Peran Pelatihan Digital Marketing dan Marketplace dalam Meningkatkan Minat Beli Produk UMKM

Authors

  • Elfitra Widia Wulandari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Marketplace, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia, namun banyak di antaranya mengalami kesulitan dalam mengadopsi teknologi digital guna meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar. Dalam zaman digital ini, pelaku UMKM perlu mahir dalam pemasaran digital dan memanfaatkan platform marketplace untuk meraih lebih banyak pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil dari pelatihan digital marketing dan marketplace dalam mendukung UMKM di Desa Balongwono dalam meningkatkan usahanya. Pelatihan ini merupakan bagian dari program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bela Negara yang difokuskan pada pembelajaran teknik pemasaran digital melalui media sosial, serta panduan praktis untuk mendaftar dan berjualan di platform marketplace, khususnya Shopee. Kajian ini memberikan gambaran tentang pentingnya pelatihan digital marketing dan penggunaan marketplace dalam memberikan dampak positif pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta

References

Asmiatun, S. (2022). Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk KeberlangsunganUMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1). Retrieved from https://www.abdiformatika.org/index.php/home/articl e/view/146/24

Cahya, A. D. (2021). Memanfaatkan Marketplace sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualan di Tengah Pandemi Covid 19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: p-ISSN 2615-3009 Economic, Accounting, Management and Business, 4. Retrieved from:https://www.ojspustek.org/index.php/SJR/article/vie w/329/266

Fahdia, M. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika. Doi: 10.25008/abdiformatika.v2i1.147.

Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing bagi Wirausaha Milenial di Kota Kupang dalam Masa Pandemi Covid 19. Journal of Management, 14. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEM/article/vi ew/4784/2800

Kharisma, M. E. (2023). Pengaruh Marketplace dalam Pengembangan UMKM Warung Billa Lamongan Sekaran. Jurnal Potensial, 2. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/potensial/a rticle/view/549/374

M.A, M. (2024). Strategi Pemasaran UMKM di Surakarta: Peran Vital Pembuatan Konten Marketing untuk Meningkat-kan Daya Saing. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2 https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Mahardhika, A. P. (2023). Implementasi Digital Marketing Melalui Marketplace Pada UMKM Menjes Kyu Di Kelurahan Pakunden Kota Blitar. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). Retrieved from https://prin.or.id/index.php/nusantara/article/view/1408/1446

Mas’ari, A. H. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT Haluan Riau. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri.

Pramesti, S. C. (2024). Transformasi Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi: Peran Marketplace Shopee sebagai Pendorong Utama. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(4). https://ejurnal.kampusakademik.my.id/index.php/jem ba/article/view/105/96

Prihatini, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi. DOI: 10.55123/abdikan.v1i2.309

Rahmatissa, I. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Desa Perlang Dalam Pembuatan Brandingdan Pemasaran Melalui Marketplace. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 3. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/707/543

Sanjaya, A. N. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat.

Santoso, I. B. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Ibu Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Indonesian Journal for Social Responsibilty.

Saputra, H. R. (2023). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Economy Management Business and Entrepreneur, 1.

Saputri, S. A. (2023). Peran Marketplace dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia. Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan.

Satrionugroho, B. (2023). nalisis Efektivitas Penggunaan Akun Marketplace dalam MeningkatkanOmset Penjualan UMKM di Surakarta: Pendekatan Uji Beda Dua Mean. Economics And Business Management Journal, 3. Retrieved from https://www.ejournal- rmg.org/index.php/EBMJ/article/view/172/208

Setiyanto, B. (2021). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Marketplace Dalam Menunjang Kegiatan Pemasaran Pelaku UMKMPada Rumah BUMNPurbalingga. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/art icle/view/1854/1436

Siska, E. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas (JAP), 2. https://journal.perbanas.id/index.php/JAP/article/vie w/422/252

Wusko, A. U. (2023). Optimalisasi Online Marketing melalui Marketplace Shopee Produk UMKM Kopi Kutjur Sumberrejo Purwosari Pasuruan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa. 1. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/article/view/379/277

Yuliana, R. (2024). Strategi Digital Marketing Melalui Marketplace Pada UMKM CV. Rapoviaka Simple. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2. Retrieved from https://journal.arimbi.or.id/index.php/Maeswara/artic le/view/707/674

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Wulandari, E. W., & Andarini, S. (2025). Peran Pelatihan Digital Marketing dan Marketplace dalam Meningkatkan Minat Beli Produk UMKM . Jurnal Sinabis, 1(4), 946–959. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/239

Issue

Section

Articles