Optimalisasi Digital Marketing Melalui Media Website Berbasis Wordpress Sebagai Strategi Promosi UMKM Desa Gedangan Kabupaten Jombang

Authors

  • Tarissa Seshita Hadi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Acep Samsudin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Website, Promosi Media Sosial, Desa Gedangan

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gedangan dengan membuat website sentragedangan.wordpress.com sebagai media promosi dan informasi produk lokal. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, survei, dan wawancara dengan pelaku UMKM setempat. Website ini dirancang untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan teknologi digital marketing. Kontribusi utama kegiatan ini adalah meningkatkan visibilitas produk UMKM di dunia digital, memberikan akses yang lebih luas kepada konsumen, serta meningkatkan daya saing UMKM secara signifikan. Namun, keterbatasan yang dihadapi adalah rendahnya literasi digital di kalangan pelaku UMKM, sehingga perlu dilakukan pelatihan lebih lanjut terkait pengelolaan website dan digital marketing. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya adalah menyediakan pelatihan intensif serta memperluas fitur-fitur website, seperti integrasi e- commerce, agar UMKM dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi lokal melalui digitalisasi usaha kecil

References

Aini, A. Q., & Pribadi, J. D. (t.thn.). Pembuatan Website menggunakan CMS Wordpress Sebagai Media Promosi Pada Rumah Crochet Batu. Jurnal Aplikasi Bisnis.

Al Baihaqqi, M. A., Anggraeni, C. A., Shufiyah, H., Putri, R. A., & Febrianita, R. (2024, July). Pembuatan Website UMKM Desa Gedangan Sebagai Media Informasi Dan Promosi Produk Desa. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM) , 3(1), 185-193.

Bukit, F. R., Geby, G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019, September). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi Produk kuliner. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2). http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i2.4317

Cahyo, O. A., Setiawan, D., & Lenawati, M. (2022, November 30). Implementasi Digital Marketing Berbasis Wordpress pada Ichi Hydroponic Store Madiun. Pilar Teknologi : Jurnal Ilmiah Ilmu : Ilmu Teknologi, 7(2),18-25. https://doi.org/10.33319/piltek.v7i2.121

Darmawan, F. (t.thn.). Implementasi Website dan E- commerce Sebagai Promosi Online UMKM Desa Telukbango. Abdima Jurnal Pengabdian mahasiswa, 2(1).

Dimas, N., Dewi, I., Latiefa, Z., Rosanto, A., & Amin, S. (2021). Perancangan Website sebagai Media Digital Marketing untuk Mendorong Pemasaran UMKM. Jurnal Bina Desa, 3(3), 176-180. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbi nadesa

Farajmuhadzib, I. M., & Hidayaty, D. E. (t.thn.). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi UMKM Dodol Ngora Desa Gemppol Kecamatan Banyusari. Abdima Jurnal Pengabdian Mahaasiswa.

Fatttah, F., & Azis, H. (2020, June 30). Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar . Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 15-20.

Fitriyah, N., Fahrizky, R., Rivaldi, A., & Endow S, B. A. (2022, June). Diseminasi Informasi Potensi Desa Wisata Melalui Website . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) , 2(3), 261-269. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.idpaper

Hidayat, A. M., Yusiana, R., Aziz, F., Novandriani, N., Mulyono, K., Pangarso, A., Hapsari, G. I. (2023, March). Peningkatan Kapabilitas UMKM Yayasan Rikalikas Melalui Website HiUMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 208-215. doi:10.33379/icom.v3i1.2226

Novitassari, D. S., Marseto, & Nisa, F. L. (2023, September). Pendampingan UMKM Menuju Industri Kreatif Melalui Implementasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Kedungdalem Kabupaten Probolinggo. SELAPARANG .Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3).

Nur, S., Nugroho, I. S., Fatman, Y., Salim, F. F., & Fadlurohman, H. A. (2023). Pembuatan Website Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Masyarakat Desa Cijambu-Sumedang. Communnity Development Journal , 4(4), 8947-8951.

Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022, June). Pelatihan Dan Pembuatan Website E-Commerce Pada UMKM Mudokufood Tembilahan. Communnity Development Journal , 3(2), 626-637.

Purnomo, R. F., Dirayati, F., Oktaria, E. T., & Yuniarthe, Y. (2024, January). Sosialisasi Peranan Website Sebagai Media Publikasi Kegiatan UMKM Pada Balai Desa. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(1). Diambil kembali dari https://jpu.ubl.ac.id/index.php/jpu

Putri, S. E., & Prabowo, B. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Strategi Digital Marketing UMKM. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 3(3). doi:10.55606/nusantara.v3i3.1452

Qorib, H. K., Joniarta, I. W., Hainingsih, W. M., Puspitasari, F. l., Jundi, A., Setyawan, D., . . . Ladira, F. (2023, October). Peranan Digital marketing Bagi Usaha Mikro Dalam Mengembangkan Desa Ungga Sebagai Desa Wisata kampung Perak. Jurnal Bakti Nusa , 4(2), 64-72. doi:0.0000/jgn.v4i2.9

Rahmat, D., Nuryusuf, P., & Noviana, T. N. (2022, August 01). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 Di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 03(01), 12-23. Diambil kembali dari ejournal.uksw.edu/jms

Septarina, L., Hakim, L., Febriani, O. M., & Azim, F. (2023, May). Pelatihan Pembuatan Website untuk Pemasaran Produk UMKM Desa Ceringin Asri. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2). https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr

Suharso, A., Rozikin, C., Kusnadi, K., & Nurcahyani, D. R. (2021). Pelatihan dan Pembuatan Website pada Pemerintahan dan UMKM Desa Kedawung, Karawang . JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 6(1), 298-304. https://doi.org/10.30653/002.202161.749

Widodo, A., Setyorini, R., Sisilia, K., Hendriyanto, R., Widaningsih, S., Dillak, R. G., Ramadhan, M. Y. (2023, January). Pembangunan Website dan Sarana Podcast UMKM Kampung Digital Sentra Kreasi Desa Pameungpeuk . SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 37-41. doi:10.32699

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Hadi, T. S., & Samsudin, A. (2025). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Media Website Berbasis Wordpress Sebagai Strategi Promosi UMKM Desa Gedangan Kabupaten Jombang . Jurnal Sinabis, 1(4), 1007–1013. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/246

Issue

Section

Articles