Pemanfaatan AI (Jmo) Untuk Meningkatkan Efisiensi Dalam Pelayanan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto
Keywords:
AI, JMO, Efisiensi, PelayananAbstract
Tujuan pengabdian masyakat ini sebagai pemanfaatan AI (JMO) untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanan peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu sosialisasi. Hasil pengabdian ini menunjukkan dengan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pelayanan peserta BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan efisiensi layanan dapat meningkat, serta peserta dapat mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan akurat. Selain itu, penggunaan AI juga dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas layanan BPJS Ketenagakerjaan secara keseluruhan
References
Amira, B., Nasution, P, I, M. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan M enengah (UM KM). Vol. 1 No. 4 Desember 2023. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i4
Astuti, W,A., dll. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia. Vol 2, No. 9. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Atmaja, S. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Tranformasi Digital Untuk Pelayanan Publik. Vol 6, No.1. https://www.ejournal.lppm- unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/3233
Budiman, N, M. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wargaku Sebagai Praktek Digitalisasi Public Relations Pemerintah Kota Surabaya. Vol 5, No.1. https://journalaudiens.umy.ac.id/index.php/ja/ar ticle/view/345
Fidiyanti, F., dll. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggu-nakan Teknologi Artificial Intelegence. Jurnal of Compreh ensive Science. Vol 2, No. 7.
Garbo, A., Latifah,R,H. (2024). Optimasi Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Melalui Penggunaan Kecerdasan Buatan. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol 9, No. 2. https://www.doi.org/10.30651/jms.v9i2.22128
Gulo. K, E. (2022). Studi Kualitatif Pemanfaatan Media Digital Dalam Pelayanan Gereja. Vol 2, No. 1. https://hineni.sttsundermann.ac.id/index.php/hji m/article/view/188
Ilyas, A. (2021). Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Masa Pndemi di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3, No. 2. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/vi ew/1173
Khan, A. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik Bagi Pemimpin di Era Digitalisasi di Provinsi Riau. Vol 14, No. 2. https://journal.unilak.ac.id/indek.php/nia/article/ view/6246
Komalasari, M. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (artificial Intelligence) Dalam Telemedicine: Dari Perspektif Profesional Kesehatan. Vol 9. (2). https://e- journals.unmul.ac.id/index.php/JKM /article/view/8309/4591
Marlina, A., Bimo, A,W. (2018). Digitalisasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ilmiah Inovator
Muzakir, Ully., dll. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi: Tinjauan Literatur Tentang Aplikasi, Etika, Dan Dampak Sosial. Vol 6, No.4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph p/jrpp
Nurrahman, A., dll. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kabupaten garut. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan. Vol 3, No. 1. https://ejournal.ipdn.ac.id/JTKP/article/view/2126
Priowirjanto, S,E. (2022). Urgensi Pengaturan Mengenai Artifical Intelligence Pada Sektor Bisnis Daring Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Vol 6, No. 2. https://doi.org/10.23920/jbmh.v6i2.355
Rahmayanti, R., dll., Pemanfaatan Digitalisasi Sistem Pelayanan Publik bagi Peningkatan Efektivitas Organisasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ). 4(6). https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/3671
Raihan, M., dll. (2024). Analisis Dampak Perkembangan Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasio-nal Bank Syariah (Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad). Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah. Vol 7, No.2. https://www.jurnal.stiealwashliyahsibolga.ac.id/in dex.php/jesya/article/view/1762
Santoso, T., dll. (2024). Pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) Untuk M eningkatkan Kinerja Kelurahan Sukasari. Vol 3, no.6. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amm a
Sedayu, S,A., Andriansyah. (2021). Pemanfa-atan Big Data Pada Instansi Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(7). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/det ail/2476925
Sudirman, L., dll. Implikasi Artificial Intelligence Terhadap Pelayanan Bantuan Hukum Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Hukum. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/Ju rnal-ADIL/article/view/3650
Triyono, Y., dll. (2024). Transformasi Digital : Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Layanan Publik. Jurnal Manajemen Modern. Vol 6, No. 3. https://journalpedia.com/1/index.php/jmm/articl e/view/2045
Wijayaningsih, R., dll. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Transformasi Inteljen Bisnis Untuk Keunggulan Kompetitif. 4(3). 136-141. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3016
Zsazsa, C, S, K, M., Sitepu, E. (2023). Implementasi Artificial Intelligence Pada Pelayanan Publik. 3(3). https://www.j- las.lemkomindo.org/index.php.AFoSJ-LAS/article/view/616/730
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khoirun Nisak Shabira, Sumainah Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


