Pelatihan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Pertumbuhan UMKM Di Kelurahan Sidoklumpuk
Keywords:
Teknologi Digital, Pertumbuhan Ekonomi, DigitalisasiAbstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sidoklumpuk melalui adopsi teknologi digital. Program ini menyediakan pelatihan serta pendampingan intensif yang berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar, meningkatkan branding, serta mengoptimalkan pemasaran online. Pelatihan yang diberikan meliputi penggunaan platform e-commerce, strategi pemasaran digital yang efektif, serta pemanfaatan media sosial guna membangun brand awareness yang kuat. Pendampingan juga melibatkan rebranding produk, pengelolaan stok berbasis digital, dan pengenalan Google Maps untuk meningkatkan visibilitas lokasi usaha. Melalui program ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat mengatasi kendala dalam transformasi digital dan meningkatkan daya saing mereka di pasar lokal maupun global. Selain memberikan pemahaman teoritis, program ini mendukung penerapan praktis di lapangan dengan pendampingan berkelanjutan. Dengan mengadopsi teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan konsumen, dan berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-5. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/ article/view/6766
Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764
Irianto, H., Viesta, A. Dela, Nugroho, A. T., Wahyuni, T., Prabowo, W. C., Hamid, I. N., Anufah, T. N., Permatasari, H. I., Salsabila, A., Sofyana, S., & Hardiyanti, F. Y. (2018). Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), 60. https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i2.66865
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Kecamatan Lengkong KotaBandung. In Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas 2(2). http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/dharma- bhakti/article/view/74/36
Raharja, S., J dan Nata, S., U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), April 2021, Hal 108 – 123. https://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/vie w/32361/0
Ramadhany, E., D., Arief, M., H., Nugroho, D., M., dan Laily, N., F. (2023). Digitalisasi Umkm Melalui Penggunaan Media Sosial Dan Google Maps Untuk Meningkatkan Visibilitas Dan Efektifitas Penyebaran Informasi Bisnis. Swarna : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 969-974. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/sw arna/article/view/875
Sholeh, Y., Mulisi, S., dan Mubasyiroh L. (2024). Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Mengoptimalisasikan Penggunaan Digital Marketing Pada Masyarakat Desa Banyoneng Dajah Bangkalan. Communnity Development Journal, 5(3) 4498-4503. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.p hp/cdj/article/view/28671
Sholikah, R., Ulhaq, I., D., dan Laili, N. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), Hal : 243 254. https://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/ view/64
Zabadi, F., Siwi Hanayanti, C., Rosalina Rahmawati, R., Madura, U., & dr Slamet Martodirdjo, R. H. (n.d.). (2023). Pemanfaatan Google-Maps Sebagai Bentuk Digitalisasi Pemasaran Produk Umkm Di Desa Bunder. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 11(2). https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.p hp/jadimas/article/view/4954
Dinata, Y. A., & Nurtjahjani, F. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Kpeutusan Pembelian Sabun Cuci Piring Sunlight (Studi Pada Warga Dewa Songgokerto Kota Batu). Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 99-104. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Citra-Merek-Dan Kesadaran-Merek-Terhadap-Dinata Nurtjahjani/b9bd00c85108181648708dd65345d44 dca183499
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25 256
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawu la.v3i2.28181
Muhammad, Sy. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. NU Online.https://www.nu.or.id/post/read/123247/dampak-pandemi-Covid-19-terhadap-umkm-di- indonesia
Islami, Nur. (2017). UMKM Online Indonesia Masuk Sarang Raksasa!, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, https://kominfo.go.id/content/detail/10686/umkm-online-indonesia-masuk-sarang-raksasa/0/sorotan_media
Arista, D, dkk. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Bumdes Banyuanyar Berkarya Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550–556. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35657.
Arliman S, L. (2017). Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 387. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.194
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Kusumawardhani, R., Kurniawan, I. S., Maulida, A., & Cahya, A. D. (2020). Pelatihan UKM Rumahan Industri Pangan sebagai Upaya Meminimalkan Kendala Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(1), 23. https://doi.org/10.22146/jpkm.46438
Buchari, R. D. A., Darmawan, I., Nurcahya, E. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Strategi Pengembangan Potensi Umkm Pada Era New Normal Di Kabupaten Garut. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 206–210.http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/32420
Hidayat, E. N. (2020). Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 309. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29055
Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi DanPembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochammad Salim Bahreisy, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


