Implementasi Teknologi melalui Program Pembelajaran Berbasis Digital dan Penerapan Marketplace Ecoprint di SMAN 20 Surabaya

Authors

  • Nana Wilia Anjelita Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Transformasi Digital, Keunggulan Kompetitif, Digital Wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akselerasi transformasi digital di SMAN 20 Surabaya dalam membangun keunggulan kompetitif melalui implementasi program digitalisasi akademik dan wirausaha. Transformasi digital menjadi elemen penting dalam meningkatkan efisiensi operasional sekolah dan kualitas pembelajaran di era digital. Beberapa program yang diimplementasikan meliputi digitalisasi pembelajaran berbasis teknologi dengan platform Power Point dan penerapan digital wirausaha. Pada pelaksanaanya ini peran mahasiswa terbagi atas 2. Pada aspek pengajaran melakukan pengajaran di mata pelajaran ekonomi dengan memberikan inovasi media pembelajaran sesuai dengan IPTEK dan aspek digitalisasi wirausaha membantu program P5 dengan melakukan program penjualan online, serta pengembangan aplikasi mobile sekolah. Program- program ini dirancang untuk mengoptimalkan proses pendidikan, mempermudah akses informasi, dan meningkatkan interaksi antara pihak sekolah dengan siswa maupun orang tua.   Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   digitalisasi akademik dan penerapan teknologi wirausaha pembelajaran mampu meningkatkan efisiensi manajemen sekolah, memperluas jangkauan pembelajaran, serta meningkatkan kepuasan siswa dan orang tua. Transformasi digital wirausaha ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

References

Fiyah, L. (2024). .(Tambahkan Lembar Persetujuan Publikasi Ethesis Dengan Ttd Asli Bukan Scan, Upload Ulang).. Manajemen Program Gerakan Literasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Mutu Madrasah (Study Kasus Di Mtsn Kota Madiun) (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Al Fiyah, L. (2024). Manajemen Program Gerakan Literasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Mutu Madrasah (Studi Kasus Di Mtsn Kota Madiun) (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Shohibatul Azhar, A. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma N 1 Kawedanan Magetan (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo). Wahyuni, S. (2022). Bab V Literasi Digital Dan Media Sosial Dalam Pembelajaran. Literasi Digital Berbasis Pendidikan, 59.

Jundrio, H., Hardana, A., Martoatmodjo, G. W., Santoso, A., Samukroni, M. A., Menarianti, I., ... & Wijayanti, A. (2023). Bisnis Digital.

Agung, S. T. I. E. S. Kewirausahaan Di Era Revolusi Industri 4.0. Kewirausahaan Dan Bisnis, 33.

Labuem, W. N. M. Y. S., Al Mansur, D. W. A. M., Masgumelar, H. A. N. K., Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., ... & Or, S. (2021). Implementasi Dan Problematika Merdeka Belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Wijayanto, A. (2021). Akselerasi Sdm Unggul Saat Pandemi.

Bab, I., & Intellegensi, P. S. D. A. (2022). Mohammad Imam Sufiyanto. Kecerdasan Buatan:(Artifisial Intellegensi), 38.

Demonika, Shelvia Devi, Ali Mustadi, And Inang Irma Rezkillah. 2020. “Implementasi Tematik Integratif Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” 2015:817–21.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ri

Pambudi, Bayu, Riza Bahtiar Efendi, Lia Ayu Novianti, Dwi Novitasari, And Nur Ngazizah. 2018. “Indonesian Journal Of Primary Education Pengembangan Alat Peraga Ipa Dari Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” 2(2):2–6.

Saptutyningsih And D. T. K. Wardani.2019.Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh Iv Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. War. Lpm, Vol. 22, No. 1, 2019

Agustini, N., & Prasetya, E. (2023). Pengaruh Asistensi Mengajar Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Bisnis, 3(1), 1-11.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2022). Pedoman Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Tentang Sman 20 Surabaya “Sejarah Sman 20 Surabaya” (Tentang Sekolah | Sman 20 Surabaya)

Cindi Puspita Sari (2022). Laporan Kegiatan Asistensi Mengajar Di Smk Pgri 2 Malang, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Malang

Iriawan, S.B., & A. Saefudin. (2021). Buku Saku Utama Program Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Iriawan, S.B., & A. Saefudin. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 16 (2), 102-107.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Anjelita, N. W., & Andarini, S. (2025). Implementasi Teknologi melalui Program Pembelajaran Berbasis Digital dan Penerapan Marketplace Ecoprint di SMAN 20 Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(4), 931–938. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/237

Issue

Section

Articles