AI dan Inovasi Promosi: Mempersiapkan Diri untuk Era 5.0
Keywords:
Pemasaran, AI, Industri 5.0, InovasiAbstract
Penelitian ini menyelidiki penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam manajemen pemasaran, dengan fokus pada peluang dan tantangan yang timbul dari integrasi teknologi ini dalam strategi pemasaran. Tujuan utama penelitian adalah untuk memahami bagaimana penerapan AI dapat meningkatkan efisiensi, dalam pengambilan kegiatan pemasaran. Metodologi yang digunakan melibatkan analisis literatur dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi tren terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berkontribusi positif dalam meningkatkan personalisasi pesan dan penawaran, mengoptimalkan efisiensi operasional melalui otomatisasi, serta memberikan wawasan mendalam tentang perilaku konsumen dan tren pasar. Namun, tantangan terkait privasi pelanggan dan ketergantungan pada kualitas data yang representatif juga diidentifikasi. Kesadaran dan manajemen yang efektif dari tantangan ini penting untuk memastikan keberhasilan penerapan AI dalam strategi pemasaran dan mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan. Penelitian ini juga menyoroti potensi besar AI dalam mempersonalisasi pengalaman pengguna dan meningkatkan interaksi antara merek dan pelanggan. Di era Industri 5.0, kolaborasi antara manusia dan mesin menjadi kunci, di mana AI dapat membantu perusahaan merancang kampanye yang lebih terarah dan adaptif. Dengan demikian, keberhasilan integrasi AI dalam pemasaran sangat tergantung pada kualitas data dan komitmen perusahaan terhadap transparansi, yang dapat memberikan keunggulan kompetitif di pasar yang dinamis.
References
Haleem, A., Javaid, M., Asim Qadri, M., Pratap Singh, R., & Suman, R. 2022. Artificial intelligence (AI) applications for marketing: A literature-based study. International Journal of Intelligent Networks, 3(July), 119–132. https://doi.org/10.1016/j.ijin.2022.08.0 05
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Gede, I., Mertayasa, A., & Nugraha, A. R. 2024. Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, 8(2), 1–10.
Maihani, S., Syalaisha, S. N., Yusrawati, Y., T.M.Nur, T. M. N., Ria, D., Kumita, K., & Zaki, S. A. 2023. Peran Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Inovasi Pemasaran. Warta Dharma-wangsa, 17(4), 1651–1661. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3817
Nirwana, A., Sudarmiatin, & Melany. 2023. Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Explo-ration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akun-tansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4 034
Nurdin Hidayah. 2023. Marketing 5.0: Pengertian, Filosofi & Pilar. Pemasaran Pariwisata. https://pemasaranpariwisata.com/2023/ 07/24/marketing-5-0-pengertian- filosofi-pilar/#google_vignette, diakses tanggal 5 Oktober 2024.
Nurjanah, A. E., Hadiyanti, D. A., & Mufidah, H. 2024. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Peran Artificial Intelligence ( AI ) dalam Inovasi Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1142–1146.
Razak, I. 2023. Use of Artificial Intelligence in Marketing Management: Opportunities and Challenges. Jurnal Info Sains: Informatika Dan Sains, 13(03), 1169–1174. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index .php/InfoSains/article/view/3983%0Aht tps://ejournal.seaninstitute.or.id/index.p hp/InfoSains/article/download/3983/31 58
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. 2023. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal Economy Management Business and Entrepreneur, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1 592
Universitas Bina Nusantara. (2024). Peran AI dalam Marketing: Cara Kerja dan Penerapannya. Binus University Online. https://online.binus.ac.id/2024/06/11/pe ran-ai-dalam-marketing-cara-kerja-dan- penerapannya/#:~:text=Apa Itu AI di Marketing,yang relevan untuk kepentingan pemasaran, diakses tanggal 5 Oktober 2024.
Vera Maria, Nabylla Zahra, & Safina Prabowo. (2024). Digital Marketing Strategy in the Industry 5.0 Era. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(4), 117–127. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i4. 1005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agnesya Putri Aryanta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


