Digitalisasi Usaha Kerajinan Cor Kuningan : Akselerasi Transformasi Digital dalam Memabangun Keunggulan Kompetitif di Desa Bejijong
Keywords:
Cor Kuningan, Desa Bejijong,, Kerajinan Tradisional, Inovasi, Warisan Budaya, DigitalisasiAbstract
Desa Bejijong di Kecamatan Trowulan, Mojokerto, merupakan sebuah desa dengan khas kerajinan cor kuningan yang memiliki nilai historis dan budaya tinggi. Kerajinan ini telah diwariskan secara turun-temurun dari zaman Kerajaan Majapahit. Proses pembuatan cor kuningan di desa ini masih dilakukan dengan teknik tradisional, meski 7pun beberapa pengrajin telah melakukan inovasi dengan menggabungkan metode modern. Produk-produk cor kuningan dari Bejijong diminati oleh pasar lokal dan internasional karena nilai estetika dan fungsionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan proses pembuatan kerajinan cor kuningan dan menganalisis kontribusi ekonomi lokal yang dihasilkan. Selain itu, penulisan ini juga mengkaji inovasi yang telah dilakukan oleh pengrajin untuk memenuhi permintaan pasar modern, serta pentingnya pelestarian teknik tradisional sebagai bagian dari warisan budaya. Pengembangan teknologi dan dukungan digitalisasi diharapkan dapat memperkuat daya saing produk kerajinan cor kuningan di pasar global.
References
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Perilaku Adaptif Perajin COR Kuningan (Studi Deskriptif Di Desa Wisata Bejijong Trowulan Mojokerto).6.
Bellajane, N. C., Setyanto, Y., & Salman, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Electronic Word of Mouth ESQA Cosmetics. Prologia, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.16030
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Mukarromah, L., & Anshori, M. I. (2024). Pemasaran Word Of Mouth Di Era Digital : Literatur Review. Multiple: Journal of Global and Multidiciplinary, 2(6), 1982–1990.
Prasetiyo, B., & Hidayat, T. (2019). Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Xyz Donut. Jurnal Akuntansi, 4(1), 937. https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i1.218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Khulilurrohman, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


