Optimalisasi Proses Digital Marketing dalam Membangun Keunggulan Kompetitif : Penguatan Legalitas Umkm Melalui Kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) Pada Kelurahan Gebang Putih Kota Surabaya

Authors

  • Arifania Pratiwi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, NIB, Legalitas Usaha, Digitalisasi bisnis, Pengembangan UMKM

Abstract

Pertumbuhan UMKM di kota Surabaya menciptakan standarisasi baru. Sejalan dengan pertumbuhan UMKM yang sangat terus meningkat ini juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas UMKM. Kelurahan Gebang Putih di Kecamatan Sukolilo merupakan salah satu wilayah dengan jumlah pelaku UMKM yang signifikan, mencakup berbagai bidang usaha seperti toko kelontong, pedagang kuliner, toko bangunan, dan toko pakaian. Dapat diketahui bahwa banyak UMKM  di Kelurahan  Gebang Putih Surabaya yang  belum menyadari  manfaat  dari legalitas usaha  itu  sendiri  seperti akses ke permodalan, peluang kerja sama dengan perusahaan yang lebih besar, dan kemudahan dalam mengikuti program pemerintah. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja  Nyata  Tematik  (KKN-T)  Bela  Negara  Kelompok  5 Gelombang 2 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang berkolaborasi dengan perangkat desa Kelurahan Gebang Putih Surabaya untuk melakukan program kerja berupa pendampingan UMKM. Tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha di Kelurahan Gebang Putih Surabaya termasuk persaingan usaha yang semakin ketat dan kurangnya pemanfaatan teknologi digital, terutama media sosial, sebagai alat bisnis. Pengabdian ini menunjukkan bahwa masih banyak pelaku usaha yang belum melengkapi legalitas usaha mereka, meskipun telah ada upaya pendampingan dan edukasi.

References

Ahmad M, dkk. (2023). Penguatan Legalitas Usaha Berbasis Information Communication Technology (ICT) dalam Meningkatkan Pendapatan bagi UMKM (Strenghening the Legality of Information Communication Technology (ICT) Based Businesses in Increasing Income for MSMEs). Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 2 No 2, 285-295.

Ayuningtas, J.F. (2020). Strategi Branding Dan Promosi Online “Warung Sembako ARFA” Di Masa Pandemi Covid-19. 28 November 2020, Yogyakarta, Indonesia. Hal 162-167.

Budiarto, F. N. dkk. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Hidayat, R. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Digital Berbasis UMKM. Surabaya, University Press.

Indahingwati, dkk (2021). Pelatihan Etika Bisnis dan Pembukuan Sederhana Koperasi Toko Kelontong di Surabaya. Jurnal Kreativitas dan Inovasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Intan Berlianty, dkk (2022). Optimalisasi Produksi dan Penjualan Kerajinan Enceng Gondok Menuju Penguatan Branding Industri Kreatif Ramah Lingkungan. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. Vol 2, No. 4, Hal 33-43.

Kamil, dkk. (2022). Pendampingan UMKM Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Pada Platform E- Commerce. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research and Engagement.

Khamimah, W. (2020). Pelatihan, Pendampingan Dan Monev Etika Bisnis Saat Pandemi Covid- 19 Di Koperasi Toko Kelontong Rungkut Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indoensia (STIESIA) Surabaya.

Laksmi Diana, dkk (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) UNTUK Kesadaran Legalitas Usaha Bagi UMKM Kelurahan Dukuh Sutorejo. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 01, 02. Hal 81 –88.

Latiep, F, dkk. (2023). Penggunaan Video Konten Dalam Memperkuat Promosi Produk. Journal Of Career Development.

Meilasari Sri, U. dkk. (2024). Pendampingan UMKM Kecamatan Wonokromo Melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha Menuju UMKM Naik Kelas. Journal of Human And Education, 4(4), 136-143.

Mutinda Teguh, W. dkk (2020). Sosialisasi Pentingnya Legalitas Usaha Dan Penjualan Online Untuk Pengembangan Usah Amikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa. Vol. 01, No. 02, Hal 240 – 246.

Pradana, W, N, dkk. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. Accounting and Business Information Systems Journal. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Permatasari, dkk (2022). Pendampingan UMKM Dalam Pembuatan NIB Melalui Sistem Online Single Submission Di Kelurahan Karangsari Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya.

Rahmanisa Anggraeni, (2022). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum. Vol. 1, No. 2, Hal 77-83. Septi Indrawati, dkk (2021). Edukasi Legalitas Usaha sebagai Upaya Perlindungan Hukum bagi Pemilik UMKM. Jurnal Pengabdian Hukum Kepada Masyarakat. Vol. 01, No. 03, Hal 231 – 241.

Sonny Wijaya, dkk (2023). Legalitas dan Digitalisasi UMKM Blangkon Pacul Gowang dan Pakaian Adat di Desa Sawocangkring Sidoarjo untuk Mendukung SDGs. Open Community Service Journal 02. Hal 100 -112.

Sulaiman Helmi, dkk (2024). Pelatihan Pengelolaan Digital Marketing UMKM Naik Kelas di Provinsi Lampung. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(5).

Tanan, C. I. dkk (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2),173-185.

Wildan U, M. dkk (2023). Pendampingan Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Pelatihan Media Sosial guna Daya Saing Ekonomi melalui Inovasi Produk pada UMKM Desa Sukagalih, Megamendung. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. Vol 3 (4), 723-732.

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Pratiwi, A., & Kusumasari, I. R. (2025). Optimalisasi Proses Digital Marketing dalam Membangun Keunggulan Kompetitif : Penguatan Legalitas Umkm Melalui Kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) Pada Kelurahan Gebang Putih Kota Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(4), 939–945. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/238

Issue

Section

Articles