Pendampingan Digital Marketing Dengan Pemanfaatan Aplikasi Canva Bagi Pelaku Umkm Di Kecamatan Mejayan
Keywords:
Pendampingan, UMKM, Canva, Digital MarketingAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting bagi sektor perekonomian Indonesia. Dengan hal itu perlu adanya pemahaman dalam pengembangan bisnis dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital marketing pelaku UMKM di Kecamatan Mejayan melalui pemanfaatan aplikasi Canva. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah penyampaian materi dan praktik secara langsung. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu perkenalan, penyampaian materi, praktik, penutup dan laporan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam membuat desain grafis menggunakan Canva dan mampu menerapkannya dalam kegiatan pemasaran produk yang di hasilkan. Desain grafis yang dihasilkan meliputi desain logo produk, desain pemasaran produk dan desain label produk. Namun dalam pengabdian ini memiliki kendala diantaranya adalah kurangnya pengetahuan teknologi pelaku UMKM dan kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran digital secara keseluruhan.
References
Alimudin, A. & Purwantoro, G. 2022. Digital Marketing untuk UMKM. Surabaya : Narotama University Press
Andina, A. N., Salsabila, S., & Safitri, S. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pemasaran Digital Pada Ibu-Ibu PKK Pemilik Usaha Rumahan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3041-3047.
Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan penjualan produk UMKM masa pandemi Covid-19 melalui pelatihan digital marketing dengan graphic designer software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643-653. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574
Fatimah, F., Darna, D., Metekohy, E. Y., & Nuraeni, Y. (2024). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Promosi Produk UMKM Kota Depok. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 289-296.
Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2). https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2296
Imamah, F., Taufiq, M., & Wijaya, R. S. (2023). Pendampingan Digital Marketing TerhadapUmkm Rajut Dan Ecoprint ‘yeera Collection’kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. INCIDENTAL: Journal Of Community Service and Empowerment, 2(01), 28-37. https://doi.org/10.62668/incidental.v2i01.724
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Lestari, D. (2022). Penyuluhan Pengaruh Desain Grafis Terhadap Digital Marketing Bagi Karang Taruna Aksara RW 17 Kelurahan Pancoran Mas–Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(2), 5-9.
Mubarokah, L., Coriala, M. E., Rohim, F., & Pratiwi, R. (2023, March). Konten Iklan Berbasis Aplikasi Canva dalam Pemasaran Online UMKM di Desa Penawangan Kecamatan Pringapus. In Prosiding Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 3, No. 2, pp. 56-62).
Purbaratri, W., Tachjar, N. K., & DT, L. P. (2024). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing Berbasis Canva. Jurnal Igakerta, 1(2), 1-5. . https://doi.org/10.70234/3jy8gj78
Rahmadana, M.F. 2021. Ekonomi Digital. Bali : Nilacakra. Rustini, T., Arifin, M. H., Istianti, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pelatihan digital marketing dengan pemanfaatan aplikasi bagi pelaku UMKM Kabupaten Pangandaran Di Masa Pandemi Covid-19. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 987-993.
Satria, D., Amalia, Y., Syafa, N., Aisyah, T., Azka, M., & Olivia, L. (2024). Pendampingan Digital Marketing Dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Penggaron. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(01), 168-177.
Siska, E., & Noviyah, N. M. R. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan pada Masa New Normal dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing di Panti Sosial Asuhan Anak Muslimin Manggarai Selatan Tebet. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(1), 1-16.
Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.
Suryani, T., Nurhadi, M., & Fauzi, A.M. 2020. E-Marketing Bagi UKM : Strategi Periklanan, Website & Sosial Media. Surabaya : Jakad Media Publishing.
Syty, S. Q. (2023). A PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK PEMBUATAN CONTENT MARKETING DI SMK YPUI PARUNG. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), 594-599.
Ulva, A. M., & Kusumasari, I. R. (2024). Peran Fasilitator Pendamping Dalam Pemberdayaan UMKM Nasabah Bank BTPN Syariah Di Kecamatan Mejayan Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(02), 180-184.
Yuniarti, P., Indriyani, F., Suharini, S., & Marthanti, A. S. (2021). Penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan desain promosi usaha pada karang taruna desa sukaharja. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 88-95.
Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99-105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ais Mariya Ulva, R. Yuniardi Rusdiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


