Pemanfaatan AI (Jmo) Untuk Meningkatkan Efisiensi Dalam Pelayanan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto

Authors

  • Khoirun Nisak Shabira Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sumainah Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

AI, JMO, Efisiensi, Pelayanan

Abstract

Tujuan pengabdian  masyakat ini sebagai pemanfaatan AI  (JMO)  untuk  meningkatkan   efisiensi  dalam  pelayanan peserta BPJS  Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto. Metode pelaksanaan  yang digunakan  yaitu sosialisasi.  Hasil pengabdian ini menunjukkan dengan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pelayanan peserta BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan  efisiensi layanan dapat meningkat, serta peserta dapat mendapatkan  pelayanan  yang lebih cepat dan akurat. Selain itu, penggunaan AI juga dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas layanan BPJS Ketenagakerjaan secara keseluruhan

References

Amira, B., Nasution, P, I, M. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan M enengah (UM KM). Vol. 1 No. 4 Desember 2023. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i4

Astuti, W,A., dll. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia. Vol 2, No. 9. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Atmaja, S. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Tranformasi Digital Untuk Pelayanan Publik. Vol 6, No.1. https://www.ejournal.lppm- unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/3233

Budiman, N, M. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wargaku Sebagai Praktek Digitalisasi Public Relations Pemerintah Kota Surabaya. Vol 5, No.1. https://journalaudiens.umy.ac.id/index.php/ja/ar ticle/view/345

Fidiyanti, F., dll. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggu-nakan Teknologi Artificial Intelegence. Jurnal of Compreh ensive Science. Vol 2, No. 7.

Garbo, A., Latifah,R,H. (2024). Optimasi Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Melalui Penggunaan Kecerdasan Buatan. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol 9, No. 2. https://www.doi.org/10.30651/jms.v9i2.22128

Gulo. K, E. (2022). Studi Kualitatif Pemanfaatan Media Digital Dalam Pelayanan Gereja. Vol 2, No. 1. https://hineni.sttsundermann.ac.id/index.php/hji m/article/view/188

Ilyas, A. (2021). Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Masa Pndemi di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3, No. 2. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/vi ew/1173

Khan, A. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik Bagi Pemimpin di Era Digitalisasi di Provinsi Riau. Vol 14, No. 2. https://journal.unilak.ac.id/indek.php/nia/article/ view/6246

Komalasari, M. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (artificial Intelligence) Dalam Telemedicine: Dari Perspektif Profesional Kesehatan. Vol 9. (2). https://e- journals.unmul.ac.id/index.php/JKM /article/view/8309/4591

Marlina, A., Bimo, A,W. (2018). Digitalisasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ilmiah Inovator

Muzakir, Ully., dll. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi: Tinjauan Literatur Tentang Aplikasi, Etika, Dan Dampak Sosial. Vol 6, No.4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph p/jrpp

Nurrahman, A., dll. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kabupaten garut. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan. Vol 3, No. 1. https://ejournal.ipdn.ac.id/JTKP/article/view/2126

Priowirjanto, S,E. (2022). Urgensi Pengaturan Mengenai Artifical Intelligence Pada Sektor Bisnis Daring Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Vol 6, No. 2. https://doi.org/10.23920/jbmh.v6i2.355

Rahmayanti, R., dll., Pemanfaatan Digitalisasi Sistem Pelayanan Publik bagi Peningkatan Efektivitas Organisasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ). 4(6). https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/3671

Raihan, M., dll. (2024). Analisis Dampak Perkembangan Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasio-nal Bank Syariah (Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad). Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah. Vol 7, No.2. https://www.jurnal.stiealwashliyahsibolga.ac.id/in dex.php/jesya/article/view/1762

Santoso, T., dll. (2024). Pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) Untuk M eningkatkan Kinerja Kelurahan Sukasari. Vol 3, no.6. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amm a

Sedayu, S,A., Andriansyah. (2021). Pemanfa-atan Big Data Pada Instansi Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(7). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/det ail/2476925

Sudirman, L., dll. Implikasi Artificial Intelligence Terhadap Pelayanan Bantuan Hukum Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Hukum. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/Ju rnal-ADIL/article/view/3650

Triyono, Y., dll. (2024). Transformasi Digital : Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Layanan Publik. Jurnal Manajemen Modern. Vol 6, No. 3. https://journalpedia.com/1/index.php/jmm/articl e/view/2045

Wijayaningsih, R., dll. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Transformasi Inteljen Bisnis Untuk Keunggulan Kompetitif. 4(3). 136-141. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3016

Zsazsa, C, S, K, M., Sitepu, E. (2023). Implementasi Artificial Intelligence Pada Pelayanan Publik. 3(3). https://www.j- las.lemkomindo.org/index.php.AFoSJ-LAS/article/view/616/730

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Shabira, K. N., & Fauziah, S. (2025). Pemanfaatan AI (Jmo) Untuk Meningkatkan Efisiensi Dalam Pelayanan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto . Jurnal Sinabis, 1(4), 1036–1041. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/250

Issue

Section

Articles