Pendampingan Digital Marketing dalam Pembuatan Social Media Instagram dan E-Katalog pada Umkm Batik Ecoprint di Desa Mojowangi Kab. Jombang

Authors

  • Mitha Anggisna Angreini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Jojok Dwiridotjahjono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Batik Ecoprint

Abstract

Perkembangan teknologi internet telah mengubah cara pemasaran tradisional menjadi digital marketing, yang menjadi kunci sukses bagi UMKM, terutama dalam sektor kerajinan batik. Di Desa Mojowangi, Kabupaten Jombang, terapat UMKM yang memproduksi batik ecoprint dengan pendekatan ramah lingkungan. Dalam upaya memberdayakan UMKM ini, dilakukan pengabdian masyarakat yang fokus pada pendampingan pembuatan akun Instagram dan e-katalog untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui pendampingan ini, pelaku usaha diajarkan cara mengelola akun Instagram yang teroptimasi dengan konten berkualitas tinggi serta interaksi yang efektif dengan pengikut. Selain itu, e-katalog digital dibuat untuk menyajikan informasi produk secara menarik, mencakup foto, deskripsi, dan harga, sehingga memudahkan calon pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Mursi Collection kini memiliki akun Instagram yang aktif dan e-katalog yang terstruktur dengan baik. Penerapan strategi digital marketing diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan omzet Mursi Collection, serta melestarikan warisan budaya lokal batik.

References

A. Asnawi, “Kesiapan Indonesia Membangun Ekonomi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0,” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 398–413,

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 77–88.

Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (2019) The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, 5(5).

Fadhilah, Dian Azmi dan Tami Pratiwi. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1) 17-22. Diunduh dari https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetitio n/article/view/279

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Kaur, Gurneet. (2017). The Importance of Digital Marketing in The Tourism Industry. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6) 72-77. Diunduh darihttps://www.granthaalayahpublication.org/journals/index.php/granthaalayah/articl e/view/IJRG17_A06_387/1877

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359-368. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.888

N. S. B. Maria and T. Widayati, “Dampak perkembangan ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi ekonomi,” JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 6(2), 234–239, 2020.

Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136-149.

https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883 Nusantara, Cyptaning Ajie. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas EAS Technonopreneurship Digital Content (A). Diunduh dari http://repository.untag-sby.ac.id/7423/

Rahmi, N., Maula, N., Nasti, N. N., Adilla, H., Fadhillah, M. A., Falla, C. Z., & Siregar, M. I. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(2), 64-70. https://www.jpaceh.org/index.php/pengabdian/ar ticle/download/41/33

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137-142.https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1. 11534.

Saraswati, Erwin. (2019). Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi UMKM Mitra Binaan PT. Semen Indonesia. Journal of Dedicators Community, 3(3) 97-105. Diunduh dari https://ejournal.unisnu.ac.id/JDC/article/view/10 40/pdf

Sucipto, K. R. R., & Yahya, A. F. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Subway Indonesia melalui Reels Instagram @subway.indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.25139/jkp.v6i1.4456

Sulaksono, Juli dan Nizar Zakaria. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1) 41-47. Diunduh dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/vi ew/13906

Sumartono dan Ari Suhartono. (2019). Tindak Penipuan Bisnis Onlien dalam Kajian Perspektif Hukum Pidana dan Sosiologi Pada Masyarakat Sosial Media. Scientific Journal of Education, Economic, and Engineering, 1(1) 72-86. Diunduh dari https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/ar ticle/view/10

Topan, D. A., & Widiasanty, G. (2022). Strategi Marketing Public Relations Urban Republic Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1755

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103

Wibowo, Bambang Setia dan Diaz Haryokusumo. (2020). Capturing Opportunities in the Industrial Revolution 4.0: E-Commerce, Digital Marketing, Prestige, and Instant Online Buying. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(2) 198-206. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/348463745_Capturing_Opportunities_in_the_Industrial_Revolution_40_E Commerce_Digital_Marketing_Prestige_and_In stant_Online_Buying

Zhu, Guoan dan Xue Gao. (2019). Precision Retail Marketing Strategy Based on Digital Marketing Model. Science Journal of Business and Management, 7(1) 33-37. Diunduh dari https://doi.org/10.11648/j.sjbm.20190701.15.

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Angreini, M. A., & Dwiridotjahjono, J. (2025). Pendampingan Digital Marketing dalam Pembuatan Social Media Instagram dan E-Katalog pada Umkm Batik Ecoprint di Desa Mojowangi Kab. Jombang. Jurnal Sinabis, 1(4), 969–979. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/241

Issue

Section

Articles