Pemberdayaan UMKM di Kelurahan Mulyorejo Surabaya dengan Meningkatkan Penjualan melalui Sosialisasi Digital Branding
Keywords:
Digitalisasi Branding, UMKM, TeknologiAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 2 minggu yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2024 hingga 21 Agustus 2024. Yang mana pada pengabdian ini terdapat beberapa program kerja, salah satunya yakni Pemberdayaan UMKM dengan cara melakukan Sosialisasi Digitalisasi Branding, karena menurut data yang diperoleh sebelumnya, bahwa pelaku UMKM pada Kelurahan Mulyorejo belum banyak yang melakukan digitalisasi dari pembayaran maupun brandingnya, sehingga dengan case seperti ini, mahasiswa merasa harus memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM agar usahanya dapat bertahan di era globalisasi seperti sekarang. Dengan begitu sosialisasi yang mahasiwa adakan disambut dengan sangat baik serta antusias oleh warga serta kelurahan setempat, dengan memberikan sosialisasi betapa pentingnya digitalisasi branding, optmalisasi media sosial sebagai wadah promosi serta penggunaan QRIS untuk melakukan pembayaran, untuk itu pelaku UMKM juga harus melek akan teknologi, sebab dengan adanya teknologi yang bisa di pergunakan sebaik mungkin, sehingga dapat memberikan peluang yang cukup besar untuk jangka panjang bisnis.
References
Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid- 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167-181.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.
Audrey, A. S., Febrian, S. D., Qoiriyah, M., Winadya, A. P., Veriyanto, F. A., Kirana, K. S., ... & Widodo, C. (2024). Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Melalui Sosialisasi Digital Branding di Kelurahan Mulyorejo Kota Surabaya. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(01), 306-310.
Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, NN, Nurmahfidhoh, R., & Habib, MAF (2021). Analisis Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Islam, Ekonomi dan Bisnis (SOSEBI) , 1 (1), 83-94.
Suprayitno, DK (2018). Pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo (Disertasi Doktor Universitas Airlangga).
Atmojo, SAYA (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 6 (2), 378-385.
Margayaningsih, DI (2018). Peran masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , 11 (1), 72-88.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1- 13.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127-135.
Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.
Rahmadiane, G. D., & Utami, U. S. (2022). Analisis Pemanfaatan Social Commerce Bagi Pengembangan Umkm Di Indonesia. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(3), 225-233.
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 18(1), 01-14.
Al Farisi, S., & Fasa, M. I. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1),73-84.
Tambunan, T. S. (2023). Analisis peran pemerintah daerah mendukung UMKM naik kelas. Journal Business and Management, 1(2),77-88.
Prastika, H. C. (2016). Peran Pemerintah Daerah dan Partisipasi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Upaya Pengembangan Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Fahriani, D.F.D., Novie, M., & Usada, U. (2022). Membangun Digitalisasi Branding dan Pemasaran Rumah Rajut di Sidokare Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo : Membangun Branding dan Digitalisasi Pemasaran Rumah Rajut. Jurnal Sains dan Pembangunan Sosial , 5 (2), 7-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kinanti Sekar Kirana, Fauziah Sumainah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


