM%20%281%29.pdf#page=64

Suryanti, S., A’in, C., Rudiyanti, S., & Falah, W. A. (2022). Pengembangan UMKM Di Kelurahan Mangunharjo, Tugu, Semarang Berbasis Digital. J- ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(6), 5341-5348. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i6.3957

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Fatmawati, A., & Fauziah, S. (2025). Revolusi Digital UMKM Melalui Optimalisasi Digital Menu di SWK Semolowaru. Jurnal Sinabis, 1(3), 908–915. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/234

Issue

Section

Articles