Digitalisasi: Konsep Transformasi Bisnis di Era Digital

Authors

  • Durotun Nafisah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Transformasi Bisnis, Digital, Bisnis Digital

Abstract

Transformasi bisnis digital telah menjadi salah satu kebutuhan strategis bagi banyak pelaku bisnis di seluruh dunia. Transformasi bisnis digital adalah proses strategis yang melibatkan penerapan teknologi digital dalam operasional perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk membahas konsep transformasi bisnis di era digital. Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil menunjukkan bahwa transformasi bisnis digital didorong oleh berbagai faktor, seperti perubahan regulasi, perkembangan teknologi, serta pergeseran perilaku dan harapan konsumen. Manfaat utama dari transformasi digital meliputi peningkatan pengumpulan data yang lebih baik, manajemen sumber daya yang lebih efisien, mendorong budaya digital dalam organisasi, serta peningkatan produktivitas dan kelincahan perusahaan. Namun, transformasi ini juga menghadirkan tantangan, termasuk ancaman terhadap keamanan siber, privasi data, persaingan yang ketat, serta kebutuhan akan keterampilan digital yang terus berkembang. Untuk berhasil, perusahaan perlu mengembangkan strategi digital yang adaptif, inovatif, dan responsif terhadap perubahan pasar dan teknologi

References

Aisyah, E. N., Fauji, D. A., Ismayantika, Puspasari, D., Rahadjeng, E. R., Nurjannah, D., Mahmud., Saptaria, L., Rahman, F., Subhan, E.S., Utami, A. B. (2021). Transformasi Bisnis Digital. Kediri: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Anjani, R. W. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(01): 29-40.

Arifiani, L., & Furinto, A. (2022). TRANSFORMASI MODEL BISNIS Konsep, Strategi, dan Antisipasi Menyongsong Era Metaverse. Surabaya: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Astuti, A. W., Sayudin, & Muharam, A. (2023). PERKEMBANGAN BISNIS DI ERA DIGITAL. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(09): 2787-2792 .

Firdaus, R., Margutomo, S. A. ., Dulame, I. ., Hastuti, D., Yulhendri, Yendri, O., Bayu, Setiawan, I., Hernando, R., Hidayat, S., Efitra, Ridwan, A., Lutfi, M., & Bakhar, M. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Habib, M. N., & Shah, D. A. (2013). Business Process Reengineering: Literature Review of Approaches and Applications. Proceedings of 3rd Asia-Pacific Business Research Conference 25-26 February 2014. Kuala Lumpur, Malaysia

Hadiono, K., & Noor Santi, R. C. (2020). Menyongsong Transformasi Digital. Proceeding Sendiu. 22 July 2020, 978-979.

Maghfiroh, F. M., Natalina. S. A., Efendi. R. (2023). Transformasi Ekonomi Digital: Connection Integration E-Commerce Dan S-Commerce Dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy. 2(01):1-10

Marpaung, S. F., Siregar, H. Z., Abdillah, F., Fadilla, H., & Marunung, M. A. (2023). Dampak Transformasi Digital terhadap Inovasi Model Bisnis dalam Start-up Teknologi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(03): 6111-6122.

Ngafifi, Muhammad. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 2(01): 33- 47

Oktaviani, E., Wasono, A., Prakoso, I., Manajemen, M. M., Jakarta, U., Manajemen, D. M., & Jakarta, U. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi. 16 : 16-26.

Osmundsen, K., Iden, J., & Bygstad, B. (2018). Digital Transformation: Drivers, Success Factors, and Implications. Mediterr. Conf. Inf. Syst. Proc, 12: 1-15.

Prihatin, P. N. (2023). BUDAYA PEMBELAJARAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL Learning Culture in the Era of Digital Transformation. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(06).

Utami, N., Oktaviani, N., Rohaeni, S., & Yuliyana, V. (2024). Peran Transformasi Digital Bagi Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Modern. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(01): 423-431.

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Nafisah, D., & Nirawati, L. (2025). Digitalisasi: Konsep Transformasi Bisnis di Era Digital . Jurnal Sinabis, 1(4), 990–997. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/243

Issue

Section

Articles