Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Digital Untuk Mengoptimalkan Proses Bisnis Shoessimple

Authors

  • Ahmad Yanuar Bahri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Indah Respati K Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Pemasaran Online, Media Sosial

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Shoessimple di Kota Surabaya, dalam memanfaatkan strategi digital marketing untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan penjualan, Shoessimple merupaan usaha berupa jasa pencuci sepatu yang sebelumnya mengandalkan pemasaran konvensional yang terbatas. Program ini meliputi pembuatan website bisnis, pengelolaan akun Google My Business, serta pengembangan media sosial melalui Facebook Fanpage dan Instagram Bisnis. Website berfungsi sebagai platform e-commerce dengan optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas, sedangkan akun Google My Business membantu meningkatkan aksesibilitas informasi lokal. Media sosial digunakan untuk promosi dan interaksi dengan pelanggan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam jangkauan pasar dan penjualan, dengan Shoessimpla berhasil memanfaatkan platform digital untuk memperkuat kehadiran online dan mendukung pertumbuhan usaha di pasar yang kompetitif

References

Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. (2021). Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85-93. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3578

Budaraga, I. K., & Devi, W. S. (2021). Pengabdian kepada Masyarakat Peningkatan Kualitas Usaha Keripik Talas Asyifa Oleh-oleh. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 172-180. https://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/pengmas/article/view/1963

Mallapiang, F., Kurniati, Y., Syahrir, S., Lagu, A. M. H., & Sadarang, R. A. I. (2020). Pengelolaan sampah dengan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) di wilayah pesisir Bulukumba Sulawesi Selatan. Riau Journal of Empowerment, 3(2), 79-86. https://doi.org/10.31258/raje.3.2.79-86

Nalhadi, A., Syarifudin, S., Habibi, F., Fatah, A., & Supriyadi, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga menjadi Pupuk Organik Cair. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43-46. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2134

Oktaviana, F., Hanidian, O., Aji, B. S., & Baihaqi, I. (2020). Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Online di Desa Paremono. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 49-56. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3205

Palenti, C. D. (2021). Peningkatan Keteram-pilan Komunikasi melalui Participatory Learning Pada kegiatan Pemberdayaan Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 87-98. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37074

Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190-196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028

Wijaya, H., & Hidayat, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 1-11. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/29644

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2020). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 50-62. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/22340

Putra, Z. F. S., & Sholeh, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Edutech, 19(1), 1-15. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/23567

Santoso, B., & Wulandari, D. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 65-79. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/13098

Rachman, A., & Andini, D. W. (2021). Strategi Sekolah dalam Menghadapi Sistem Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-11. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jmp/article/view/9340

Widiyono, A., & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2), 102-107. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30125

Farida, U. (2020). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Religiusitas Anak. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1), 1-16. https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JBK/article/view/1330

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 45-52. http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/626

Pratama, R. A., & Pratiwi, I. M. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gpi/article/view/22803

Nugroho, A., & Mareza, L. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 184-197. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15321

Suryani, Y. E. (2020). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 39-47. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/29601

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962-971. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/493

Zulherman, Z., Amirullah, G., & Purnomo, A. (2021). Development of Android-based Millennial Mathematics Learning Media for Junior High School Students. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 89-100. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/17835

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Bahri, A. Y., & K, I. R. (2025). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Digital Untuk Mengoptimalkan Proses Bisnis Shoessimple . Jurnal Sinabis, 1(4), 1028–1035. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/249

Issue

Section

Articles